Aborsi di Amerika Serikat, Karyawan Holywings Ditangkap, Gempa Bumi 6,1 SR di Afghanistan, Arab Saudi Perbolehkan Perempuan Lepas Hijab

79

Good morning

Hello and welcome to Monday. Today we will talk about the hot topic: abortion rights. Do you think it should be legal? Or illegal? Either way let’s get educated on this issue with the full recap below. Scroll down…

Now, let’s start the day with a 360° news on: Roe vs Wade.

When marketing goes wrong…
Yep, kalo belakangan ini kamu lagi bingung banget soal rame-rame protes di Amerika Serikat terkait aborsi, dan kamu kepo nih: Ada apa sih? Kok rame? emang aturannya gimana? Nah, look no further because we will give you a full and comprehensive recap on: Abortion in the US.
 
Tell me tell me tell me!
Gini. Jadi emang isu aborsi ini selalu jadi perdebatan di mana-mana, antara kelompok yang “dosa lu bunuh nyawa bayi yang belum lahir” vs “My body, my choice!” Nah, whichever side you are on, we’re totally cool with that. OK. Lanjut ya. Jadi Jumat lalu, Mahkamah Agung di Amerika Serikat baru aja memutuskan satu putusan yang bisa dibilang paling kontroversial belakangan ini, yakni membatalkan putusan Roe vs Wade terkait aborsi.
 
Apa itu Roe vs Wade?
Jadi back in 1969, ada seorang perempuan bernama Norma McCorvey, tapi pake nama samaran “Jane Roe” yang pengen mengaborsi bayi yang dikandungnya. Namun hal itu ngga bisa dilakukan karena di state tempat dia tinggal, yakni Texas, aborsi itu ilegal kecuali emang mendesak banget untuk menyelamatkan nyawa ibunya. Nah Roe kemudian menggugat aturan aborsi tadi ke Mahkamah Agung US dan bilang bahwa aturan anti-aborsinya Texas ini ngga sesuai konstitusi yang melindungi hak pribadi, termasuk hak perempuan atas tubuhnya sendiri. Adapun yang digugat adalah hakim di Pengadilan Texas, namanya Henry Wade, hence the name: Roe vs Wade.
 
Go on…
Nah against all the controversies, MA-nya US waktu itu mengabulkan gugatan Roe, meaning mereka setuju bahwa emang larangan aborsi itu unconstitutional (perbandingannya 7:2). Gokill rame dong tuh masyarakat US, karena emang di sana terpecah banget, antara masyarakat yang menolak dan mendukung. Nah sejak saat itu, putusan MA Roe vs Wade ini menjadi payung hukum secara nasional untuk praktek aborsi yang dilakukan oleh para perempuan di Amerika Serikat.
 
Terus…
Namun, Supreme Court be like: Tak semudah itu Fergusso! Karena ternyata, sama kayak perubahan pemerintahan, hakim di pengadilan juga berubah guys. Nah saat ini, hakim di Mahkamah Agung AS mayoritasnya memiliki pandangan yang konservatif. Perbandingannya adalah 6:3. Nah, lima dari hakim tadi memutuskan untuk membatalkan putusan Roe vs Wade. Tiga menolak dan satunya punya dissenting opinion (if you’re familiar with how MK works here, it’s pretty much the same). Tapi intinya suara mayoritas adalah membatalkan Roe vs Wade, yang artinya berakhir juga perlindungan hukum secara nasional buat perempuan untuk melakukan aborsi.
 
WOW huge.
Rite? Dengan keputusan ini, maka hak perempuan untuk bisa melakukan aborsi udah ngga dilindungi negara, tapi tergantung banget masing-masing state tempat mereka tinggal. Contohnya di Texas yang super konservatif, tindakan aborsi langsung ilegal pasca Roe vs Wade dibatalkan. Mereka bahkan sampe bikin tgl 24 Juni sebagai libur di negara bagian, untuk memperingati kematian 70juta unborn babies selama Roe vs Wade berlaku. Terus sejauh ini, udah ada lebih dari setengah states di US (they have 50 statesbtw) yang bakal menggolkan perda yang makin memperketat aturan buat perempuan yang mau melakukan aborsi, bahkan melarang aborsi entirely.
 
….

Nah, buat mereka yang menolak putusan ini, kesehatan reproduksi perempuan biasanya merupakan alasan utama. Yep, data dari Guttmacher Institute di AS menemukan bahwa 75% dari perempuan yang melakukan aborsi datang dari keluarga dengan penghasilan rendah. Selain itu, larangan aborsi juga dinilai cuma bakal bikin perempuan makin banyak mengakses layanan aborsi yang ilegal, yang justru lebih membahayakan nyawa. Terus juga teen pregnancies bakal makin banyak, dan fundamentally, it’s all about women’s right to choose what they want about their bodies. 

 
Well, did anyone say anything?
Yep, langsung hari itu juga, Presiden AS Joe Biden bilang bahwa dia sedih banget sama keputusan dari MA tersebut. Menurutnya, keputusan ini engga hanya membatasi hak konstitusional warga Amerika, tapi bener-bener mengambil hak tersebut. Biden juga bilang bahwa kesehatan dan nyawa perempuan AS sedang dalam sikon yang beresiko, dan keputusan ini udah memundurkan kembali negaranya ke 150 tahun yang lalu. Nah guys, secara di AS juga sistemnya trias politica kayak di kita, safe to say, Biden juga ga banyak bisa melakukan apa-apa untuk membatalkan putusan ini. Instead, White House lagi berkonsultasi sama para ahli kebijakan dan ahli hukum untuk ngeliat nih, kira-kira apa yang bisa dilakukan untuk at least mempermudah akses aborsi buat warganya. Misalnya, memudahkan akses obat-obatan aborsi, atau mempermudah perjalanan buat perempuan yang mau aborsi dari state yang melarangnya, ke state yang punya aturan aborsi lebih longgar.
 
I see…
Nah keputusan ini tentunya langsung menuai nationwide protests sampai ada ratusan ribu warga di New York, New Jersey, Pennsylvania, Wisconsin, Texas, California, dan state-state lainnya yang turun ke jalan. Adapun pusat protes adalah di depan gedung Capitol dan Mahkamah Agung, di mana perempuan di sana pada yelling menentang kebijakan pembatalan Roe vs Wade ini. Diprediksi, aksi protes bakal makin banyak dan makin besar terjadi di banyak negara bagian.

Alright. Anything else?
While killing unborn babies is almost entirely illegal in the US, kayaknya kalo killing human being yang udah born sih gpp ya guys menurut Supreme Court. Karena literally sehari sebelumnya, lembaga yang sama juga membatalkan aturan di New York yang mengatur bahwa kalo orang mau membawa senjata api di publik, maka mereka harus menunjukkan izin khusus. Nah aturan ini dibatalkan, dan Supreme Court-nya bilang bahwa hak membawa senjata api ke luar rumah adalah hak dasar warga negaranya yang harus dipenuhi. Dengan begitu, jangan kaget neh kalo kamu lagi jalan-jalan ke US terus pas lagi ngantri bayar di Target, nemu orang di depan kamu bawa-bawa pistol…

Whyyyy Holywings???
Yoi guys. Kamu yang punya bisnis, hati-hati deh sama strategi promosi yang dipakai. Jangan asal out of the box, jangan asal pengen viral. Biar nggak kayak Holywings, yang akhirnya dilaporkan ke polisi dan enam orang karyawannya end up pakai seragam orange instead of seragam kantor gara-gara bahan promosi.

WHAT? I need some background here.
OK. Kamu pasti udah nggak asing lagi kan sama chain restoran aka nightclub yang lagi hits beberapa tahun terakhir ini? Yep, apalagi kalau kamu tinggalnya di Jabodetabek. Kamu juga pasti udah sering baca berita soal kontroversinya Holywings, kayak yang kemarin kejadian waktu Covid-19 lagi tinggi-tingginya, di mana mereka digerebek gara-gara nggak mengikuti anjuran pemerintah terkait PPKM.
 
I remember that. Next…
Terus, baru baru ini, kejadian lagi nih hal yang serupa juga di mana Holywings bikin another controversy. Tapi kali ini terkait strategi promosi mereka. Well, awalnya tuh gini guys, di hari Rabu kemaren, lewat Instagram mereka @holywingsindonesia, ada satu postingan yang intinya bilang kalau setiap Kamis, bakalan ada satu free miras dan diperuntukkan untuk customer yang namanya Muhammad atau Maria.
 
Hah gimana?
Iya. Mereka kasih minuman gratis tapi buat yang namanya Maria dan Muhammad di situ. And as we all know… Muhammad itu nabi terakhir di agama Islam yang sangat dihormati banget. Makanya diduga kuat ini tuh ngarahnya ke penistaan agama. Disampaikan oleh Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto, motif dari mereka bikin promo ginian tuh buat nge-attract orang-orang buat datang ke HW, apalagi buat ningkatin penjualan di outlet-outlet yang tingkat penjualannya di bawah target 60%.
 
WOW out of the box yah…
Well lebih ke kurang thoughtful aja sih gengs. Akibatnya, promosi ini jadi viral (not in a good way) dan ter-notice sama Polres Metro Jakarta Selatan. Polisi pun langsung bergegas bergerak ke kantor pusat Holywings di Serpong, Tangerang Selatan dan mintai keterangan beberapa pegawai yang ada di sana terkait postingan itu. Lalu, polisi juga berkoordinasi dan konsultasi sama sejumlah ahli dan akhirnya sepakat kalau bukti yang ada udah cukup kuat untuk jadiin tindakan ini sebagai tindak pidana dan akhirnya mentersangkakan enam orang pegawai HW.

OK…
Adapun tersangka yang diangkut polisi adalah inisial EJD, DAD, NDP, EA, AAB, dan AAM yang punya posisi di bidang social media, dan promosi. EJD adalah Direkur kreatif yang tanggung jawabnya ada di campaignproduction house, graphic design, dan social media management. Sedangkan NDP adalah Head promotion-nya. Lalu DAD yang emang graphic designer, AAM, promotion officer-nya, sama dua lainnya yang bertugas sebagai admin dari social media @holywingsindonesia. Mereka semua dikenakan pasal 14 ayat 1 UU No 1 Tahun 1966, pasal 156 sama pasal 156a KUHP, plus Pasal 8 ayat 2 Undang-Undang ITE. Mereka berenam terancam hukuman penjara paling tinggi 10 tahun penjara.
 
Wow terus…
Terus, dengan ditetapkannya orang-orang tadi sebagai tersangka, Holywings Serpong pun udah dipasangin garis polisi, aka ditutup. Terus, dari pemerintah sendiri, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta juga udah kasih teguran tertulis ke manajemen Holywings. Nah, kalau kedepannya masih ada lagi kejadian kayak gini, bakalan ada sanksi yang nggak cuma dikeluarkan sama polisi, tapi juga dari pemprov. sampai mencabut izin dan pembekuan sementara usaha tersebut.
 
I see. Anything else I should know?
In case you’re wondering, permintaan maaf juga udah disampaikan secara tertulis melalui manajemen mereka guys. Mereka sih bilangnya pihak manajemen nggak tahu menahu soal promosi itu, dan bersedia mengikuti proses hukum yang berjalan. Biar cepet selesai juga kasusnya for the sake of 3.000 karyawan yang hidupnya bergantung sama perusahaan ini.

When people are grieving….

In Afghanistan.
Hiks, the misery faced by the Afghans seems endless. Belum selesai dengan kemiskinan ekstrim yang disebabkan oleh dibekukannya aset negara karena dipimpin Taliban, kini warga Afghanistan harus menghadapi cobaan lain: gempa bumi.
 
🙁 Tell me.
Well, gempanya terjadi pada Rabu minggu lalu, dengan kekuatan 6,1 SR dan menewaskan lebih dari seribu orang di sana. Belum selesai evakuasi dan pemulihan akibat gempa, Afghanistan juga dilanda banjir, dan rentetan bencana ini disebut sebagai bencana paling mematikan Afghanistan dalam dua dekade terakhir.
 
Go on.
Let’s talk about the earthquake first. Jadi gempanya sendiri berpusat di sekitaran Kota Khost, bagian southwest Afghanistan, yang berbatasan langsung sama Pakistan. Adapun gempa yang terjadi cukup parah  dengan kedalaman 51 km. Berdasarkan data yang dikelola BMKG-nya Amerika Serikat, yang namanya United States Geological Survey (USGS), gempanya udah diindikasikan sebagai yellow alert aka kuning, dan getarannya juga dirasakan sampe Pakistan dan India. Sejauh ini, jumlah korban udah mencapai lebih dari seribu yang tewas dan ada sekitar 1.500 orang yang luka-luka. Itu pun belum semuanya, karena masih ada banyak korban yang belum dievakuasi dan masih terjebak di puing-puing rumah.
 
:((((
Di hari yang sama, hujan lebat juga nggak berhenti mengguyur beberapa provinsi di Afghanistan, hingga menyebabkan banjir bandang. Akibatnya, ada 400 orang yang tewas akibat bencana banjir ini. Disampaikan oleh juru bicara Palang Merah Internasional di Afghanistan Lucien Christen, kedua bencana ini sangat challenging banget karena bikin distribusi bantuan makin sulit dikirim ke daerah-daerah yang paling parah kerusakannya.
 
Speaking of bantuan…
Yep, perlahan tapi pasti, bantuan buat warga Afghanistan mulai datang dari Pakistan, India, China, hingga Qatar. Mereka rata-rata mengirimkan makanan, tenda, air bersih hingga obat-obatan, karena musim hujan juga mulai dikhawatirkan bisa menyebabkan munculnya wabah kolera. Nah to talk about it further, kamu juga pastinya udah tahu bahwa sampai saat ini, aset negaranya Afghanistan senilai US$7miliar masih beku di Federal Reserve-nya Amerika Serikat. Yep, jadi karena Taliban masih belum diakui sebagai pemerintahan legit oleh AS, maka AS mem-freeze aset yang dimiliki Afghanistan di negaranya.
 
Go on…
Bencana ini menyebabkan seruan biar AS segera meng-unfreeze dana ini semakin menggema. Salah satu seruan datang dari juru bicara Kemenlu China Hua Chunying yang nge-tweet: “Saw US officials claim that the US ‘stands with the people of Afghanistan’. Then why not give the $7 billion back to the Afghans?” Beijing sendiri bakal ngasih dana bantuan kemanusiaan ke Afghanistan senilai US$7,5juta dalam bentuk tenda, handuk, kasur, hingga makanan dan obat-obatan.
 
Sad 🙁 anything else I should know?
Fyi, letak geografis Taliban yang berada di lempengan tektonik emang memungkinkan negara itu prone to earthquake. Dalam 10 tahun terakhir, PBB melaporkan bahwa udah ada 7.000 orang di Afghanistan yang tewas gara-gara gempa, dan rata-rata tiap tahunnya adalah 560 kematian. Hal ini tentunya jadi satu lagi cobaan hidup buat warga Afghanistan yang udah lama hidup dalam peperangan, kemiskinan, dan instabilitas politik 🙁

Who’s singing “to the left… to the left?”

Arab Saudi.

Yang semakin “to the left” aja ni guys… aka makin progresif. Karena baru aja, negara itu membolehkan warganya yang perempuan untuk membuka hijab. WOW. Adapun kebijakan yang baru berlaku minggu lalu ini berangkat dari  2030 Vision-nya Arab Saudi yang dirancang oleh Putra Mahkota Muhammad bin Salman. Dalam visi itu, Arab Saudi bakal jadi negara yang nggak cuma jadi pusat Dunia Arab dan Islam, tapi juga kekuatan investasi dunia yang bisa menghubungkan Benua Asia, Afrika, dan Eropa. Terus, pemerintah sana juga pengen bikin negaranya ngga terlalu ketergantungan sama minyak, and therefore, they need more women in the workplace.
 
Nah untuk merealisasikan visi itu, perubahan pun mulai dilakukan, termasuk dengan memberikan kebebasan tertentu kepada perempuan, termasuk juga dalam cara berpakaiannya. Dalam hal ini, jilbab yang tadinya diwajibkan buat para perempuan kini udah engga diwajibkan lagi, asal tetap menjunjung nilai-nilai kesopanan. Sebelumnya, Arab Saudi juga udah makin menunjukkan progresivitasnya dengan membolehkan perempuan nyetir sendiri, nongkrong di cafe, sampe nonton pertandingan di stadion. Terus, negara mereka yang dulunya strictly cuma boleh dikunjungi turis untuk Umrah dan naik haji, kini udah boleh dikunjungi untuk non-religious purposes, aka pariwisata biasa aja gitu.

“Semua proses sudah kami tempuh.”

 
Gitu guys kata Komisioner KPU, Idham Kholik pas nyeritain soal upaya lembaganya bikin anggaran pemilu 2024 segera cair. Yoi, udah jauh-jauh bahas koalisi nih, ternyata anggaran buat pemilunya yang tahapannya bakal segera digelar itu justru masih belum cair. FYI dana yang belum cair itu sebesar Rp 5,6 triliun dari Rp 8,6 triliun. Makanya Pak Idham berharap, dananya segera cair demi suksesnya pemilu.

When you’ve been working hard, but still did not meet the target…

Announcement

Thanks to Arum, Acacia, Ms Rada, dazzle, & Awan for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Thinking about growing your own vegetables? Start easy.