2024 Apple Akan Menggunakan USB Type-C

38

Who’s having something in common?

Me and my crush.
Well, sama dong. Sama Android dan Apple. EHEHEHE.
 
Gimana?
Jadi baru aja confirmed nih, bahwa pengguna Android dan iPhone di Eropa akhirnya bisa bersatu karena start from 2024 nanti, seluruh handphone, termasuk iPhone diwajibkan di-charge pakai kabel yang sama kayak yang dipakai kebanyakan Android, yaitu Kabel USB Type-C.
 
Interesting.. How did we get here?
Well, selama ini kan kita tahunya iPhone dan produk Apple lainnya termasuk iPad dan AirPods tuh di-charge pakai kabel khusus ‘Lightning’ dan emang cuma bisa dipakai buat produknya Apple kan. Nah, minggu lalu, Parlemen Uni Eropa resmi mengeluarkan aturan di mana seluruh produk elektronik di Eropa berupa smartphone, tablet, laptop, earbuds, dan speaker portable harus di-charge pakai kabel USB Type-C, guys.
 
Wow…
Nggak sembarang aturan, penggunaan USB Type-C ini nantinya juga bakalan disahkan jadi undang-undang di summer tahun ini, which is sekitar Juli-Agustus, dan bakalan legit sah dan wajib dijalankan sebagai aturan dalam kurun waktu 24 bulan sejak aturan itu disahkan, yaitu di Summer tahun 2024 nanti.
 
Jadi Apple bakalan ganti kabel dong? 
Yha mau nggak mau. Disampaikan oleh Anggota Parlemen EU, Malta Alex Agius Saliba, aturan ini bakalan berlaku buat semua pihak. Dan sampai saat ini, belum ada nota kesepakatan yang ngomongin soal kelonggaran buat produk-produknya Apple. That being said, Apple mau nggak mau harus ngikutin kebijakan ini, kalau emang mereka masih mau dagang di Eropa. Lebih jauh, Apple juga punya waktu dua tahun buat nge-adjust produk barunya diganti ke kabel yang Type-C itu. Kalau nggak, yha bakalan kalah saing sama Samsung, Huawei, Realme, Vivo, dan Android lainnya yang udah duluan beralih ke Type-C.
 
Tapi emang kenapa harus seragam semua si?
Pernah ga kamu punya gadget berbagai jenis (Android, Apple, u name it…) terus ribet banget pas mau nyarger karena bingung kabelnya yang mana? Atau pernah ga kamu merasa bersalah karena jadi punya banyak charger-an elektronik ga kepake yang ended up jadi limbah lingkungan, padahal kamu tahu limbah elektronik itu bahaya banget? Nah hal-hal itu guys yang jadi alasan. Jadi dalam rapatnya Komisi Uni Eropa Selasa lalu, #commoncharger ini emang kudu berlaku, demi mengurangi limbah elektronik dan bikin idup lebih gampang. Secara ga cuma hape, tapi kamera dan tablet pun bakal wajib punya jenis colokan yang seragam.
 
Okay…
Tapi nih guys, kalau Apple tetap kekeuh nggak mau ganti produknya pakai Type-C, ada juga kemungkinan di mana mereka bakalan pakai sistem wireless charging, alias nggak pakai kabel. Secara aturan di atas itu kan berlaku buat produk elektronik yang di-charge pakai kabel doang yah, nah kalau emang bener kemungkinan ini yang diterapkan Apple di tahun 2024 nanti, berarti produk mereka bakalan bersih nggak ada lubang-lubang, kayak yang sekarang udah direalisasikan di iPhone 12 dan 13.
 
I see. Anything else I should know?
Fyi di tahun 2009 lalu, udah ada MoU yang intinya semua perusahaan ponsel harus pakai kabel micro USB sesuai standar-nya Eropa, termasuklah si Apple ini. Eh rupanya, di 2012 Apple rebelled sendiri dengan pakai kabel lightning eksklusif mereka sampai sekarang. Ketika aturan soal #commoncharger ini pertama kali muncul tahun lalu, Apple sempet bilang, “Ya paham sih, tujuan Uni Eropa adalah untuk melindungi lingkungan, terus perusahaan kita juga udah ‘carbon neutral’ kok. Cuma ya kalo aturannya terlalu strict gini, khawatirnya malah menghentikan inovasi yang ujung-ujungnya ngerugiin pengguna.” Tsk tsk.