Status Millionaire Bertambah Banyak di Era Pandemi

38

What’s increasing during the pandemic?

My weight?
Nah, not talking about that. We’re talking about all the crazy rich yang ternyata guys, meski kita-kita para commoners ngalamin banget nih duit jadi susah gara-gara pandemi, hal itu tidak terjadi pada orang kaya. Sebaliknya, justru jumlah orang berstatus millionaire  bertambah banyak di era pandemi.
 
Hal ini diketahui dari hasil analisis yang dilakukan oleh NGO terkait kesenjangan ekonomi, Oxfam terhadap data orang kaya yang dimiliki Forbes. Di situ mereka menemukan bahwa sejak tahun 2020 lalu, udah ada 573 orang kaya baru (OKB) yang masuk ke dalam daftar billionaire. This means kalau diitung sampai sekarang, ada crazy rich baru yang tercetak setiap 30 jam aka hampir tiap hari. Adapun saat ini, jumlah billionaire di seluruh dunia udah mencapai 2.668 orang.
 
Nah, ada beberapa faktor yang mendorong makin banyaknya kemunculan para OKB. Di antaranya adalah karena kenaikan nilai drastis di pasar saham, dan berbagai program bantuan Covid-19 dari pemerintah yang manfaatnya dirasakan juga oleh para orang kaya. Meski orang kaya makin banyak, yang jadi sorotan adalah orang miskin yang jumlahnya juga makin banyak guys gara-gara pandemi. Sejauh ini, ada sebanyak 263 juta orang udah terjerat sama kemiskinan ekstrem dan Covid-19 disebut udah berhasil untuk makin mengekspos ketimpangan ekonomi yang tengah terjadi saat ini, di mana si kaya makin kaya, dan si miskin makin miskin. Hiks :(.