Rekap Lebaran 2022

34

Now, here’s your Lebaran 2022 recap

Tell me the updates. 
Fyuh. Finally we’re here ya, guys. Akhirnya ketemu lagi sama Lebaran tahun ini, Quality time bareng keluarga, yang jauh juga bisa mudik, salat Ied ramean di masjid dan lapangan-lapangan, bahkan stadion, guys!
 
Okay….
Well, as we all know and realize, things are pelan-pelan balik lagi kayak normal, terus we all can agree that Lebaran tahun ini tuh wayyyyyy better than Lebaran di dua tahun sebelumnya yakan. Dengan dibolehkannya mudik tahun ini, jumlah pemudik yang ke luar dari ibu kota langsung mencetak rekor yakni ada 1,7 juta kendaraan yang keluar dari Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi sejak H-10 sampai H-1 Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Menurut catatan Jasa Marga, jumlah ini udah memecahkan rekor lalu lintas tertinggi sepanjang sejarah mudik.
 
Whoaaaa!
Rite. Nah seiring dengan volume kendaraan yang melonjak tajam gitu, maka kemacetan dahsyat nan panjang pun ga bisa dihindari. Salah satu kemacetan parah terjadi kemarin di Tol Ciawi di Puncak, Bogor yang awalnya memberlakukan rekayasa lalu lintas ganjil genap. Namun seiring dengan arus kendaraan dari Jakarta yang deras banget which means peningkatan kendaraannya signifikan banget, terus laju kendaraan mulai dari KM 46 juga cuma ada di 20 km/jam, makanya Polres Bogor jadi nerapinnya one way aka satu arah aja instead of ganjil genap tadi.
 
Now tell me about Lebaran. 
Sure. Seiring kasus Covid di Indonesia yang makin melandai, tahun ini pemerintah udah melakukan berbagai relaksasi salah satunya adalah Solat Ied yang udah dibolehin dilakukan di masjid dan lapangan. Nah, tapi berbeda kayak tahun-tahun sebelumnya di mana Presiden dan Wakil Presiden tuh solat iednya barengan di Istiqlal, tahun ini enggak, gengs. Oh iya? Iya. Tahun ini, Presiden Jokowi barengan sama Ibu Iriana Joko Widodo melaksanakan salat Ied di Yogyakarta. Disampaikan oleh Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid bilangnya Presiden dan Kyai Wapres tuh emang sengaja bagi tugas gengs tahun ini, karena yha sebagai pemimpin negara, satu Indonesia tuh yha harus disapa gitu lo.
 
But, why Jogja?
Well, menurut Pak Wamen, pemilihan Yogyakarta ini adalah karena kota tersebut bersejarah dan pernah jadi ibu kota negara. Sementara Wapres Kyai Maruf Amin salatnya di Istiqlal, ditemenin Pak Zainut Wakil Menteri Agama tadi, terus Walikota Jakarta Pusat Pak Dhany Sukma sama Imam Besar Masjidil Haram, Nasaruddin Umar. Pemandangan menarik juga tampak di Jakarta International Stadium (JIS) di mana stadion itu untuk pertama kalinya digunakan untuk menggelar Salat Ied. Nah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memilih untuk Salat Ied di situ guys.
 
I see…
Nah terus, Lebaran itu kan selain kumpul-kumpul keluarga, kamu juga biasanya cusss ke tempat wisata kan guys. Dalam hal ini, kondisi berbagai tempat wisata juga rameee banget. Kemarin, ada sampe 10ribu orang yang jalan-jalan ke Taman Safari. Terus hari ini, diprediksi bakal terjadi puncak kunjungan ke Ragunan, Jakarta setelah kemarin jumlah pengunjung mencapai 30 ribuan orang. WOW.
 
Okayy…
Bersamaan dengan hari Lebaran ini juga, Dirjen Permasyarakatan Kemenkumham juga udah ngebebasin sebanyak 675 narapidana di mana mereka udah boleh ngerayain Lebaran bareng keluarga. Terus, sebanyak 139.232 napi lainnya berhak dapat remisi aka pengurangan masa jabatan khusus Idulfitri. Koordinator Humas Dirjen Permasyarakatan, Rika Aprianti, bilangnya remisi ini khusus diharapkan bisa jadi kayak renungan dan motivasi biar bisa introspeksi diri, biar jadi pribadi yang lebih baik lagi gitu. Adapun remisi ini bisa diproses via online lewat Sistem Database Permasyarakatan.
 
Amen. Anything else?
Nah buat kamu-kamu yang masih di kampung halaman dan lagi siap-siap untuk balik ke ibu kota, Pak Jokowi punya pesen ni guys. Beliau bilang, untuk menghindari macet berkepanjangan pas arus balik, mendingan jalannya pas sebelum puncak arus balik maupun setelahnya. Adapun puncak arus balik diprediksi pada 6-8 Mei mendatang.