Rekap Lebaran 2022, Hepatitis Misterius Menyerang Anak-anak, Presiden Rusia Diprediksi Akan Mendeklarasikan Perang Terhadap Ukraina, Tren WFA Atau Work From Anywhere Alias Kerja Dari Manapun

95

Good morning
Hello, you! How’s your H+3 Idulfitri situation? Already finished all your “santan” dishes? Got your money all dried up from unexpected THR requests? Or done catching up everything with your cousins? If you said yes to all of ’em above, now let’s catch up! with us, because we have pretty much everything summed up. Let’s go!

Now, here’s your Lebaran 2022 recap

Tell me the updates. 
Fyuh. Finally we’re here ya, guys. Akhirnya ketemu lagi sama Lebaran tahun ini, Quality time bareng keluarga, yang jauh juga bisa mudik, salat Ied ramean di masjid dan lapangan-lapangan, bahkan stadion, guys!
 
Okay….
Well, as we all know and realize, things are pelan-pelan balik lagi kayak normal, terus we all can agree that Lebaran tahun ini tuh wayyyyyy better than Lebaran di dua tahun sebelumnya yakan. Dengan dibolehkannya mudik tahun ini, jumlah pemudik yang ke luar dari ibu kota langsung mencetak rekor yakni ada 1,7 juta kendaraan yang keluar dari Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi sejak H-10 sampai H-1 Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Menurut catatan Jasa Marga, jumlah ini udah memecahkan rekor lalu lintas tertinggi sepanjang sejarah mudik.
 
Whoaaaa!
Rite. Nah seiring dengan volume kendaraan yang melonjak tajam gitu, maka kemacetan dahsyat nan panjang pun ga bisa dihindari. Salah satu kemacetan parah terjadi kemarin di Tol Ciawi di Puncak, Bogor yang awalnya memberlakukan rekayasa lalu lintas ganjil genap. Namun seiring dengan arus kendaraan dari Jakarta yang deras banget which means peningkatan kendaraannya signifikan banget, terus laju kendaraan mulai dari KM 46 juga cuma ada di 20 km/jam, makanya Polres Bogor jadi nerapinnya one way aka satu arah aja instead of ganjil genap tadi.
 
Now tell me about Lebaran. 
Sure. Seiring kasus Covid di Indonesia yang makin melandai, tahun ini pemerintah udah melakukan berbagai relaksasi salah satunya adalah Solat Ied yang udah dibolehin dilakukan di masjid dan lapangan. Nah, tapi berbeda kayak tahun-tahun sebelumnya di mana Presiden dan Wakil Presiden tuh solat iednya barengan di Istiqlal, tahun ini enggak, gengs. Oh iya? Iya. Tahun ini, Presiden Jokowi barengan sama Ibu Iriana Joko Widodo melaksanakan salat Ied di Yogyakarta. Disampaikan oleh Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid bilangnya Presiden dan Kyai Wapres tuh emang sengaja bagi tugas gengs tahun ini, karena yha sebagai pemimpin negara, satu Indonesia tuh yha harus disapa gitu lo.
 
But, why Jogja?
Well, menurut Pak Wamen, pemilihan Yogyakarta ini adalah karena kota tersebut bersejarah dan pernah jadi ibu kota negara. Sementara Wapres Kyai Maruf Amin salatnya di Istiqlal, ditemenin Pak Zainut Wakil Menteri Agama tadi, terus Walikota Jakarta Pusat Pak Dhany Sukma sama Imam Besar Masjidil Haram, Nasaruddin Umar. Pemandangan menarik juga tampak di Jakarta International Stadium (JIS) di mana stadion itu untuk pertama kalinya digunakan untuk menggelar Salat Ied. Nah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memilih untuk Salat Ied di situ guys.
 
I see…
Nah terus, Lebaran itu kan selain kumpul-kumpul keluarga, kamu juga biasanya cusss ke tempat wisata kan guys. Dalam hal ini, kondisi berbagai tempat wisata juga rameee banget. Kemarin, ada sampe 10ribu orang yang jalan-jalan ke Taman Safari. Terus hari ini, diprediksi bakal terjadi puncak kunjungan ke Ragunan, Jakarta setelah kemarin jumlah pengunjung mencapai 30 ribuan orang. WOW.
 
Okayy…
Bersamaan dengan hari Lebaran ini juga, Dirjen Permasyarakatan Kemenkumham juga udah ngebebasin sebanyak 675 narapidana di mana mereka udah boleh ngerayain Lebaran bareng keluarga. Terus, sebanyak 139.232 napi lainnya berhak dapat remisi aka pengurangan masa jabatan khusus Idulfitri. Koordinator Humas Dirjen Permasyarakatan, Rika Aprianti, bilangnya remisi ini khusus diharapkan bisa jadi kayak renungan dan motivasi biar bisa introspeksi diri, biar jadi pribadi yang lebih baik lagi gitu. Adapun remisi ini bisa diproses via online lewat Sistem Database Permasyarakatan.
 
Amen. Anything else?
Nah buat kamu-kamu yang masih di kampung halaman dan lagi siap-siap untuk balik ke ibu kota, Pak Jokowi punya pesen ni guys. Beliau bilang, untuk menghindari macet berkepanjangan pas arus balik, mendingan jalannya pas sebelum puncak arus balik maupun setelahnya. Adapun puncak arus balik diprediksi pada 6-8 Mei mendatang.

When you think you’re done with diseases….

Everybody meet, mysterious hepatitis. 
Iya nih guys, serem banget. We’re not so over yet with Coronavirus pandemic, ada lagi nih penyakit baru yang patut kita waspadai, yaitu Hepatitis misterius yang menyerang anak-anak.
 
Heard of it a lot. What is hepatitis anyway? 
Jadi, hepatitis itu adalah adanya radang di hati atau liver. Penyebabnya macem-macem, bisa karena infeksi, alkohol, obat-obatan, autoimun, atau infeksi cacing hati, dll. Dengan berbagai penyebab tadi, maka sebenernya jarang banget guys, hepatitis itu menginfeksi anak-anak yang sehat, which happened just now. 
 
Ouch. Tell me more.
Lebih jauh, hepatitis sendiri ada 5 tipe, yakni hepatitis A, B, C, D, sama E. Nah, kelima jenis tadi tuh ngga ditemukan pada kasus yang ditemukan sekarang-sekarang ini terjadi, guys. Selanjutnya, para scientists udah banyak yang memprediksi bahwa jangan-jangan ni penyakit disebabkan oleh adenovirus, yakni virus yang emang bisa menyebabkan berbagai gejala hepatitis misterius tadi. Tapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut.
 
What are the symptoms?
Alrite parentstake notes: Beberapa gejala untuk penyakit misterius ini adalah muntah-muntah, diare, sakit perut, terus kadang diikuti juga oleh menguningnya kulit atau mata. Terus biasanya, anak-anak juga bakal memiliki kandungan enzim hati yang tinggi, yang menunjukkan adanya kerusakan pada liver.
 
Terus, udah nyebar ke mana aja penyakitnya?
So far, WHO mengumumkan bahwa udah ada 228 kasus yang ditemukan di 20 negara di Eropa Amerika, dan Asia, termasuk Indonesia. Adapun semua kasus yang ditemukan adalah pada anak-anak berusia di bawah enam tahun, dengan rata-rata penderita berusia 2 tahun 11 bulan. Terus, negara yang pertama kali melaporkan penemuan kasus ini ke WHO adalah Inggris, dan saat ini, mereka udah mendeteksi sebanyak 145 kasus.
 
Di Indonesia udah ada?
Sadly, udah ada guys. Di Jakarta, udah ada tiga pasien anak yang diduga mengidap hepatitis jenis ini dirawat di RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta. Adapun tiga pasien ini mengalami gejala yang kurang lebih kayak hepatitis pada umumnya, kayak mual, muntah, diare berat, demam, dan kejang. Tiga pasien ini diketahui udah meninggal dunia, gengs. Ini juga yang bikin Kementerian Kesehatan (and all of us) langsung fasten the seatbelt and get ready for the worst case.
 
Haduhhh…. 
Terus, right after ditemukannya hepatitis mencurigakan ini, Kementerian Kesehatan juga langsung nurunin tim melakukan investigasi. Disampaikan oleh Jubir Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi, selama masa investigasi orang-orang diminta untuk tetap hati-hati, tenang, dan melakukan tindakan pencegahan. Yep, kayak cuci tangan, make sure makanannya bersih dan matang, alat makan nggak boleh dipakai barengan, dan protokol Kesehatan lain.
 
Got it. Anything else?
Btw setelah adanya penemuan kasus ini, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes kemudian segera menerbitkan Surat Edaran aka SE tentang Kewaspadaan Terhadap Penemuan kasus Hepatitis Akut. Dalam suratnya ini, pemerintah pusat meminta dinas provinsi dan kota mantau kondisi masyarakat, terus sosialisasi ke masyarakat kalau ada gejala, agar segera menuju ke faskes terdekat.
 
Lord have mercy….

Who’s about to make a BOLD move?

Presiden Rusia, Vladimir Putin.
Yang diprediksi negara-negara Barat, bakal segera mendeklarasikan perang terhadap Ukraina.
 
Whattt?
Yep, jadi selama ini kan Rusia menyebut invasinya itu lebih kayak “special military operation,”, dan melarang penggunaan kata-kata invasi maupun perang dalam penyebutan serangannya tersebut. Namun most likely, kondisi ini bakal berubah jadi full blown war setelah Rusia mendeklarasikan perang, yang diprediksi bakal diumumkan pada 9 Mei mendatang.
 
Kenapa tanggal 9 Mei tapi?
Nah menurut para otoritas barat kayak Amerika Serikat dan para bestienya, bisa aja nih Putin mengambil momentum 9 Mei karena tanggal itu dikenal sebagai “Hari Kemenangan” di Rusia. Yep, pada tanggal ini, back in 1945, Rusia secara resmi mengalahkan tentara Nazi pada Perang Dunia Kedua. Jadi bisa aja, Putin menggunakan tanggal bersejarah tersebut sebagai simbol dan propaganda untuk melegitimasi perangnya terhadap Ukraina.
 
OMG seremm…
Iya 🙁 Nah menurut Menteri Pertahanan Britania Raya Ben Wallace, kalo diliat ke belakang emang kayaknya sih Putin lagi berusaha beralih dari status “special operation” ke status perang. Wallace juga menyebut bahwa dia ga akan kaget kalo Putin mendeklarasikan perang tersebut pada tanggal 9 Mei tadi, dan akan segera memobilisasi militernya untuk melancarkan perang terhadap Ukraina.
 
Tapi emang ngaruh ya kalo ganti status gitu?
Dari special military operation ke war? Ya ngaruh bgt beb. Status perang tentunya bakal menyebabkan eskalasi militer besar-besaran dan bikin skala perangnya jadi jauh lebih besar lagi dari sekarang. Terus juga menurut undang-undang Rusia, pemberlakuan status ini bakal membolehkan Putin untuk menggunakan tentara cadangan dan memberlakukan wajib militer terhadap warganya.
 
Ada komentar dari pihak Ukraina ga?
Sejauh ini belum ada, secara Presiden Ukraina Voldymyr Zelenskyy juga baru aja muncul lagi untuk menjawab rumor soal isu bahwa dirinya udah berhasil terbunuh oleh tentara Rusia. Kata Zelenskyy, ya emang banyak isu yang menyebutkan bahwa dirinya adalah target no.1 tentara Rusia untuk dihabisi. Tapi, yaa jadi target percobaan pembunuhan sih not that bad, secara warganya sendiri juga banyak yang disiksa dan meninggal.
 
🙁 Anything else?
Kondisi di sana sebenernya makin ke sini makin tegang aja ni guys, setelah di awal minggu kemarin, media resmi Rusia bilang bahwa Putin lebih mungkin banget meluncurkan serangan nuklir daripada menerima kekalahan dari Rusia. Ga cuma itu, Rusia juga mengancam bakal “menenggelamkan” Inggris dengan kekuatan nuklir yang mengandung radioaktif kuat dan bisa menghapus Inggris dari peta dunia.

When Work From Anywhere is a thing…

AirBnb employees can relate.
Iya guys, yang jadi tren sekarang tuh bukan cuma work from office aka WFO atau Work From Home aka WFH aja, atau WFB Work From Bali, tapi ada lagi istilah WFA aka Work From Anywhere alias kerja dari manapun. Literally dari mana pun.
 
Jadi guys, kebijakan ini baru aja diberlakukan oleh jasa layanan akomodasi AirBnB Kamis kemarin. Dalam keterangan resminya, perusahaan itu baru aja ngebolehin karyawannya work from anywhere secara permanen dan boleh banget kerja dari mana aja selama masih di dalam negeri. Terkait kebijakan ini, CEO Airbnb Brian Chesky bilangnya hal ini bakalan membuka opportunity buat perusahaan untuk bisa nge-hire the best people all over the world, instead of mensyaratkan si kandidat buat berdomisili di suatu lokasi tertentu. Adapun work from anywhere ini juga udah dilakukan terlebih dulu sama Pak Chesky mulai dari Januari lalu. Jadi dalam keterangan resminya, Chesky bilang bahwa dia bakal tinggal di rumah-rumah orang yang terdaftar di AirBnb selama beberapa minggu. Makanya Chesky juga bilang ke pegawai-pegawainya untuk kayak gitu juga. Living abroad, travelling for tor the entire summer, seru banget kan? Nah, dengan adanya kebijakan ini, maka mulai September besok, karyawan AirBnb udah bisa kerja dan tinggal dalam durasi maksimal 90 hari kerja per tahun di masing-masing lokasi di lebih dari 170 negara. Sefleksibel itu.

“Pembicaraan santai, tidak berbicara politik, tradisi-tradisi yang sudah lama sekali tidak bicara tentang hal-hal yang serius tapi pembicaraan santai tentang makanan, terus cerita-cerita ringan tentang sejarah.”

Gitu guys kata Politisi Partai Gerindra Ahmad Muzani pas menjawab pertanyaan dari wartawan soal kedatangan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ke rumah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jakarta Pusat pas lagi Hari H Lebaran. Jadi dalam kesempatan itu, Pak Prabowo datang dengan anaknya Didit Hediprasetyo dan Bu Mega didampingi oleh anaknya juga, Mbak Puan Maharani. Selain itu, hadir juga para pejabat dari kedua partai. Nah guys, soal pertemuan ini, Pak Muzani menegaskan bahwa pertamuannya ya ketemuan sans aja, ga bahas politik, apalagi 2024.
Raise your hand if you had chill Lebaran vibes like Pak Prabowo-Bu Mega?

Announcement


No one bought us coffee today 🙁

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Santan, sugar, cakes, all those high calories you ate these past days… yep, guilty as charged. So there are some ways you can do to boost your metabolism.