Pertemuan Pak Jokowi Dengan Elon Musk

77

Who’s bringing the Zoom meeting vibes into work?

Elon Musk
Yang sans aja abis ketemuan sama Pak Jokowi dengan pake kaos. Yoi guys. Orang nomor satu di Indonesia sama orang paling tajir sejagat raya itu hari Sabtu kemarin akhirnya meet up juga. Terus, dari pertemuan itu, Mas Elon Musk (We knowww, we knowww) rencananya bakalan balas datang ke Indonesia gengs.
 
Wohoo tell me everything.
Sure. Jadi gini ceritanya. Kamu udah tahu kan kalau Presiden Jokowi dan beberapa jajaran menterinya kayak Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi tuh udah semingguan ini melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat? Nah, banyak lah tuh agendanya di sana. Mulai dari ketemu Wapres AS Kamala Harris, ketemu Tim Climate Change, memimpin pertemuan kepala negara ASEAN sama Presiden AS Joe Biden, sampai ketemu CEO perusahaan raksasa yang based on the US.
 
Okay….
Nah salah satu CEO yang ditemui Pak Jokowi nggak lain nggak bukan adalah Elon Musk, founder and CEO Tesla, SpaceX, dan yang terbaru… big boss-nya Twitter. Adapun pertemuan itu diadain setelah sebelumnya Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan ketemu duluan sama Elon Musk di Texas beberapa waktu lalu. Di situ, mereka ngomongin soal kerja sama pemerintah Indonesia sama Tesla di bidang penyediaan nikel buat bahan baku baterai tapi pake prinsip Environmental, Social, and Governance yang baik dan berkelanjutan.
 
Go on…
Nah dari situ, meeting-nya Opung Luhut di-follow up lagi lah sama Presiden langsung yang juga lagi ada di AS. Dari situlah, Pak Jokowi kemudian melakukan kunjungan di markasnya SpaceX di Boca Chica, Amerika Serikat, sambil office tour keliling kantornya SpaceX dan ngeliat proses produksi roket. Terus of course, keduanya juga ngobrol soal beberapa hal, gengs.
 
Apa ajatu yang diomongin?
In a nutshell, Presiden Jokowi sama Elon Musk ngomongin soal peluang Mas Elon untuk investasi di Indonesia dan rencana kerjasama pemerintah Indonesia sama Mas Elon di bidang industri nikel. Secara, salah satu cadangan nikel terbesar tuh kan adanya di Indonesia. Nah nikel ini, dibutuhin banget buat jadi pembangkit baterainya mobil listrik, guys, yang  mana mobil listrik ini adalah salah satu product-nya Tesla. Jadi yha kalau Indonesia bisa masok nikel ke Tesla, industri nikel di Indonesia bisa lebih diuntungkan, karena masuk dalam supply chain-nya kendaraan listrik dunia.
 
I see….
Oya, kamu harus tahu nih guys kalau selama ini, pasarnya atau yang beli nikel dari negara-negara ASEAN itu mayoritas masih berasal dari perusahaan based on Jepang sama Korea Selatan aja. Karena pengen mengembangkan pasarnya lebih luas lagi, makanya negara-negara ASEAN termasuk Indonesia sibuk pitching ke Tesla supaya nikelnya bisa dipake sama kendaraan listrik product-nya Tesla. Buat ngekstrak bahan kimia dijadiin baterai, sampai mau bikin pabrik kendaraan listrik sendiri.
 
Terus Mas Elonnya mau?
Mau dong. Elon Musk bilang Tesla sama SpaceX bisa banget coba kerja sama dengan Indonesia, since Indonesia juga punya banyak potensi. Terus, Mas Elon juga bilang karena dalam pengembangan ke depan bakalan butuh banyak orang, jadi Indonesia bisa jadi partner yang cucok karena Indonesia populasinya banyak dan terus berkembang kan. Doi juga bilang mau ke Indonesia November nanti dan berangkat bareng sama Dubes RI untuk AS, Rosan Roeslani.
 
Got it. Anyone saying anything?
Yep. LSM Lingkungan yang namanya Walhi keberatan kalau Tesla mau investasi di Indonesia, guys. Karena tata kelola nikel di Indonesia aja tuh masih amburadul banget. Sekarang aja, banyak banget dampak ekologis yang bermunculan dari tata kelola 7.000 hektar lahannya nikel di Indonesia. Nah kalau ditambah project-nya Tesla, takutnya malah makin chaos. Sementara anggota DPR dari Fraksi PKB, Faisol Riza, bilangnya yha gapapa kalau Elon mau investasi di Indonesia. Siapa tahu bisa buka lapangan kerja baru katanya.
 
I see. Anything else I should know?
Fyi ada satu hal yang rame diomongin netizen adalah style Elon Musk waktu ketemuan meeting sama presiden dan rombongan. Kan Presiden dan rombongan well dressed gitu yah, pake kemeja, blazer, rapih lah. Nah sedangkan Mas Elonnya santuy kaosan doang. Kaosnya juga yang down to earth gitu guys, dengan profil Elon Musk yang orang paling tajir sejagat raya, kaos yang dipakai tuh kaos oblong hitam dengan gambar bumi dan astronot seharga US$23 aja yang bisa dibeli dari marketplace Australia, Redbubble.