Pemprov DKI Jakarta Kembali Menggelar CFD

100
When you’re so excited for the weekend….
Karena CFD dibuka lagi.
Yoi guys. Kabar baik buat kamu warga Jakarta yang suka jogging dan sekadar jalan pagi pas weekend. Kemarin banget nih, setelah dua tahun ditiadakan gara-gara pandemi, Pemprov DKI Jakarta kembali menggelar car free day.
 
Yeayyy! Tell me.
Sure. Jadi guys, kalau kamu inget, Hari Bebas Kendaraan Bermotor aka HBKB alias car free day aka CFD di Jakarta tuh terakhir kali digelar Maret 2020 lalu, waktu masa awal pandemi Covid-19 menyebar di Indonesia. Nah, udah dua tahunan nggak pernah digelar lagi, akhirnya kemarin banget nih, Pemprov DKI Jakarta mengizinkan lagi warga buat CFD-an dari jam 6 sampai 10 pagi.
 
Asikkkk…
Adapun pembukaan kembali CFD ini dilakukan secara terbatas, guys. Dan dilakukan di berbagai titik. Kayak di Sudirman, terus di Tomang, Sunter, simpang Harmoni, Jakarta Pusat, sampai di Simpang TU-GAS, Jakarta Timur. Dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, CFD terbatas ini cuma boleh dilakukan buat kegiatan olah raga aja. Meaning, pedagang-pedagang cilor, telor gulung, cilok, dan jajanan-jajanan lain yang bikin kamu lebih banyak jajannya daripada olahraganya tuh saat ini masih nggak boleh jualan dulu. Terus, meskipun udah ada statement dari pemerintah terkait pelonggaran penggunaan masker, kalau warga mau datang CFD, tetap wajib pakai masker.
 
Kenapa gitu?

Yha karena antisipasi masyarakat yang bakalan rame memenuhi area situ. Kan Presiden Jokowi kemaren bilangnya boleh lepas masker di area terbuka asal di area itu orang-orang lagi nggak padat. Nah kalau CFD, apalagi ini CFD pertama after two years kan. Pemprov DKI udah mengantisipasi kemungkinan bakal adanya keramaian, makanya warga tetap disuruh pakai masker deh. Selain penggunaan masker, protokol lain yang harus masyarakat ikuti adalah Scan QR di aplikasi PeduliLindungi.

 
W hampir mau uninstall itu app..
Jangan dulu guys. Kita masih butuh aplikasi itu. Sejauh ini, sejumlah tempat umum di berbagai titik masih mengharuskan masyarakat buat scan QR di PeduliLindungi, di mana warga yang boleh masuk hanyalah yang berkategori hijau. Nah, di CFD kemarin juga sama. Dinas Perhubungan udah nyiapin QR code yang bisa di-scan sama warga sebelum masuk ke area CFD itu.
 
Now tell me about the condition yesterday….

Yha rameguys. Polda Metro Jaya yang mengawasi jalannya kegiatan juga berupaya untuk memastikan supaya warga mematuhi prokes yang udah ditetapkan. Terus, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut jumlah warga yang membludak membuat petugas kesusahan mengontrol kedisiplinan warga buat masuk ke aplikasi PeduliLindungi. Jadinya banyak warga yang main slonong boi aja gitu, nggak nge-scan QR dulu. Makanya, kegiatan kemarin juga menjadi bahan evaluasi Polda Metro buat menambah jumlah personel kedepannya buat menertibkan warga.

 
I see. Did anyone say anything?

Yep. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyebut kegiatan Car Free Day ini dilakukan juga karena kondisi Covid-19 di Jakarta yang udah makin membaik. Dari jumlah vaksinasi yang semakin meningkat, terus tingkat kesembuhan yang makin meningkat, dan keterisian tempat tidur rumah sakit yang udah makin menurun. Terus Bang Riza juga bilang kondisi sekarang di mana pemerintah pusat juga udah melonggarkan kebijakannya, makanya pemprov ngedukung banget kegiatan CFD dibuka lagi asal tetap menjaga kebersihan, ketertiban, dan semuanya dirawat, katanya.

 
Got it. Anything else I should know?
Fyi seiring evaluasi yang dilakukan oleh Polda Metro Jaya, evaluasi terkait CFD ini juga dilakukan oleh Dinas Perhubungan. Pak Syafrin bilangnya besok bakalan ditetapkan apakah CFD ini masih bisa dilanjutkan atau tidak. Terus, selain di Jakarta, car free day juga udah mulai dibuka di Surabaya. Adapun CFD di Surabaya dilakukan secara bergilir, mulai dari kawasan Jemursari, Kembang Jepun, dan Kertajaya.