Pelantikan Kapolsek, 8 Diantaranya Merupakan Wanita

38

Who’s getting more and more seats at the table?

Polwan.
Yoi guys. Kamu pasti udah nggak asing lagi kan sama profesi Polwan. Yep, ada polisi yang cowok, ada juga yang cewek alias polisi wanita aka polwan. Nah kamu tahu nggak sih kalau posisi polwan tuh sekarang udah makin berkembang dan memimpin unit kerjanya.
 
Wow tell me.
Sure. Jadi kemarin banget nih, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran baru aja melantik 28 Kapolsek buat memimpin di 28 Polsek yang masuk ke wilayahnya Polda Metro Jaya. Adapun para Polwan ini dilantik untuk memimpin beberapa Polsek seperti Polsek Metro Menteng, Polsek Cempaka Putih, Polsek Cisauk, Polsek Senen, Polsek Kelapa Gading. dll.
 
Okay.. Anything interesting?
Nah yang menarik adalah, dari 28 Kapolsek yang dilantik, 8 diantaranya adalah perempuan alias Polwan, guys. Adapun Polwan yang kemarin dilantik tuh Kompol Netty Rosdiana Siagian sebagai Kapolsek Menteng, terus Kompol Syarifah Chaira Sukma sebagai Kapolsek Cakung. Warga Cinere, kamu punya Kapolsek baru yaitu Kompol Jun Nurhaida Tampubolon. Nggak ketinggalan Polsek Cimanggis yang punya kepala baru yaitu Kompol Siti Fatimah Said Martandu.
 
Beyonce’s track on the playlist…
Tru. Jadi kata bos-nya para Kapolsek tadi yakni Kapolda Metro Jaya Pak Fadil Imran, dilantiknya delapan Polwan jadi Kapolsek ini adalah bentuk komitmen lembaganya terhadap kesetaraan gender dan bentuk konsistensi supaya terus melakukan pembaruan di tubuh Polda Metro Jaya. Lebih lanjut, Pak Fadil juga menyebut Polwan yang diangkat jadi Kapolsek ini adalah bentuk aktualisasi kalau perempuan tuh yha bisa banget jadi pemimpin, guys.
 
Coool…
Yep. Nah terus, pelantikan polwan-polwan ini jadi Kapolsek juga ditujukan biar kelebihan perempuan sebagai seorang ibu bisa dipakai buat me-reduce berbagai tindak kejahatan. Pak Kapolda bilang Polwan pasti lebih mampu melihat mana yang penyakit masyarakat, mana yang kenakalan remaja, mana yang kelompok kriminal. Apalagi sekarang UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual aka UU TPKS udah disahkan. Yang mana penanganannya butuh sosok polisi yang sensitif terhadap gender dan responsif sama isu ini. Makanya Polwan punya peran besar terhadap pelaksanaan UU ini di tubuh Polri, guys.
 
Got it. Anything else I should know?
FYI, emang selama ini, jumlah polwan di lembaga kepolisian itu bisa dibilang sedikit. Minggu lalu, Kabareskrim Polri Agus Andrianto menyebut bahwa saat ini, jumlah personil Polwan di kepolisian itu cuma 5,91 persen atau 24.680 dari total personel Polri sebanyak 435.696 personel. Melihat kondisi ini, makanya polisi terus berupaya meningkatkan kuantitas dan kualitas Polwan, khususnya karena sekarang UU TPKS udah disahkan.