Korea Utara Mengumumkan Kasus Covid-19 Pertama Kali

83

There is always the first time in everything…

Including Covid-19 case in North Korea.
Yoi guys. Jadi setelah dua tahun pandemi Covid-19 menyebar dan menyerang hampir seluruh penjuru dunia, hari Kamis minggu lalu, pemerintah Korea Utara mengumumkan untuk pertama kali kalau masyarakat mereka ada yang terjangkit sama Coronavirus.
 
Tell me everything.
Sure. Jadi dua tahun hampir seluruh negara di dunia bergulat dengan kasus Covid-19, mulai dari yang meninggal, yang sembuh, terus vaksinasi, dll, ternyata ada nih satu negara yang diem-diem bae soal kasus Covid-19 ini. Yes, you got it right. Korea Utara. Sejak virus mulai ditemukan dan menyebar di tahun 2019 kemarin, Korut tuh langsung nutup semua akses buat masuk atau keluar dari negaranya dan bikin masyarakatnya jadi terisolasi di situ. Makanya kalo kata pemerintahnya sih selama dua tahun itu, kasus Covid-19 konsisten nggak ditemukan di sana.
 
Okay….
Nah tapi Korut pecah telor juga, setelah pada Kamis minggu lalu pemerintahan yang dipimpin Kim Jong-un mengumumkan kalau ada kasus demam tinggi yang ditemukan di negaranya. Secara spesifik, Jumat kemarin tuh pemerintahan mereka mengumumkan kalau ada 296 ribu kasus demam dan 15 diantaranya meninggal. Tapi mereka nggak bisa pastiin itu Covid-19 atau bukan karena alat PCR atau alat buat tes di sana juga nggak ada. Terus, selang berapa hari, kasusnya jadi meningkat tajam jadi 820 ribu dan yang meninggal bertambah jadi 42 orang. Dari situ pemerintah sana jadi yakin, “It is Covid-19.
 
Terus gimana dong tuh?
Ini juga yang jadi concern masyarakat dunia, guys. Karena negara Korea Utara tuh kan emang terisolasi banget dari dunia luar, jadinya susah buat cari tahu keadaan di lapangan kayak gimana. Terus, sistem kesehatan masyarakat mereka bener-bener terbatas, hampir gaada healthcare malah. Terus ditambah para warganya juga pada ngga divaksin. Yep, padahal tahun lalu, Korut tuh udah ditawarin sama dunia internasional sumbangan vaksin Sinovac sama AstraZeneca, tapi mereka nolak gengs, dengan alasan, “Maap gadulu, kasih ke yang lebih butuh aja”.
 
OMG…
Yoi, saking daruratnya kondisi di sana, saat ini pemerintah langsung menetapkan status “darurat nasional utama”. Terus, pemimpin Kim Jong-un langsung bikin kebijakan buat nge-lockdown semua kota dan orang-orang yang demam atau yang punya symptoms lain langsung diarahin ke tempat karantina. Terus, karena di-lockdown, segala medical kit juga disiapkan buat didistribusikan ke masyarakat. Bersamaan dengan itu, pemerintahan Kim Jong Un juga lagi nyiapin skenario biar ekonomi nasional mereka tetap jalan dan kehidupan masyarakat bisa tetap stabil meskipun lagi darurat nasional kayak gini.
 
I see. Anything else I should know?
Fyi sampai sekarang tuh penyebab Virus Corona bisa nyampe ke Korea Utara tuh masih jadi misteri, guys. Secara mereka tuh kan terisolasi banget yah. Ikutan Olimpiade either itu yang Summer di Tokyo atau yang di Winter di Beijing aja mereka tuh nolak karena takut Covid-19. Ditambah mereka udah nge-cut segala hubungan perdagangan sama China, padahal China tuh partner dagang terbesarnya Korut. Jadi yha tinggal nunggu penjelasan dari pemerintah aja darimana itu Covid-19 bisa nembus ke Korea Utara, guys.