Jokowi Izinkan Lepas Masker di Ruang Terbuka

134

When you’ve been wanting to see faces…

Get excited!
Karena kini kamu udah boleh lepas masker kalo lagi berada di tempat terbuka. Hal ini legit disampaikan langsung kemarin banget nih oleh Pak Presiden Jokowi, sebagai salah satu langkah buat preparing our nations to move forward dari pandemi…. ke endemi of Covid-19.
 
Bentar. Emang udah aman banget nih?
Well, at least kita udah lepas dari masa kritis pandemi, guys. Adapun lepasnya Indonesia dari masa kritis Covid-19 ini juga dikonfirmasi Jubirnya Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito. Pak Wiku bilang, kondisi ini tercermin dari semakin menurunnya dampak Covid-19 terhadap perilaku sosial dan ekonomi masyarakat. Contoh, pertumbuhan ekonomi udah meningkat, angka pengangguran menurun, dan mobilitas masyarakat yang makin tinggi dan aktif. Terus, angka vaksinasi juga makin hari makin tinggi, dari dosis pertama, kedua, sampai lanjutan aka booster. Ini yang bikin pemerintah akhirnya melakukan berbagai pelonggaran. Kayak kemarin dibolehin mudik, sampai yang terbaru, yaitu boleh lepas masker di ruang terbuka.
 
Sounds good…
Yep. Hal ini legit dikonfirmasi langsung oleh Presiden Jokowi kemarin langsung dari Istana Kepresidenan Bogor. Dalam kesempatan itu, Pakde bilang kalau kamu lagi aktivitas di luar ruangan dan di area itu lagi nggak padat orang, kamu dibolehin buka masker, guys. Tapi ada catatan juga buat yang masuk kelompok rentan kayak yang udah usia lanjut atau punya komorbid, maskernya tetap harus dipakai di dalam dan luar ruangan.
 

I see…
Nah, kalau kamu aktivitasnya ada di dalam ruangan atau kayak transportasi publik gitu, kamu harus tetap pakai masker. Gitu juga sama yang lagi sakit kayak batuk, demam, pilek, kalau lagi beraktivitas maskernya wajib dipakai tuh maskernya. Biar penyakitnya nggak nular ke orang lain lagi kan.

Iyasi..
Nah, kamu harus tahu nih, guys. Kebijakan pelonggaran penggunaan masker ini juga jadi merupakan salah satu skenario pemerintah buat prepare mengalihkan status Covid-19 sebagai endemi. Di mana sebelumnya kan disampaikan sama Menkes Budi Gunadi Sadikin kalau penentuan status Covid-19 ini salah satunya bisa diliat dari tren kasus positif yang udah makin menurun. Luckily, di Indonesia keadaannya udah berprogres ke arah sana, gengs.

Ngomongin Covid-19 belum lengkap kalo belum denger apa kata Opung…
You got it. Nah disampaikan oleh Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, nyatanya meskipun ada momen lebaran dan libur panjang, di mana orang-orang juga pada bepergian, mudik, dll, bahkan nggak pakai antigen/PCR kalau udah vaksin lengkap, kondisi Covid-19 di Indonesia masih terkendali dan on track, guys. Terus saat ini, angka rawat inap secara nasional juga terus turun sampai 97%, dan angka kematian yang turun juga sampai 98%. Makanya, pemerintah yang tadinya nggak mau terburu-buru melakukan relaksasi, sekarang jadi move forward buat gerak menjadikan Covid-19 di Indonesia sebagai endemi deh.

I see. Anything else I should know?
Eropa. Tapi seiring berjalannya waktu, berbagai pembatasan pun dilonggarkan dari awal tahun kemarin. Kayak di Belanda, Perancis, dan Belgia, yang udah mencabut aturan penggunaan masker dan menganggap Covid-19 bukan lagi ancaman besar.