India Melarang Ekspor Gandum Ke Luar Negeri

44

Who seems to follow Indonesia’s step?

India.
Iya. Kondisi pangan dunia yang makin ga menentu bikin banyak negara makin mengetatkan ikat pinggang ni guys. Setelah beberapa waktu lalu pemerintah Indonesia mengumumkan kalau untuk sekarang kita nggak dulu ekspor bahan baku minyak goreng dan produk turunannya ke luar negeri, baru aja kemarin, effective immediately, India juga ikut melarang ekspor gandum dan turunannya ke luar negeri. Puyeng ga tuh.
 
What???
Yoi. Kamu masih ingat kan kalau di kawasan Asia Selatan kayak India, Pakistan, dan negara-negara tetangganya tuh sekarang lagi dilanda heatwave aka gelombang panas yang tinggi banget. Hal ini bikin banyak tanaman gandum yang gagal panen, jadi pemerintah memutuskan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dulu, sebelum ngirimin bahan gandumnya ke luar negeri. Nah, the combination of gagal panen dan supply tipis tentunya bikin produksi pangan berbahan gandum juga jadi merosot tajam, dan kini udah mencapai 25 ribu Rupee per tonnya.
 
Oh noooo….
Terus, pemerintah India langsung gercep bikin kebijakan dong. Gimana caranya ketahanan pangan di negaranya tetap sustained dan masyarakat sana tetap bisa makan di tengah krisis kayak gini. Dan keputusan yang diambil adalah larangan ekspor gandum ke negara-negara lain. Jadi sama kasusnya kayak Indonesia, di mana minyak goreng disimpen buat masyarakat kita aja. Jadi harganya juga nggak tinggi-tinggi banget.
 
Respon negara lain gimana dong tuh?
Yha bete gengs, karena hal ini tentu bakal mengganggu global supply  yang udah super ga menentu. Nah merespons kebijakan ini, para menteri pertanian dari negara G7 (Kanada, Jerman, Perancis, Jepang, Inggris, AS, dan Italy) dengan gercep mengecam kebijakannya PM Modi. Bahkan Menteri Pertanian Jerman, Cem Ozdemir bilangnya kalau semua negara udah saling larang ekspor kayak gini, yang ada masalahnya nggak kelar-kelar. Instead, krisisnya malah jadi makin parah.
 
Kenapa India ga mau ngimpor terus jadi krisis deh?
Well, karena India tuh negara penghasil gandum terbesar kedua di dunia gengs, setelah China posisinya. Jadi, kalau India ngelarang ekspor gandum, negara yang biasanya beli gandum ke mereka kemudian beli ke mana lagi dong? Nah guys, adapun gandum dari India ini kebanyakan diekspor ke Afrika, Eropa, Asia, termasuk juga ke kita di Indonesia.
 
I believe India has a say…
Ada. Dari keterangan Commerce Secretary India, BVR Subrahmanyam, bilangnya mereka mau bikin proses pembelian gandum dari negara mereka tuh jadi lebih teratur. Biar nggak ada penimbunan katanya. Terus, ekspor gandum India tuh bukannya bener-bener dilarang 100% gitu, guys. Pemerintah sana masih ngizinin ekspor asal ada letter of credit yang udah dikeluarkan dari negara-negara calon importir buat minta pasokan untuk ketahanan pangan di negara mereka.
 
I see. Anything else?
Fyi, ya gimana ya guys, jadi emang India sendiri sikonnya lagi rumit karena supply gandumnya udah menipis sejak dibagikan secara gratis selama pandemi kepada sekitar 800juta warganya. Nah supaya supply dan demand-nya berimbang lagi, pemerintah India butuh sekitar 25juta ton gandum tambahan setiap tahunnya, untuk dibagikan kepada sekitar 80juta warga.