Gangguan Mental Saat Muda Beresiko Menderita Penyakit Kronis di Masa Tua

17

When you really need to take a breath and relax…

Especially if you’re a woman.
 
Iya guys, soalnya hasil penelitian terbaru yang di-publish oleh JAMA Network minggu lalu menemukan bahwa perempuan, regardless of the age, dan laki-laki muda yang menderita kondisi mental, kayak anxiety maupun depresi memiliki resiko lebih besar untuk menderita penyakit kronis di masa tuanya. Hal ini diketahui dari hasil analisa data atas lebih dari 40ribu pasien di Rochester Epidemiology Project yang berusia 20, 40 dan 60 tahun. Terus dalam melakukan penelitian ini, para pasiennya juga dibagi lagi sama kelompok yang menderita anxiety, depresi, anxiety dan depresi, serta engga dua-duanya. Hasilnya, perempuan di semua kelompok umur dan laki-laki muda yang memiliki gangguan kecemasan maupun depresi (or both!) ternyata memiliki resiko kena penyakit kronis dibanding yang ga menderita keduanya sama sekali. Adapun penyakit kronis yang paling banyak ditemukan di antaranya adalah darah tinggi, asma, chronic obstructive pulmonary disease (COPD) dan kanker.
 
Penemuan ini juga membuktikan guys, bahwa meskipun usia muda itu identik dengan kondisi fisik yang masih sehat, namun kalo kesehatan mental kita terganggu, maka fisik kita juga akan terganggu. Furthermore, diketahui bahwa resiko perempuan untuk mengalami penyakit kronis meningkat sampai lebih dari 61% kalo mereka memiliki anxiety or depression, dibandingin sama mereka yang ngga menderita keduanya.
Nah sebenernya, to fight both, ada hal-hal yang bisa kamu lakukan. Misalnya meningkatkan aktivitas fisik (olahraga), makan sehat, tidur cukup, dan kalau mulai terasa mengganggu rutinitas, try to see a psychiatrist.
 
Repeat after us: Mental health is just as important as physical health.