Formula E Akan Digelar 4 Juni 2022 di Ancol Jakarta

41

When you’ve been excited about Formula E…

It is counting the days banget, people!
Yess. Nggak kerasa yah, after rains and storms and also sunnies, event balapan kelas dunia Formula E bakalan digelar 4 Juni minggu depan di Ancol, Jakarta Utara. Segala persiapan juga udah hampir beres. Sirkuit hampir ready, mobil balapan udah pada dateng, dan tiket pun udah hampir ludes des des.
 
Wohooo tell me. 
Sure.  Jadi kan udah H-6 nih yah, 22 pembalap dari 11 tim kayak Nick Cassidy, Jake Danise, Oliver Turvey dll bareng sama rombongan FIA bakalan landing di Jakarta besok, guys. Event Director Formula E, Gemma Roura Serra bilangnya abis mereka landing besok, dan mulai ngeliat-liat sampai sebelum Jumat udah masuk penetapan Homologasinya.
 
I’m not into balapan things. What is homologasi?
It’s okay, let us tell youHomologasi itu proses penilaian semua aspek balap dan make sure balapan yang bakal berlangsung tuh aman, guys. Nah, kan kita tuan rumah nih buat both yang kemarin MotoGP Mandalika sampai sekarang Formula E. Nah, sirkuit yang kita bangun itu bakalan di-examine sama FIA, mulai dari bentuk desain, ukuran, jumlah tikungan, kualitas aspal, pembatas, dll. Ini yang sekarang lagi di-handle di Formula E Jakarta, guys.
 
Cool. Now tell me more about this Formula E thing…
Jadi, Formula E ini adalah ajang balapan internasional di mana mobil balapannya itu listrik semua gengs. Tujuannya ya ngga lain ngga bukan adalah untuk memperkenalkan sumber energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan. Secara, dengan parahnya global warming saat ini, udah ngga mungkin lha ya kita bergantung sama fossil fuel. Nah kata Ketua Panitia Formula E Ahmad Sahroni, ajang ini juga bakal jadi momentum untuk sosialisasi mobil listrik di Indonesia.
 
Interesting…
Nah selain terkait lingkungan, Sahroni juga bilang bahwa Formula E ini diyakini bakal membawa efek kebangkitan ekonomi yang positif banget buat ibu kota Jakarta, secara ekonomi kita nih baru diterjang pandemi kan. Bang Roni bilang, dampak ekonomi dari ajang internasional ini bisa senilai Rp 1,4 triliun buat Indonesia. Meanwhile, masih kata Bang Roni, penyelenggaraan Formula E-nya itu sendiri menghabiskan biaya sekitar Rp 120-130 miliar.
 
Emang sirkuit kita udah ready?
So far sih udah ready 90%, guys. Dan ini tuh wajar banget, sama kayak kalo negara-negara lain yang ngadain event balapan termasuk Formula E ini. Gemma juga bilang bahwa progresnya selama ini lancar-lancar aja, sampai ntar di H-2 sirkuit dan segala kelengkapannya baru bakalan ready 100%. Nah, sambil beresin sirkuit, pihak panitia Formula E juga nyiapin berbagai skenario dan cara-cara buat men-tackle kemungkinan yang bakal terjadi selama acara, termasuk cuaca.
 
Kalo soal cuaca gimana?
Tentunya bakal dimitigasi dong. Kata Principle HSE Consultant Formula E Operation Richard Bates, pihaknya udah menggandeng BMKG untuk memantau terus cuacanya pada Hari H nanti. Selain itu, pihak panitia juga udah punya berbagai upaya antisipasi kalo cuacanya ekstrim, dan bakal kurleb sama kayak waktu itu MotoGP di Mandalika gengs.
 
Sounds good. Anything else I should know?
Btw buat kalian yang mau nonton Formula E LIVE, yang bisa kamu lakukan adalah beli tiketnya as soon as possible karena tiketnya tuh udah kejual sebanyak 22 ribu di berbagai kelas, mulai dari VVIP, VIP, Circuit Festival, dan Grand Stand. Nah, yang kesisa cuma di kelas Ancol Festival which is yang harganya paling rendah senilai Rp250 ribu, dan diprediksi bakalan ludes juga di Hari H acara besok.