Dukungan Moral Jokowi Ke Ridwan Kamil

34

Now here’s another update on Eril’s case…

Pak Jokowi shows support.
Yes, perkembangan terbaru soal pencarian Aa Eril, anak dari Gubernur Jawa Barat Kang Ridwan Kamil. Jadi kemarin, Pak Jokowi baru aja nelepon langsung Kang Ridwan Kamil untuk menunjukkan moral support ke beliau dan keluarga. Selain itu, cuti yang diajuin sama Kang Emil untuk bisa stay lebih lama di Swiss dan mengawal langsung pencarian sang anak juga udah di-ACC sama Mendagri, guys.
 
Remind me again. What happened?
Eril atau yang punya nama lengkap Emmeril Khan Mumtadz adalah anak sulungnya Gubernur Jawa Barat,  Ridwan Kamil hari yang Kamis minggu lalu dinyatakan hilang setelah sebelumnya terseret arus saat berenang di Sungai Aare di Bern, Swiss. Setelah dilaporkan ke otoritas setempat, mulai dari Kamis pagi sampai hari ini, proses pencarian pun masih dilakukan.
 
Give me all the updates.
Sure. Saat ini, pencarian sudah memasuki hari kelima. Sejauh ini, Tim SAR di sana masih mencari keberadaan Eril pakai perahu dengan berbagai metode. Mulai dari drone thermal sampai penyelaman. Yang terbaru, Tim SAR yang bergerak pakai perahu menggunakan metode zig zag dan pakai teropong khusus yang bisa melihat kedalaman sungai. Area pencarian pun telah mengerucut di lokasi yang dinilai paling potensial, yaitu di wilayah Marzili.
 
Go on…
Dalam proses pencarian ini, Pihak KBRI di Swiss juga turut mendampingi berbagai prosesnya. Dalam hal ini, Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman Hadad menyebut pihaknya udah koordinasi sana-sini, mulai dari pihak Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia di Kemenlu Jakarta, lalu sama Tim SAR berjumlah 20 orang yang terlibat selama proses pencarian. Pak Ridwan Kamil yang sebelumnya ada di Inggris juga sudah langsung pergi ke Swiss untuk memantau langsung perkembangan yang ada dan masih di sana sampe berita ini dibuat.
 
It must be really hard for him and fams…
Indeed. Makanya, once berita ini sampai ke Presiden Joko Widodo kemarin, beliau langsung kontak Kang Emil dan kasih moral support ke beliau melalui saluran telepon. Hal ini dikonfirmasi oleh Elpi Nazmuzaman, pamannya Eril yang sekaligus jubir pihak keluarga. In his words, Kang Elpi menyebut, “Sebagai kepala negara, berarti merepresentasikan seluruh masyarakat Indonesia. Membesarkan hati kami selaku pihak keluarga dalam menghadapi masalah ini.”
 
:((((
Lebih jauh, Kang Elpi juga berterima kiasih sama seluruh masyarakat Indonesia yang telah menyampaikan simpati, doa, dan dukungan buat keluarganya. “Kami tidak bisa membalasnya, kecuali Allah sebaik-baiknya pemberi balasan,” kata Kang Elpi. Terus, dukungan juga datang Kementerian Dalam Negeri yang udah meng-ACC izin cutinya Kang Emil sampai 4 Juni mendatang.
 
Thank God…
ACC izin cutinya Ridwan Kamil itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmadja dalam konferensi pers yang digelar kemarin. Dalam konpers itu, Pak Setiawan mengatakan memang pihak Pemprov sendiri yang berinisiatif mengajukan izin cuti ke Kementerian Dalam Negeri terhitung dari 29 Mei sampai 4 Juni mendatang dengan alasan “Izin ke luar negeri dengan alasan penting”. Tak menunggu lama, cutinya langsung disetujui aka di-ACC dengan beberapa catatan.
 
Apa ajatuu?
Catatan dari Kemendagri itu antara lain, yang pertama pemerintahan harus tetap berjalan. Lalu yang kedua, selama Ridwan Kamil nggak berada di tempat, pemerintahan akan dijalankan oleh Wagub Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Kang Uu sendiri nantinya tetap akan berkoordinasi dan bertanggung jawab sama gubernur sampai nanti Kang Emil sudah kembali ke Bandung.
 
I see. Anything else I should know?
Dukungan moral nggak berhenti dituangkan buat keluarga Pak Ridwan Kamil dan Bu Atalia. Di sejumlah titik, digelarlah serangkaian acara doa bersama mendoakan supaya Eril bisa ditemukan dalam kondisi selamat. Adapun doa bersama ini juga dilakukan sebagai bentuk empati, dan kepedulian masyarakat. Hal ini juga sejalan sama bio di Instagram-nya Bu Atalia @ataliapr, ‘Mohon keikhlasannya untuk terus mendoakan A Eril”.