Dukungan Moral Jokowi Ke Ridwan Kamil, Cacar Monyet Semakin Menyebar Ke Berbagai Negara, Minusnya Pertumbuhan Ekonomi Global, Franchise McDonald’s di Rusia Berencana Ganti Nama Restoran

49

Hello

Rise and shine, everyone. Today is yet another beautiful day and one of the reasons for that is because… well, it’s another midweek holiday tomorrow. Take all the break you need, sleep in, eat your favorite food and recharge. See you again on Thursday.

Now here’s another update on Eril’s case…

Pak Jokowi shows support.
Yes, perkembangan terbaru soal pencarian Aa Eril, anak dari Gubernur Jawa Barat Kang Ridwan Kamil. Jadi kemarin, Pak Jokowi baru aja nelepon langsung Kang Ridwan Kamil untuk menunjukkan moral support ke beliau dan keluarga. Selain itu, cuti yang diajuin sama Kang Emil untuk bisa stay lebih lama di Swiss dan mengawal langsung pencarian sang anak juga udah di-ACC sama Mendagri, guys.
 
Remind me again. What happened?
Eril atau yang punya nama lengkap Emmeril Khan Mumtadz adalah anak sulungnya Gubernur Jawa Barat,  Ridwan Kamil hari yang Kamis minggu lalu dinyatakan hilang setelah sebelumnya terseret arus saat berenang di Sungai Aare di Bern, Swiss. Setelah dilaporkan ke otoritas setempat, mulai dari Kamis pagi sampai hari ini, proses pencarian pun masih dilakukan.
 
Give me all the updates.
Sure. Saat ini, pencarian sudah memasuki hari kelima. Sejauh ini, Tim SAR di sana masih mencari keberadaan Eril pakai perahu dengan berbagai metode. Mulai dari drone thermal sampai penyelaman. Yang terbaru, Tim SAR yang bergerak pakai perahu menggunakan metode zig zag dan pakai teropong khusus yang bisa melihat kedalaman sungai. Area pencarian pun telah mengerucut di lokasi yang dinilai paling potensial, yaitu di wilayah Marzili.
 
Go on…
Dalam proses pencarian ini, Pihak KBRI di Swiss juga turut mendampingi berbagai prosesnya. Dalam hal ini, Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman Hadad menyebut pihaknya udah koordinasi sana-sini, mulai dari pihak Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia di Kemenlu Jakarta, lalu sama Tim SAR berjumlah 20 orang yang terlibat selama proses pencarian. Pak Ridwan Kamil yang sebelumnya ada di Inggris juga sudah langsung pergi ke Swiss untuk memantau langsung perkembangan yang ada dan masih di sana sampe berita ini dibuat.
 
It must be really hard for him and fams…
Indeed. Makanya, once berita ini sampai ke Presiden Joko Widodo kemarin, beliau langsung kontak Kang Emil dan kasih moral support ke beliau melalui saluran telepon. Hal ini dikonfirmasi oleh Elpi Nazmuzaman, pamannya Eril yang sekaligus jubir pihak keluarga. In his words, Kang Elpi menyebut, “Sebagai kepala negara, berarti merepresentasikan seluruh masyarakat Indonesia. Membesarkan hati kami selaku pihak keluarga dalam menghadapi masalah ini.”
 
:((((
Lebih jauh, Kang Elpi juga berterima kiasih sama seluruh masyarakat Indonesia yang telah menyampaikan simpati, doa, dan dukungan buat keluarganya. “Kami tidak bisa membalasnya, kecuali Allah sebaik-baiknya pemberi balasan,” kata Kang Elpi. Terus, dukungan juga datang Kementerian Dalam Negeri yang udah meng-ACC izin cutinya Kang Emil sampai 4 Juni mendatang.
 
Thank God…
ACC izin cutinya Ridwan Kamil itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmadja dalam konferensi pers yang digelar kemarin. Dalam konpers itu, Pak Setiawan mengatakan memang pihak Pemprov sendiri yang berinisiatif mengajukan izin cuti ke Kementerian Dalam Negeri terhitung dari 29 Mei sampai 4 Juni mendatang dengan alasan “Izin ke luar negeri dengan alasan penting”. Tak menunggu lama, cutinya langsung disetujui aka di-ACC dengan beberapa catatan.
 
Apa ajatuu?
Catatan dari Kemendagri itu antara lain, yang pertama pemerintahan harus tetap berjalan. Lalu yang kedua, selama Ridwan Kamil nggak berada di tempat, pemerintahan akan dijalankan oleh Wagub Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Kang Uu sendiri nantinya tetap akan berkoordinasi dan bertanggung jawab sama gubernur sampai nanti Kang Emil sudah kembali ke Bandung.
 
I see. Anything else I should know?
Dukungan moral nggak berhenti dituangkan buat keluarga Pak Ridwan Kamil dan Bu Atalia. Di sejumlah titik, digelarlah serangkaian acara doa bersama mendoakan supaya Eril bisa ditemukan dalam kondisi selamat. Adapun doa bersama ini juga dilakukan sebagai bentuk empati, dan kepedulian masyarakat. Hal ini juga sejalan sama bio di Instagram-nya Bu Atalia @ataliapr, ‘Mohon keikhlasannya untuk terus mendoakan A Eril”.

What’s getting more concerning?

Monkeypox aka cacar monyet.
Yoi, guys. Kudu lebih waspada nih. Wabah monkeypox aka cacar monyet sekarang udah makin menyebar ke berbagai negara, dan sekali kena, dampaknya bisa bahaya banget. Bahkan berujung kematian.
 
WHAT???
Iya. Sejak awal tahun kemarin, di saat kondisi berangsur membaik pasca Covid-19, ada lagi wabah baru yang nggak kalah mengkhawatirkan, namanya monkeypox aka cacar monyet. To refreshen you up, virus cacar monyet ini pertama kali ditemukan di Denmark tahun 1958 di mana ditemukan kasus kayak cacar tapi nyerangnya ke koloni kera. Nah makanya namanya cacar monyet.  Terus berkembang lagi ke monyet, tupai, tikus, dll.
 
Ke manusia juga nggak?
Inhale, now exhale. It’s a yes. Jubir Kemenkes dr. Mohammad Syahril menjelaskan cacar monyet itu adalah penyakit yang bisa menular dari hewan ke manusia, terus dari manusia ke manusia lainnya. Lebih jauh, dr. Syahril menyebut penularan cacar monyet ini bisa melalui berbagai cara, yakni bisa dari kontak erat, dari sentuhan mau itu sama orang, hewan, even barang yang udah terkontaminasi sama virus ini. Bisa juga dari cairan tubuh kayak darah atau air liur, guys.
 
I see…
Kasus monkeypox yang lebih parah diketahui lebih sering terjadi  berdasarkan tingkat paparan virusnya, tingkat kesehatan pasiennya, sampai tingkat keparahan komplikasi. The worst scenario is monkeypox ini bisa banget berujung kematian, guys seperti yang terjadi di Nigeria. Sejak awal tahun ini, Nigeria udah mengkonfirmasi 21 kasus monkeypox dan udah ada 1 pasien meninggal berusia 40 tahun.
 
It’s that bad, then…
Makanya, Kementerian Kesehatan RI juga udah ngasih kamu warning terkait ini, guys. Disampaikan oleh Dirjen Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu, Kemenkes meminta pemerintah daerah, fasilitas kesehatan masyarakat, dan kantor kesehatan pelabuhan buat memantau penemuan kasus sesuai definisi operasional penyakit sesuai standarnya WHO.
 
That’s it?
Belum selesai beb. Kemenkes juga minta pemerintah daerah untuk menyebarluaskan informasi terkait wabah ini sama masyarakat, dan melakukan koordinasi sama dinas-dinas yang membidangi fungsi kesehatan hewan dan satwa liar di daerahnya masing-masing. Adapun penyakit ini dapat bersifat ringan dengan gejala yang berlangsung dua minggu sampai sebulanan, tapi bisa banget berkembang lebih parah sampai akhirnya berujung kematian kayak yang terjadi di Nigeria itu.
 
Tapi jauh banget nggak sih sampai di kita…
Yha gatau ya. Sejauh ini emang belum ada kasus konfirmasi monkeypox ditemukan di Indonesia. However, istilah ‘sedia payung sebelum hujan’ kepake banget di sini, guys. Makanya Kemenkes juga langsung antisipasi kayak gitu. Apalagi penyebarannya emang udah meluas banget dari Afrika, Eropa, AS, sampai ke Australia yang mana deket banget sama kita. WHO juga bilangnya hal ini bisa jadi serius kalau udah kena ke anak-anak dan orang dengan gangguan kekebalan tubuh, yang mana mereka rentan banget terpapar virus ini.
 
Got it. Does anyone say anything?
Yep. Pakar Edimiologi Griffith University, Dicky Budiman bilangnya kasus monkeypox ini bisa banget masuk ke Indonesia, guys karena sekarang kan mobilitas orang-orang tuh udah tinggi banget. Orang-orang juga udah dengan mudah terbang ke sana-sini, sehingga berbagai penyakit pun jadi bisa masuk. Plus, protokol kesehatan yang udah dilonggarkan sama pemerintah dan masyarakat yang ‘balas dendam’ dan bersikap bebas seiring dengan pelonggaran prokes ini.
 
Make sense.  Anything else I should know?
Makanya, meskipun sampai sekarang belum ada pengobatan yang spesifik buat mengobati monkeypox ini, but all we can do is mencegah terjadinya penyakit. Adapun yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan dan menjaga pola hidup sehat. Terus, kontak langsung sama binatang-binatang itu juga baiknya dihindari. Apalagi sama binatang mati yang darahnya kemana-mana. Buat kamu yang baru balik dari negara dengan kasus monkeypox, pls pls pls go check yourself kalau kamu udah ngerasa demam tinggi dan ada ruam di permukaan kulit kamu.

When you really need to be wise about money…

Karena resesi global lagi terjadi.
Iya nih guys, ekonomi dunia sekarang lagi nggak baik-baik aja nih. Tahun ini, dilaporkan bakalan terjadi resesi global aka pertumbuhan ekonomi global yang minus. Minus, lho.
 
Waduh, background pls.
You got it. Jadi resesi global aka pertumbuhan ekonomi global yang minus ini adalah efek domino dari kejadian yag terjadi sebelum-sebelumnya. Yha apalagi kalo bukan Covid-19, terus yang juga currently lagi paling berpengaruh tuh invasi yang dilancarkan Rusia ke Ukraina saat ini. Belum lagi gagal panen akibat global warming yang menyebabkan pasokan pangan terhambat dan bikin harga bahan makanan pokok jadi naik. Duhh rungsing bin riweuh ya gengs.
 
Iya hiks. Go on…
Terkait fenomena ini, Head of International Monetary Fund aka IMF, Kristalina Georgieva menyebut bahwa prospek ekonomi global tahun 2022 ini tuh jadi suram banget guys, dan resesi global aka pertumbuhan ekonomi yang minus ini bakalan berdampak banget sama negara-negara yang rentan dan berpenghasilan rendah. Makanya, IMF sampai nurunin growth economic prospect buat 143 negara anggota mereka.
 
Karena invasi itu aja kah alasannya?
Well, karena emang invasi ini ngaruhnya langsung ke pasokan bahan pangan global, jadi emang invasi ini yang paling berpengaruh, dibanding alasan-alasan lain kayak dollar AS yang udah naik lagi dan lockdown yang terjadi di China. Yha mau gimana, kita kan nggak mungkin nggak makan yah, sementara harga bahan pokok yang dijadiin bahan makanan terus naik up up and up, kan. Jadi masalahnya adalah, gimana caranya orang bisa tetap makan dengan harga bahan yang nggak mahal-mahal banget.
 
I see…
Nah, proyeksi yang sama juga diungkapkan oleh Gubernur World Bank, David Malpass. Beliau juga menyebut bahwa dari harga-harga yang udah melonjak ini, ujung-ujungnya bakalan mengarah ke resesi global. Makanya yha wajar aja kalo ada sejumlah negara apalagi negara-negara produsen gandum dan minyak sawit yang sampe melakukan pembatasan ekspor, biar stok di dalam negeri tetap terjaga. Kayak yang terjadi di India yang udah ngelarang ekspor gandum, dan Indonesia yang ngelarang ekspor CPO dan produk turunannya.
 
Actions pemerintah sejauh ini?
Nah selain ngelarang ekspor tadi, Menteri Keuangan RI baru aja menginstruksikan pimpinan kementerian dan lembaga negara buat memangkas dana belanja negara tahun anggaran 2022 sebesar Rp24.5 triliun. Tujuannya nggak lain nggak bukan adalah biar bisa jadi cadangan buat membantu meredam gejolak ekonomi yang lagi terjadi saat ini. Namanya cadangan, dana Rp 24.5 Triliun ini sendiri nantinya bakal dipakai kalau-kalau ada kebutuhan mendesak terkait kenaikan harga ini tadi.
 
Got it. Anything else I should know?
Btw Bu Ani tuh bilangnya kalau urusan economic recovery tuh emang not always smooth and easy, guys. Kita yang abis bangkit dari pandemi, mau gerak dikit eh ada invasi, harga-harga jadi melambung. Negara-negara lain kayak AS, Inggris, dan negara-negara Eropa jadi memperketat kebijakan moneternya. Masih dari penuturan Bu Ani, ini emang udah risiko, guys.

Who’s considering a new name?

McDonald’s in Russia.
 
Yep, masih inget kan guys beberapa waktu lalu kita bahas soal restoran fast food McDonalds yang memutuskan untuk hengkang dari Rusia karena merasa udah ngga sejalan lagi sama value-nya Rusia yang menginvasi Ukraina? Nah sebagai gantinya, perusahaan yang mengambil alih franchise-nya McDonald’s berencana untuk mengganti nama restoran tersebut dengan beberapa opsi, di antaranya “Fun and Tasty” dan “The Same One”. Nama-nama ini diketahui dari pendaftaran paten yang dilakukan oleh Alexander Grovor, multimilyuner Rusia yang ngebeli semua restoran McD, dan doi rebranding dengan nama-nama baru tadi. Tajir banget kan, Pak Grovor.
 
Jadi guys, emang Mr. Grovor ini tadinya adalah pemilik 25 franchise McD yang ada di Siberia, terus pas akhirnya McD memutuskan untuk hengkang dari negaranya, he’s like, “Yaudah w beli aja semua.” Terus yaudah dibeli deh, dan didaftarin dengan nama yang baru yang sekarang lagi diproses pendaftarannya.
 
McD sendiri diketahui memiliki sekitar 850 restoran di seantaro Rusia, dan sebelum memutuskan untuk cabut secara permanen, tadinya mereka tuh cuma tutup sementara aja. Namun kebijakannya akhirnya berubah jadi cabs secara permanen, seiring dengan invasi Rusia ke Ukraina yang juga masih berlangsung.

“Angka terakhir menunjukkan bahwa tenaga kerja Indonesia yang memiliki akses ke dana pensiun hanya kurang dari 20 persen.”

Hwaduuu gitu tuh guys kata Menteri Kordinator Perekonomian Airlangga Hartarto pas ngasih keterangan di IFG International Conference 2022 di Jakarta, kemarin. Padahal kata Pak AH, dana pensiun ini dibutuhkan banget untuk memperluas pasar keuangan dalam rangka membawa Indonesia menjadi negara maju pada tahun 2045. Beliau juga bilang bahwa di bawah 20 persen ini rendah banget, apalagi kalo dibandingin sama negara tetangga kayak Malaysia dan Singapura yang dana pensiunnya masing-masing mencapai 60% dan 85% dari PDB nominal.
 
Calling all the sandwich generations…

Announcement


Thanks to Levi, Ms Gong Yoo, & Maru for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Think you already drink enough water everyday? Read this and think again.