AS Mengalami Kelangkaan Susu Formula Bayi

129

When there’s no baby formula in sights…

In the US.
Iya ni guys, parah banget deh. Kalo di kita beberapa waktu lalu kondisinya adalah kelangkaan minyak goreng, maka kalo Amerika Serikat saat ini lagi mengalami kelangkaan susu formula buat bayi. Yep, saat ini buibu dan pakbapak di US lagi pusing banget karena susu formula yang udah langka dan hampir nggak ada di berbagai swalayan di Amerika Serikat dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini of course bikin ayah bunda di sana pada panik dong, “Anak w gimana dong nih?”
 
Kok bisa?
Well, Ada banyak faktor yang menyebabkan susu formula jadi langka di AS, guys. Kita bahas satu-satu yah. Pertama, dari efek jangka panjangnya pandemi di mana supply chain dan proses pengiriman bahan-bahan yang dipakai buat bikin sufor jadi berantakan.
 
Go on…
Terus, masih dari efek pandemi, banyak tenaga buruh yang harus di-cut off alias dinonaktifkan biar menekan biaya produksi jadi nggak tinggi-tinggi banget. Otomatis jadi kurang personel dong, thus merembet jugalah ke proses produksi yang melambat. Nah puncaknya, tuh pada saat perusahaan Abbott Nutritions, pabrik sufor terbesar di AS yang punya 20 brand sekaligus, menarik semua produk di berbagai negara bagian setelah ditemukan ada kandungan bakteri berbahaya di sufor bikinan mereka.
 
Whattt? Bakteri apakah itu?
Namanya Cronobacter sakazakii, dan ditemukan pada salah satu brand sufornya Abbott Similac PM 60/40. Penemuan ini berawal dari meninggalnya seorang anak karena ter-expose ke produk sufor tersebut guys. Dari situ, dilakukanlah investigasi oleh The US Food and Drug Administration aka FDA dan menemukan ada bakteri berbahaya yang bisa menyebabkan keracunan, meningitis, bahkan kalau newborn, bisa meninggal karena mengonsumsi sufor tersebut. Karena itulah, Abbott langsung menarik semua produk mereka dari pasaran dan menghentikan dulu produksinya.
 
Geeez…..
Since Abbott ini emang produsen sufor paling gede di AS, dan mereka udah narik semua produk dari pasaran, sedangkan permintaan masyarakat tetap tinggi, makanya, you know the ending… susu formula jadi langka, guys. Adapun kelangkaan paling parah itu adanya di Tennesse, dan kota-kota lain kayak Las Vegas, Houston, Charlotte, di mana rak swalayan yang biasanya diisi susu formula, sekarang jadi kosong melompong. Kalo udah begini tentu yang paling dirugikan adalah konsumen, di mana mereka jadi bingung banget nih gimana cara ngasih susu buat anaknya. Antara beli dari di retailer yang masih nyimpen stok, tapi harganya selangit, atau ya nyari terus sampe dapet. Terus guys, saking langkanya, di LA tuh pembelian sufor dibatasi cuma boleh maksimal 2 box doang.
 
Kayak pernah dengar cerita begini….
Same. Sebenarnya kan bisa aja yah bunda-bunda di sana breastfeeding alias pake ASI. Tapi of course itu nggak bisa berlaku buat semua orang, guys. Ada ibu yang punya kondisi kesehatan terbatas atau supply ASI-nya simply terbatas juga banyak, Jadi yha harapan mereka emang di susu formula deh. Ada satu riset dari CDC yang menunjukkan kalau cuma seperempat bayi yang dikasih ASI eksklusif enam bulan di Amerika, dan 20% bayi udah pakai sufor since two days old.
 
:((
Krisis susu formula di AS ini juga seolah membuka masalah lain yang lebih fundamental di AS, yakni terbatasnya akses buat ibu untuk bisa mem-breastfeed anaknya. Yep, data dari CDC menyebut bahwa keterbatasan perempuan AS buat kasih ASI eksklusif ini sebenarnya juga karena kurangnya resources yang mereka punya di tempat kerja, guys. Kayak ada tempat kerja yang nggak kasih break yang cukup buat para ibu breast-pumping, atau simply nggak ada tempat yang proper buat melakukan hal itu. For the records, AS adalah negara berpenghasilan tinggi satu-satunya di dunia yang ngga menjamin gaji tetap jalan kalau warganya lagi cuti hamil dan melahirkan. This means that new moms di sana eventually diharuskan balik kerja secepat mungkin setelah melahirkan. Karena kalau nggak, nggak dapet gaji dong.
 
Hiks. Balik lagi ke sufor. Terus gimana dong tuh?
Nah luckily, bunda-bunda yang senasib sepenanggungan dan yang sama-sama lagi berjuang memenuhi kebutuhan si kecil pada nggak ignorantguys. Mereka gercep bikin community di Instagram dan Facebook terus sharing kayak, “Eh ada yang punya spare lebih ga? Bagi dong.” Gitu-gitu. Terus yang lain juga ngerespons positif, “Nih aku ada lebih. Mbak posisi di mana? Ambil aja nih, gratis kok.” Karena again, mereka tuh nggak punya banyak pilihan. Nggak mungkin mereka bikin susu sendiri, karena itu bahaya banget.
 
Got it. Did anyone say anything?
Yep. Merespons hal ini, President Biden udah ketemu sama berbagai retailer kayak WalMart, Target, Reckitt, dan Gerber buat membahas kebijakan yang perlu diambil untuk mengakhiri kelangkaan ini. Adapun kebijakan yang dilakukan adalah membasmi mafia-mafia yang jualin sufor dengan harga tinggi, terus juga bakalan import sufor dari Chile, Mexico, Ireland, dan Belanda buat pasokan stok di negaranya.
 
I see. Anything else?
Pihak Abbott Nutrition bilang mereka bakalan segera bounce back dan balikin lagi kepercayaan masyarakat sama produk yang dihasilkannya. Selain itu, Abbott juga udah kerjasama dengan FDA supaya melakukan investigasi dan pemeriksaan supaya bisa mulai memproduksi sufor lagi, jadi soon mereka bakalan masok lagi susu formula buat pasar Amerika Serikat.