AS Kedatangan Stok Susu Formula Dari Eropa

32

What’s showing some progress?

Stok susu formula di Amerika Serikat.
Yes. Akhirnya guys, setelah dibikin pusing banget dengan menghilangnya susu formula dari pasaran, kini para ayah bunda di Amerika Serikat at least bisa menarik napas lega karena kemarin banget nih, Amerika Serikat kedatangan stok susu formula yang diimpor dari Eropa. Dengan adanya stok baru ini, diharapkan bisa sedikit mengurangi krisis sufor yang belakangan ini tengah melanda negeri Paman Sam tersebut.
 
Tell me more.
OK. Jadi baru aja nih, pemerintahannya Joe Biden berhasil mengimpor 35 ton susu formula yang dibawa langsung dari Jerman. Harapannya sih, 35 ton sufor ini bakalan cukup buat masyarakat yang sekarang paling membutuhkan. Makanya dari situ strategi yang digunakan pemerintah tuh dengan distribusiin langsung sufornya ke rumah sakit, dan fasilitas kesehatan yang lain, nggak ke toko-toko. Biar bantuannya tepat sasaran dan nggak ada lagi mafia-mafia yang berkeliaran mainin harga ini sufor.
 
Remind me again. Di sana susu formula lagi langka ya?
Iya, kayak yang pernah kita bahas kemarin bahwa susu formula di AS tuh lagi langka banget karena dipicu berbagai hal. Kayak efek jangka panjang pandemi hingga mengganggu proses produksi, sampai ke penemuan bakteri mematikan di susu pabrikannya Abott Nutrition, produsen sufor paling gede di sana yang bikin mereka harus menarik semua produknya dari pasaran. Nah tapi karena demand masyarakat tetap tinggi, jadilah kelangkaan dan harga sufor yang melambung.
 
Makanya pemerintahnya ngimpor gitu?
Exactly. Sebagai langkah buat mengatasi kelangkaan susu formula, akhirnya beberapa waktu lalu Presiden Joe Biden bilangnya pemerintah Amerika Serikat bakalan ngimpor susunya dari negara lain. Kayak dari negara Amerika Latin seperti Chile dan Meksiko, sampai negara Eropa such as Ireland, Belanda, sampai Jerman. Nah yang kemarin itu adalah shipment pertama mereka yang datang pakai pesawat militer dari Jerman, guysWell, nggak originally dari Jerman sih, asalnya dari Zurich, Swiss, terus diangkut ke Jerman.
 
I see…
Adapun stok sufor ini kemudian mendarat di Indiana dan diterima langsung oleh Menteri Pertanian AS, Tom Vilsack. Dalam kesempatan itu, Vilsack menyebut proses impor ini dilakukan secara spesifik dan khusus, karena sufornya bukan untuk sembarang bayi, tapi untuk bayi dan balita yang alergi sama protein susu sapi. Terus dengan adanya pengiriman ini, diprediksi bakal ada 9 ribu bayi dan 18 ribu balita yang bakal kembali punya stok susu at least sampai seminggu ke depan.
 
Terus bakalan ada susulannya lagi gitu?
Yoi. Jubir Nestle menyebut ada lagi pasokan sufor yang udah siap dan bakal diterbangkan ke AS dalam beberapa hari ke depan. Selain itu, ada juga sufor yang masih dalam pengujian lab dan once itu approved, bakal segera dikirim ke AS juga. Intinya total sufor yang bakalan dikirim ke AS itu setara dengan 1,5 juta dosis kalau dihitung pakai botol ukuran delapan ons.
 
Got it. Did anyone say anything?
Yep. Direktur National Economic Council, Brian Desse mengapresiasi banget langkah pemerintah yang langsung gercep ngimpor susu dari negara lain ini. Dari yang udah datang, Brian bilangnya stok susu itu bisa nge-cover 15% dari total kelangkaan yang sekarang lagi happening di AS. Terus, Brian juga bilangnya bagus banget product-nya Neste itu emang udah paling pas since product itu juga yang paling dibutuhin sama masyarakat saat ini.
 
Anything else I should know?
Fyi since Abbott ini emang perusahaan raksasa yang punya total 20 merek sufor, Brian Desse bilangnya AS tuh butuh lebih banyak pabrik sufor, biar lebih ada kompetisi. Dengan begitu, kalo ada satu pabrik yang bermasalah maka ngga akan mengganggu supply-demand-nya satu negara kayak yang terjadi saat ini. Terus, Abbott juga menjelaskan bahwa pihaknya bakal butuh waktu sekitar dua mingguan buat membuka pabriknya lagi, terus another four weeks until product mereka bisa masuk pasarnya AS lagi.