Arus Balik Mudik 2022

30

Now here we are… on arus balik.

Yoi guys, after arus mudik, terbitlah arus balik alias orang-orang yang udah puas ngerayain Lebaran di kampung halaman dan sekarang ready buat balik kerja lagi di tanah perantauan. Let’s catch you up on that, shall we?

Catch Me Up!
You got it. Kita mulai dari yang jalur darat dulu. Kalau dari jalur darat, Polri udah mengantisipasi kalau bakalan ada 1,9 juta kendaraan yang bakal masuk ke Jabodetabek. Disampaikan oleh perwakilan Humasnya Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, perkiraan 1,9 juta itu didapat dari jumlah kendaraan yang waktu arus mudik kemarin melintas keluar dari Jabodetabek, berarti arus baliknya juga sekitar segituan kurleb.
 
Bakalan macet lagi nggak yah?
Nah soal itu, masih dari keterangannya Brigjen Ahmad, Polri dan pihak-pihak terkait tuh udah menyiapkan tujuh langkah buat mengantisipasi kalau-kalau nanti ada kepadatan di jalan tol. Take notes. Bakalan ada penerapan one way aka jalur satu arah dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai ke Gerbang Tol Cikampek Utama KM 70. Terus, yang mau balik dari Jakarta ke Bandung juga udah disiapin jalur alternatifnya karena bakalan one way juga jalur situ.
 
Lanjut….
Lanjut, masyarakat juga diimbau buat lewat jalur alternatif yang udah disiapin aja instead of nunggu one way selesai, terus rest area juga udah diatur sedemikian rupa biar lebih terorganisir. Selain itu, polisi juga udah mengatur supaya supply bahan bakar dan spareparts mobil lainnya tersedia di pos-pos tertentu biar yang lagi jalan juga aman dan tenang, sampai ke meminimalisr hambatan-hambatan di jalur alternatif biar kapasitas jalannya juga lebih maksimal dan optimal.

I see. Kalau pakai kereta gimana?

Nah, per kemarin, diketahui udah ada 32 ribu orang yang udah sampe di berbagai stasiun di Jakarta, guys. Mulai dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, sampai Jatinegara, Cikampek, Jakarta Kota, bahkan Bekasi. Di arus balik kali ini, PT KAI udah menyiapkan 36 kereta api di Stasiun Gambir, dan 8 kereta api tambahan yang tersebar di Surabaya, Jogja, Solo, Semarang, Malang, dan Bandung. Mengingat volume penumpang yang udah mencapai 76% dari kapasitas kereta.

 
What about planes?
Nah kalau kamu baliknya pakai pesawat, di Bandara Soekarno-Hatta sendiri puncak arusnya tuh diprediksi bakal terjadi di tanggal 7 dan 8 Mei besok, guys. Nah, untuk menghindari penumpukan, Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, mengimbau masyarakat supaya di-adjust jadwal terbangnya. Selain itu, PT AP juga udah kolaborasi langsung sama maskapai penerbangan, nyiapin ground handling, dan nyiapin pengaturan land transportation plus alur keluar masuknya itu para penumpang dari terminal keberangkatan sampai naik pesawat.
 
OK…
Nah guys, seiring dengan mulai padatnya arus balik ini, Dukcapil DKI Jakarta memprediksi bahwa bakal ada 50ribu pendatang baru yang masuk ke ibu kota selama arus balik tahun ini. Meski bakal banyak pendatang, Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta Budi Awaludin bilang bahwa pihak Pemprov DKI ga akan menggelar operasi yustisi buat pendatang baru. Soalnya kan Jakarta buat semua, jadi siapa aja boleh kerja di sini. Gitu guys.
 
Got it. Anything else I should know?
Btw ngomong-ngomong soal puncak arus balik, hal ini sebenarnya juga udah dibahas oleh Pak Presiden Jokowi yang bilang bahwa puncak arus balik tuh emang ada di 6-8 Mei nanti kan. Hence, kalo bisa jadwal baliknya lagi tuh di-adjust, jadi sebelumnya atau sesudahnya aja sekalian, demi menghindari kemacetan.