Arus Balik 2022 Updates

65

Now, your 360 updates on: Arus balik 2022

Here. We. Go.

Buat kamu yang kemarin mudik, posisi sekarang di mana? Udah balik ke perantauan kah? Atau masih enjoy the moment di kampung halaman bareng ibu bapak dan sanak saudara? Well, since everything starts today, why don’t we catch up on orang-orang yang kemarin pada sibuk di jalanan otw balik dari mudik?

 
Yes please.
Leggo. As we all know, pemerintah kita tuh menetapkan Libur Lebaran dan cutinya dimulai dari 29 April sampai 6 Mei kemarin. Meaning, hari ini banget nih, kamu udah harus buka laptop dan mulai beqerja dong. Correct? Nah, karena hari ini udah masuk, berarti weekend kemarin adalah waktunya kamu dan orang lain buat balik dari Mudik nih. Dan sesuai prediksi, kepadatan penumpang terjadi di berbagai jalur baik darat, laut, maupun udara.
 
Tell me.
Jadi menurut Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, per kemarin, udah ada 170 ribu kendaraan yang masuk ke wilayah Jabodetabek dari arah Jawa. And yes, 170 ribu ini adalah record-breaking since Mudik Lebaran 2019 lalu, jumlahnya nggak sebanyak ini. Beda tipis di 166 ribu kendaraan. Selain dari arah Jawa, ada juga yang masuk dari arah Lampung di Pelabuhan Bakeuheni, di mana udah ada 34 ribu kendaraan yang melintas.
 
Padet banget tuh kayaknya…
Emang iya. Disampaikan juga oleh Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur, puncak arus balik Lebaran tuh emang terjadi kemarin, guys. Tepatnya setelah jam 7 malam. Di mana emang ada kepadatan dan kemacetan di jalur tol. Makanya Pak Subakti bilang udah paling bener tunda dulu balik mudiknya sampai dua tiga hari ke depan. Kalau kondisi di jalanan udah mulai lancar, baru deh bisa lanjut jalan balik.
 
T-tapi kasian anak sekolah udah masuk..
Nah soal ini juga. Pemerintah tuh udah aware kan kalau bakal ada kepadatan dan kemacetan seiring puncak arus balik lebaran ini. Nah, dari situ, akhirnya Kemendikbud Ristek koordinasi deh sama pemerintah di tiga provinsi: DKI Jakarta, Jawa Barat, sama Banten buat kasih fleksibilitas dan nambahin waktu libur selama tiga hari. jadinya anak sekolah di tiga provinsi itu masuknya hari Kamis besok di tanggal 12 Mei.
 
Serius???
Iya. Serius. Dari pemerintah provinsi, lalu kan diturunin lagi tuh ke pemerintah di kabupaten/kota. Nah dari kemarin sampai hari ini, pemerintah kabupaten/kota lagi sibuk proses sosialisasi biar bisa diterapkan sebagaimana mestinya. Selain anaknya, ayah bunda yang of course ikut barengan mudik juga disarankan buat work from home aja selama seminggu ke depan. Hal ini disampaikan langsung sama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Kata Pak Kapolri, hal ini penting banget biar kemacetan yang ada di jalan bisa terurai gitu guys, nggak semuanya numpuk di satu atau dua hari cuman karena ngejar kantor yang udah harus masuk.
 
Got it. Terus terus?
Nggak cuma di darat yang rame guys, di udara juga sama. Kemarin, di Bandara Soekarno-Hatta, yang datang aja udah ada 500 penerbangan, yang membawa orang-orang dari berbagai penjuru Indonesia. Spesifiknya, diketahui ada 150 ribu penumpang yang ada di Soetta kemarin. Angka segitu emang udah sesuai sama prediksiannya Kementerian Perhubungan guys, secara kemarin kan emang puncak arus balik yah. Dan Kemenhub bilangnya dari jumlah penumpang yang sebamyak itu, pelayanan di bandara emang sebisa mungkin dimaksimalin, dari pelayanan di counter bagasi misalnya. Terus dari kondisi pesawat, awak kabin, dan pihak-pihak lain.
 
Rame ugha ya.
Eits, belum bahas kereta kita guys. Jadi kemarin, PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) mencatat jumlah keberangkatan kereta jarak jauh itu mengalami peningkatan pada H+4 atau 7 Mei 2022 lalu, dengan penumpang yang mencapai 157.070 orang. Meski begitu, kamu tenang aja guys karena tiket buat balik ke perantauan masih tersedia kok, sejak besok sampe Jumat mendatang.
 
OK. Anything else?
Nah, dari tadi kita bahas yang mudik, yang balik, terus gimana nih buat kamu-kamu tim ga mudik? Well, kamu udah harus siap-siap guys karena most likely, mulai besok jalanan Jakarta bakal udah macet lagi, dan aturan ganjil genap bakal mulai berlaku. Yep, setelah sempat ngga diberlakukan sejak 29 April hingga 6 Mei, maka mulai besok, aturan ini mulai back to normal. Yep, just like your routines…