Arab Saudi Melarang Warganya Bepergian Ke Indonesia

44

Who strikes another travel ban drama?

Arab Saudi.

To us, Indonesians.

Yoi guys. Baru aja nih, pemerintah negara +62 aka kita dibuat, “Hah gimanaaa?” sama Arab Saudi yang Sabtu kemarin menerbitkan larangan warganya buat bepergian ke sejumlah negara, termasuk Indonesia.
 
Whatt??
Iya. Dalam pernyataan resmi yang dirilis oleh Direktorat Jenderal Paspor-nya Arab Saudi yang dikenal sebagai Jawazat, pemerintah Saudi melarang warganya buat traveling ke 16 negara karena kasus Covid-19 yang masih mengkhawatirkan di negara-negara itu. Adapun negara-negara yang masuk dalam daftarnya mereka tuh kayak Lebanon, Turki, Suriah, India, Afghanistan, Vietnam, sampai Indonesia.
 
Indonesia??
Yep, Indonesia masuk dalam daftar 16 negara di mana warga Arab Saudi dilarang buat traveling ke sini. Nah, dari situ, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri langsung contact Arab Saudi dong buat minta penjelasan, “Gimana sih nih akhi? Kenapa Indonesia juga dimasukin dah? Tinjau lagi lah, karena kondisi Covid-19 kita kan udah better,” gitu guys kira-kira.
 
I see…
Disampaikan oleh Jubir Kemlu, Teuku Faizasyah, emang saat ini kondisi Covid-19 di Indonesia tuh udah jauh lebih baik sekarang, bahkan kalau di-compare sama negara Barat sekalipun. Kayak yang sering kita bahas nih gengs, kondisi Covid-19 di Indonesia emang udah jauh ber-pogress jadi lebih baik. Minggu lalu, cuma tercatat 263 kasus baru. Angka ini bahkan ada di bawah Arab Saudi itu sendiri.
 
Emang kondisi di Arab Saudi sendiri gimana?
Dengan periode waktu yang sama which is minggu lalu, Otoritas Kesehatan Arab Saudi mencatat ada 467 kasus Covid-19 baru dengan tiga kematian. Terus balik lagi soal larangan bepergian tadi, jadi setelah di-contact Kemlu, sampai sekarang Pak Faiza bilang pihaknya belum menerima respons apa pun dari Arab Saudi. Jadi, yha ditunggu aja gitu.
 
Tapi bakalan berdampak ke yang Umroh sama Haji nggak?
Nah soal ini, so far sih pemerintah Arab Saudi cuma melarang warga negaranya aja yang berpergian ke 16 negara tadi, guys. Bukan kitanya yang dilarang masuk. That being saidmost likely sih hal ini nggak akan berdampak sama orang yang mau haji sama umroh dari Indonesia yah, tapi keputusannya bakalan ditetapkan segera oleh Pemerintah Arab Saudi.
 
Hopefully not…
Oya, bersamaan dengan pernyataan resmi yang dikeluarkan Jawazat kemarin, pemerintah Arab Saudi juga bikin aturan baru buat warganya yang mau traveling ke negara-negara Arab dan non-Arab. Buat yang mau ke negara Arab, paspornya harus masih berlaku lebih dari tiga bulan, while ke negara non-Arab, paspornya harus masih berlaku lebih dari enam bulan. Terus kalau mau ke luar negeri, masyarakat sana tuh udah harus vaksin sampai booster, termasuk anak-anaknya. Nah kalau anak di bawah 12 tahun, harus punya asuransi Covid-19 selama traveling ke luar negeri.
 
Got it. Anything else I should know?
Fyi ini tuh bukan kali pertama Saudi Arabia menetapkan travel ban ke negara kita, guys. Februari 2021 kemarin, Arab Saudi melarang masyarakat dari 20 negara, kayak AS, India, Mesir, Turki, Italia, sampai Indonesia buat terbang ke Arab Saudi karena ngeliat kondisi Covid-19 yang concerning di 20 negara itu. Nah, ending-nya tuh di November 2021 atau 10 bulan kemudian Arab Saudi mencabut travel ban-nya ke Indonesia sehingga masyarakat +62 jadi bisa umroh deh ke tanah suci itu.