Anak Ridwan Kamil Hilang Terbawa Arus di Sungai Aare Swiss, Penembakan Massal di AS, Formula E Akan Digelar 4 Juni 2022 di Ancol Jakarta, Populasi Badak Bercula Satu Capai Level Tertinggi Sejak 1980

49

Good morning
Hello you. It’s another week again and can you believe we’re halfway into 2022? Crazy how time flies, right? We hope these past six months have been great for you, and may you’re getting closer and closer to your goals. Now, let’s catch up!

Who’s everyone worrying about over the weekend…

On aa Eril ūüôĀ
Yes, kamu tentunya udah tahu bahwa over the weekend kemarin, masyarakat Indonesia dibikin bertanya-tanya soal keberadaan Eril, anaknya Gubernur Jawa Barat Kang Ridwan Kamil yang dinyatakan hilang. Eril terbawa arus ketika berenang di Sungai Aare yang terletak di Bern, Swiss.
 
Wait, who is Eril anyway?
Nama lengkapnya Emmeril Khan Mumtadz, dan biasa dipanggil Eril. Jadi Eril ini adalah anak pertamanya Kang Ridwan Kamil yang baru aja lulus dari Teknik Mesin ITB. Pas kejadian, Eril lagi melakukan kunjungan ke Swiss dalam rangka mencari sekolah buat pendidikan masternya dengan ditemani keluarga dan kawannya. Nah, kejadian hilangnya Eril kemudian terjadi itu di Hari Kamis tanggal 26 Mei kemarin, ketika Eril bersama adik dan teman-temannya lagi berenang di Sungai Aare.
 
What happened waktu mereka berenang?
Beliau terseret arus. Adapun menurut pamannya Eril, Elpi Nazmuzzaman, pada saat kejadian Eril disebut berupaya memastikan dulu perenang lainnya selamat sampai ke daratan. Meanwhile, Eril sendiri mengambil posisi paling belakang karena ingin memastikan semua pada posisi yang safe. Kang Elpi juga bilang bahwa Eril punya lisensi untuk menyelam, dan sebelum berenang di Sungai Aare, Eril juga udah melakukan survei lokasi yang aman untuk berenang, terus juga udah mempersiapkan fisik dan mental. Namun, waktu itu memang terdapat arus yang enggak bisa dikendalikan.
 
ūüôĀ
Ketika Eril terseret arus, warga sekitar juga mendengar teriakan, ‚ÄúHelp, help!‚ÄĚ dan rombongan yang sudah di darat juga kemudian mencoba menolong, namun tidak berhasil. Selanjutnya, warga kemudian melapor ke polisi air yang berjaga. Namun, sayangnya tidak lama kemudian, Eril dinyatakan hilang. Hilangnya Eril ini juga langsung dilaporkan ke KBRI Swiss di Bern dan pihak KBRI juga langsung bergerak ke lokasi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak, mulai dari polisi, UGD, dan hotel tempat mereka menginap.
 
Go on…
Selanjutnya, proses pencarian pun dilakukan polisi setelah membentuk Tim SAR berjumlah 20 orang yang terdiri dari polisi sungai, pemadam kebakaran, dan ambulans. Pak Ridwan Kamil juga tak lama kemudian sampai di Bern setelah sebelumnya menjalankan tugas pemprov di Inggris. Didampingi pihak KBRI, Kang Emil kemudian mendapat informasi terkait topografi sungai, dan masukan titik lokasi kemungkinan hanyutnya Eril.
 
Now tell me about the proses pencarian…
Sure. Jadi, proses pencarian langsung dilakukan tak lama setelah kejadian dengan menggunakan drone yang dilengkapi dengan sensor pendeteksi tubuh aka drone thermal. Selanjutnya, pihak berwajib juga menyusuri Sungai Aare sampai mencakup 17 km dengan menggunakan perahu. Skala pencarian terus diperluas, dan digunakan juga metode penyelaman.
 
Ada kendala ga dalam pencariannya?
Ada. kendalanya di antaranya adalah kondisi air sungai yang dingin, yakni bersuhu 16 derajat Celsius, dan warna air yang keruh karena tercampur dengan salju yang meleleh. Karenanya, otoritas setempat juga terus mencoba berbagai cara dan menyiapkan berbagai metode untuk memperlancar proses pencarian. Terkait hal ini, Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad menyebut bahwa pihaknya bakal komunikasi terus sama polisi setempat supaya selalu mendapat update informasi yang aktual dan gimana caranya proses pencarian Eril bisa maksimal.
 
Any updates for now?
Sampai sekarang, Eril masih belum ditemukan. Kemarin, Tim SAR masih berusaha mencari Eril dan berfokus di area pintu air Schwellenmaetelli dan Engehalde (which terakhir kali Eril keliatan di situ). Pencarian juga dilakukan dengan menggunakan perahu dan sensor yang bisa men-detect sampai kedalaman 3 km. Terus, Pak Muliaman juga menjelaskan bahwa waktu-waktu critical dari kejadian seperti ini tuh ada di 3 hari pertama, karena banyak korban hanyut yang ditemukan di 3 hari pertama itu. Tapi berdasarkan pengalaman polisi air yang udah bertahun-tahun jagain Sungai Aare, 99.9% korban bakal ditemukan dalam waktu 3 minggu.
 
I believe Kang Emil has a say…
Dalam keterangan tertulis, Kang Emil dan Bu Atalia meminta doa kepada segenap masyarakat supaya anak mereka bisa ditemukan dalam keadaan baik dan selamat.  Terus, mereka juga bilang terima kasih atas perhatian dan dukungan doa dari seluruh masyarakat katanya. Lebih jauh, Kang Emil juga udah ngajuin cuti for seven more days buat tetap stay di Swiss dan memantau langsung upaya proses pencarian anaknya. In the mean time, urusan kepemimpinan di Jawa Barat bakalan diwakilkan ke Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum.
 
Got it. Anything else I should know?
Well well well people, we need to talk about this. Fyi, setiap tahunnya ada 15-20 kasus orang hilang di Sungai Aare. Nah Waktu kabar Eril hilang hanyut kebawa arus di Sungai Aare,¬†review¬†Google di Sungai Aare langsung dibanjiri oleh netizen Indonesia, yang¬†review-nya¬†lumayan bikin gagal paham. Misalnya, ada komen, ‚ÄúSungainya cantik dan bersih tapi sayangnya ada penunggunya lagi minta tumbal (???) atau ‚ÄúSemoga dukun di Swiss bisa ikut membantu dalam pencarian.”

Now to another tragic news…

In Uvalde, Texas. 
Again and again,¬†kejadian penembakan massal terjadi untuk yang kesekian kalinya di Amerika Serikat. Kali ini, penembakan terjadi di Robb Elementary School¬†di Uvalde, Texas dengan jumlah korban sebanyak 21 orang ūüôĀ
 
ūüôĀ Tell me everything.¬†
OK. Jadi kejadiannya adalah pada Selasa minggu lalu, di mana pelaku yang bernama Salvador Ramos datang ke sekolah tersebut untuk melakukan penembakan, setelah sebelumnya dia juga menembak mati neneknya. Adapun Ramos ini masih berusia 18 tahun. Nah, setelah menembak neneknya, Ramos kemudian mengirim chat ke seorang cewek di Jerman yang dia kenal lewat dating apps bahwa dia baru aja menembak neneknya di kepala dan lagi otw ke sebuah sekolah dasar untuk menembak juga. Later did we know, sekolah dasar yang dimaksud adalah Robb Elementary, di mana ada 535 siswa yang mayoritasnya economically disadvantaged dan beretnis hispanik.
 
Oh noooo ūüôĀ
Yep.¬†Terus sebelum masuk ke area sekolah, Ramos yang udah siap sama senapannya ini kemudian menembakkan pelurunya ke dua orang saksi mata yang ada di sekitar situ, dan keduanya berhasil lolos. Pelaku kemudian masuk ke kompleks sekolah dan mulai¬†melakukan penembakan secara membabibuta dengan total jumlah peluru yang ditembakkan mencapai 100 butir. Ga lama kemudian polisi berdatangan untuk melakukan penangkapan dan evakuasi. Namun ya itu tadi, 21 nyawa udah keburu melayang ūüôĀ
 
Terus pelakunya?
Pelakunya si Ramos tadi akhirnya ditembak mati oleh jajaran kepolisian yang buru-buru datang ke lokasi. Lewat penyelidikan lebih lanjut, diketahui bahwa si Ramos ini beli senjata api secara legal ga lama setelah ulang tahunnya yang ke-18. Ramos juga diketahui sebagai pribadi yang menakutkan, penyendiri, dan pernah di-bully abis-abisan juga di sekolah.
 
Now about the victims…
Adapun dari para siswa yang meninggal, mayoritas masih kelas 4 SD, dengan usia 10 sampai 11 tahun. Hal ini tentunya membuat keluarga korban sangat sedih dan trauma, secara sebentar lagi summer vacation, dan tentunya udah banyak keluarga yang bikin rencana mau liburan ke mana. Selain itu, insiden ini juga memunculkan lagi perdebatan klasik soal senjata api di mana harusnya ada regulasi yang lebih ketat atas kepemilikan senjata oleh masyarakat awam, mengingat seringnya mass shooting seperti ini terjadi di Amerika Serikat.
 
So, anything changed?
Well, setelah adanya insiden ini, sekolah-sekolah seantero AS langsung fasten the seatbelt. Mereka langsung menambah personel buat mengamankan sekolah, terus dilakukan pembatasan visitor demi menghindari terulangnya kejadian yang sama. Ga cuma di sekolah, namun kampus-kampus juga banyak yang meningkatkan patroli polisinya demi menjaga kondusifitas dan keamanan.
 
I see. Did anyone say anything?
Yep, merespons insiden ini, Presiden AS Joe Biden menyampaikan keterangan bahwa dirinya bakal melakukan kunjungan ke Uvalde dalam waktu dekat. Lebih jauh, Biden juga bilang bahwa remaja usia 18 tahun bisa punya senjata senapan sendiri tuh nggak make sense. Untuk itu, dia bakal mengajukan proposal ke Kongres buat memperkuat regulasi check identity background biar memperkuat peraturan pembelian senjata api, alkohol, tembakau, dan bahan peledak.
 
Got it. Anything else?
Fyi penembakan di Uvalde ini adalah penembakan di sekolah paling mematikan setelah sebelumnya aksi penembakan massal juga terjadi pada tahun 2012 lalu. Penembakannya terjadi di Sandy Hook Elementary School, di Newtown, Connecticut dan memakan korban jiwa sebanyak 20 siswa dan 6 pegawai sekolah. Pelakunya sendiri bunuh diri sesaat setelah penembakan itu.

When you’ve been excited about Formula E…

It is counting the days banget, people!
Yess. Nggak kerasa yah, after rains and storms and also sunnies, event balapan kelas dunia Formula E bakalan digelar 4 Juni minggu depan di Ancol, Jakarta Utara. Segala persiapan juga udah hampir beres. Sirkuit hampir ready, mobil balapan udah pada dateng, dan tiket pun udah hampir ludes des des.
 
Wohooo tell me. 
Sure.  Jadi kan udah H-6 nih yah, 22 pembalap dari 11 tim kayak Nick Cassidy, Jake Danise, Oliver Turvey dll bareng sama rombongan FIA bakalan landing di Jakarta besok, guys. Event Director Formula E, Gemma Roura Serra bilangnya abis mereka landing besok, dan mulai ngeliat-liat sampai sebelum Jumat udah masuk penetapan Homologasinya.
 
I’m not into balapan things. What is homologasi?
It’s okay, let us tell you. Homologasi itu proses penilaian semua aspek balap dan make sure balapan yang bakal berlangsung tuh aman, guys. Nah, kan kita tuan rumah nih buat both yang kemarin MotoGP Mandalika sampai sekarang Formula E. Nah, sirkuit yang kita bangun itu bakalan di-examine sama FIA, mulai dari bentuk desain, ukuran, jumlah tikungan, kualitas aspal, pembatas, dll. Ini yang sekarang lagi di-handle di Formula E Jakarta, guys.
 
Cool. Now tell me more about this Formula E thing…
Jadi, Formula E ini adalah ajang balapan internasional di mana mobil balapannya itu listrik semua gengs. Tujuannya ya ngga lain ngga bukan adalah untuk memperkenalkan sumber energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan. Secara, dengan parahnya global warming saat ini, udah ngga mungkin lha ya kita bergantung sama fossil fuel. Nah kata Ketua Panitia Formula E Ahmad Sahroni, ajang ini juga bakal jadi momentum untuk sosialisasi mobil listrik di Indonesia.
 
Interesting…
Nah selain terkait lingkungan, Sahroni juga bilang bahwa Formula E ini diyakini bakal membawa efek kebangkitan ekonomi yang positif banget buat ibu kota Jakarta, secara ekonomi kita nih baru diterjang pandemi kan. Bang Roni bilang, dampak ekonomi dari ajang internasional ini bisa senilai Rp 1,4 triliun buat Indonesia. Meanwhile, masih kata Bang Roni, penyelenggaraan Formula E-nya itu sendiri menghabiskan biaya sekitar Rp 120-130 miliar.
 
Emang sirkuit kita udah ready?
So far sih udah ready 90%, guys. Dan ini tuh wajar banget, sama kayak kalo negara-negara lain yang ngadain event balapan termasuk Formula E ini. Gemma juga bilang bahwa progresnya selama ini lancar-lancar aja, sampai ntar di H-2 sirkuit dan segala kelengkapannya baru bakalan ready 100%. Nah, sambil beresin sirkuit, pihak panitia Formula E juga nyiapin berbagai skenario dan cara-cara buat men-tackle kemungkinan yang bakal terjadi selama acara, termasuk cuaca.
 
Kalo soal cuaca gimana?
Tentunya bakal dimitigasi dong. Kata Principle HSE Consultant Formula E Operation Richard Bates, pihaknya udah menggandeng BMKG untuk memantau terus cuacanya pada Hari H nanti. Selain itu, pihak panitia juga udah punya berbagai upaya antisipasi kalo cuacanya ekstrim, dan bakal kurleb sama kayak waktu itu MotoGP di Mandalika gengs.
 
Sounds good. Anything else I should know?
Btw buat kalian yang mau nonton Formula E LIVE, yang bisa kamu lakukan adalah beli tiketnya as soon as possible karena tiketnya tuh udah kejual sebanyak 22 ribu di berbagai kelas, mulai dari VVIP, VIP, Circuit Festival, dan Grand Stand. Nah, yang kesisa cuma di kelas Ancol Festival which is yang harganya paling rendah senilai Rp250 ribu, dan diprediksi bakalan ludes juga di Hari H acara besok.

When you need some good, heartwarming news to start your Monday…

The population of one-horned Rhino is increasing.
Yeay! Seneng ya guys, jadi baru aja nih, dikonfirmasi oleh International Rhino Foundation yang merupakan NGO untuk kelestarian badak asal Texas bahwa populasi badak bercula satu di dunia pada saat ini udah mencapai level tertingginya sejak tahun 1980. Yuhuuu jadi menurut lembaga ini, disebutkan bahwa sekarang udah ada total 4.014 ekor badak bercula satu yang tersebar antara India dan Nepal. Nah, 70% dari badaknya tinggal di Provinsi Assam, India. Jadi dalam sensus terbarunya, diketahui jumlah badak bercula satu di sana bertambah hingga 274 ekor. Ga cuma di India, di Nepal juga jumlah badak bercula satunya bertambah sampai 100 ekor antara tahun 2015 sampai 2021.
 
Nah kepo ga guys, kok bisa populasi badak bercula satunya bertambah banyak gini? Ternyata, hal ini disebabkan oleh lockdown yang terjadi sepanjang pandemi Covid-19, yang bikin banyak area hutan lindung ditutup buat masyarakat umum, dan bikin pada badak makin bebas untuk berkembang biak. Selain itu, International Rhino Foundation juga memuji kerja keras pemerintah India dan Nepal dalam melindungi populasi Rhino ini, dengan memberlakukan perlindungan yang ketat terhadap habitatnya.
 
Yuk, bisa yuk Indonesia juga yukkk…

“Kaget melihat gaji dan tunjangan.”

Gitu guys kata Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pertama pas menjelaskan soal ratusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dilaporkan mundur dari jabatannya. Nah guys, kata Pak Satya, salah satu alasan para CPNS ini mundur adalah karena kaget ajasi ngeliat jumlah gaji dan tunjangan mereka. Pak Satya juga bilang bahwa kebanyakan dari para CPNS ini engga nyangka kalo gajinya kecil, makanya mereka memutuskan untuk mengundurkan diri.
 
When you check your payroll after pajak…

Announcement


Thanks to Ny Min Yoongi for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi?¬†Here, here…just click¬†here.¬†¬†Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support¬†kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan.¬†Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

If you want to channel your anger into power, read this.