Aksi Protes Nasional Anti Pemerintah Iran

74

Now, here’s your updates on: Protest in Iran

Yoi guys. Parah banget deh. Jadi dalam beberapa hari terakhir, kondisi Iran tuh lagi chaos banget karena terjadinya aksi protes berskala nasional yang dilakukan oleh ribuan massa yang anti pemerintah. Saking parahnya, pemerintah sampe harus memutus akses internet warganya.
 
Hold on. I need some background.
Sure. Jadi huru-hara ini dimulai dari awal Mei lalu. Di mana Presiden Iran yang baru kepilih yakni Ebrahim Raisi memutuskan buat nge-cut berbagai dana subsidi pangan, khususnya buat tepung dan gandum. Menurut pemerintah sih pencabutan subsidi ini penting banget karena emang ya gimana saat ini tuh dua negara pengekspor gandum, jagung dan minyak terbesar di dunia yakni Rusia dan Ukraina lagi perang. Belum lagi India yang menghentikan dulu ekspor gandumnya. Makanya karena terjadi kelangkaan barang, harga naik, jadi gakuat lagi deh subsidi-subsidian.
 
OMG itu aja alasannya?
Engga juga. Masih menurut pemerintah, subsidi juga perlu dicabut karena banyaknya calo aka mafia yang beli gandum bersubsidi harga murah, terus diselundupkan ke luar negeri dan dijual lagi dalam harga mahal. Malesin banget kan kayak gini. Iya, kayak yang terjadi di negara Wakanda. Makanya pemerintah Iran memutuskan supaya subsidinya, “Maap ga dikasi dulu…”
 
Terus efeknya apa?
Efeknyaaa harga makanan pokok jadi melambung tinggi, bahkan untuk bahan-bahan pangan yang basisnya tepung, harganya naik sampai 300%. Terus sama kayak Indonesia, harga minyak goreng juga naik. Susu juga. Karena inilah, warga banyak yang akhirnya turun ke jalan untuk memprotes kebijakan pencabutan subsidi tadi.
 
I see…
Kamu perlu tahu guys bahwa protesnya tuh terjadi gede-gedean banget dari kota besar sampe daerah terpencil. Adapun warga yang protes juga berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari guru, pegawai sipil, sampai supir. Protesnya pun menyebar mulai dari ibukotanya di Teheran, sampai puluhan kota lainnya, termasuk kota-kota kecil kayak Khuzestan, dan kota-kota lain. Pokoknya protes dari masyarakat ini masif banget, guys.
 
Terus reaksi pemerintah gimana dong tuh?
Untuk mengamankan aksi protes ini, tentunya pemerintah menurunkan polisi ya guys. Dan so far sih disebut bahwa udah ada lima orang yang tewas karena protes ini. Lebih jauh, pemerintah juga menyesalkan munculnya slogan yang anti-pemerintah karena awalnya protesnya soal ekonomi aja kan, tapi jadi ke mana-mana. Terus, pemerintahan setempat juga bilangnya protes yang berbuntut kerusuhan itu udah nggak kondusif karena dipicu sama provokasi musuh-musuh asing, dan berbagai hoaks yang tersebar di media sosial.
 
OK. Anything else?
Salah satu jenis makanan yang dikeluhkan banget kenaikan harganya adalah pasta. Yep, hal ini karena pasta bisa dibilang makanan pokok buat warga Iran, apalagi karena harga beras juga naik, guys. Hal ini juga bikin pasta jadi langka di pasaran, sampe-sampe netijen Iran bikin hashtag #Pastagate di sosial media untuk memprotes kondisi ini.