9 Mei Diperingati Hari Kemenangan Rusia

20

Now, here’s everything you need to know about: The Victory Day

Yep, we’re talking about Russian Victory Day.
So, hi guys. Did you know kalau 9 Mei itu adalah hari bersejarah yang penting buat orang-orang Rusia? Yep, jadi tiap tanggal itu tuh, Red Square yang terletak di Moskow biasanya dipenuhi oleh parade dan military showcase yang dilakukan oleh tentara militer Rusia. Yep, event ini bisa dibilang sebagai ajang pamer kekuatan militer Rusia gitu guys, and this year, things might be a liiiittle different. 
 
Hold on. I need some background.
OK. Let’s go back to the history in World War II. Jadi pada perang dunia kedua itu, kan emang tentara Nazi Jerman di bawah Adolf Hitler ambi banget pengen mengusai seluruh Eropa dengan menyerang sana-sini (dimulai dengan menginvasi Polandia di tahun 1939, terus lanjut ke negara-negara lain di sekitarnya). Nah, fast forward to 1941, tentara Nazi masih lanjut hingga menginvasi Uni Soviet. Makanya majulah mereka menuju berbagai kota di Uni Soviet. Dengan segala daya dan upaya, Red Army di bawah Joseph Stalin melawan mati-matian untuk membendung invasi Nazi dan berhasil membalik keadaan pada 1943, hingga Nazi German menyerah pada tahun 1945. Nah, 8 Mei 1945 setelah tengah malam atau 9 Mei 1945 waktu Moskwa itu adalah hari di mana tentara Nazi secara resmi menandatangani kapitulasi menyerah dan berakhirnya Perang Dunia II di Eropa. Hence the name.
 
Whoaaa…
Nah tapi namanya perang, Red Army ini ngga dengan mudah guys mengusir tentara Nazi. In fact, Uni Soviet jadi negara dengan jumlah korban meninggal di Perang Dunia II terbanyak, yakni mencapai 27juta jiwa. Nah, makanya momentum ini jadi personal banget buat masyarakat Rusia, karena selain parade militer, banyak dari keluarga korban yang berkumpul di Red Square, Moscow, sambil bawa foto kerabat dan keluarga mereka yang gugur di Perang Dunia II lalu. Makanya 9 Mei juga jadi hari libur nasional di Rusia, guys.
 
I see…
Terus, since namanya aja Victory Day atau Hari Kemenangan, maka yang dilakukan dalam perayaan ini biasanya adalah parade, seneng-seneng, dan upacara militer. Spesifiknya, Victory Day biasanya melibatkan 14 ribu pasukan tentara dan puluhan kendaraan perang, termasuk 90 pesawat tempurnya.  Sekalian flexing-flexing dikit lhaa: ni w punya senjata canggih dan banyak banget niii gitu.
 
Tahun ini juga gitu? 
Nah agak beda ni guys, tahun ini secara Rusia lagi melakukan invasi ke Ukraina, maka banyak banget masyarakat dunia yang khawatir kalo pada momentum ini, Putin bakal mengumumkan full-blown war ke Ukraina. Secara momentumnya pas banget kan soal patriotism-patriotism gitu. Makanya, salah satu momentum yang paling ditunggu-tunggu masyarakat adalah pidato dari Presiden Vladimir Putin himself.
 
Terus apa katanya?
Well, for starter, Putin nggak ngomong kalau dia mau melancarkan perangnya, kok. But still, dalam pidatonya, Putin menyebut bahwa apa yang dia lakukan di Ukraina itu emang untuk melindungi negaranya dari ancaman yang dibawa oleh negara-negara Barat. Putin juga meng-highlight bahwa invasi yang dilakukan oleh tentaranya itu adalah pre-emptive strike, yang terpaksa dilakukan karena emang makin lama, gerakan negara-negara Barat makin mengancam wilayahnya, dan sebagai negara yang berdaulat, ya dia tentu berupaya untuk mempertahankan teritorinya donk.
 
WOW.
Terus guys, Putin juga bilang pasca Uni Soviet kolaps, Amerika Serikat nih usaha banget menunjukkan pengaruhnya ke seluruh dunia, supaya negara-negara itu nurut sama AS. However, Putin bilang bahwa Rusia tuh beda. Mereka ngga akan nurut-nurut aja dan bakal terus memperjuangkan dan mempertahankan values dan kepercayaan yang mereka miliki sejak lama. Putin juga bilang negara-negara Barat nih punya Russophobia, aka ketakutan yang berlebihan terhadap Rusia.
 
OKAnything else I should know?
Btw meskipun nggak secara terang-terangan mau men-declare perang ke Ukraina di Victory Day kemarin, masyarakat Dunia tetap harus waspada nih guys, since kekhawatiran terhadap Rusia yang lagi prepare melancarkan serangan udara dan rudal jarak jauhnya dalam waktu dekat ini. Secara dalam invasinya kemarin, Kyiv, Ibukota Ukraina masih belum bisa mereka taklukan kan. Makanya mereka ambi banget buat balik ke situ dan do the assignment.