Upaya Damai PBB Atas Invasi Rusia Ke Ukraina

29

Who’s hoping to make some progress?

The UN
On Russia-Ukraine crisis. Iya nih guys, invasi berkepanjangan yang dilakukan Rusia atas Ukraina selama dua bulan ke belakang ini emang bikin warga dunia jadi restless. Kayak, “Buset dah Covid-19 aja belum kelar kok udah ada perang ae…”. Makanya, 1001 cara dilakukan masyarakat global untuk segera menyudahi invasi ini, dan yang terbaru nih, upayanya dilakukan PBB aka Perserikatan Bangsa-Bangsa…
 
Upaya apatu?
Upaya damai guys. Jadi kemarin banget, Sekjen PBB Antonio Guterres langsung turun tangan visit ke dua negara yang lagi berkonflik itu. Jadi baru aja nih, big boss PBB tersebut nyampe ke Ukraina setelah sebelumnya berkunjung ke Rusia dan meeting langsung sama Presiden Rusia, Vladimir Putin. Tapi sebelum itu, dia udah ketemu duluan sama Menlu Sergei Lavrov.
 
Ngomongin apa aja Guterrez sama Putin?
Well, key highlight-nya of course soal konflik Rusia Ukraina yang udah menelan banyak korban. Dalam meetingnya itu, Pak Antonio juga made it clear ke Putin bahwa yang dilakukan Rusia itu invasi loh, dan dia ready menyiapkan berbagai bantuan untuk mengevakuasi dan menghindari jatuhnya korban dari warga sipil. Selain itu, Pak Sekjen PBB juga mendorong ke Rusia supaya buru-buru melakukan gencatan senjata as soon as possible. Dalam pembicaraan itu, juga dibahas blak-blakan kalau Rusia tuh udah salah atas tindakannya menginvasi wilayah Ukraina, dan udah melanggar Piagam PBB. Makanya buruan damai biar seluruh masyarakat Ukraina, masyarakat Rusia, dan di seluruh dunia secara umum nggak sengsara lagi.
 
Okay…
Nah terkait dugaan banyaknya warga sipil yang terbunuh dan dievakuasi, PBB juga menegaskan bahwa Rusia dan Ukraina tuh butuh banget yang namanya humanitarian corridor aka koridor kemanusiaan buat memudahkan warga yang lagi dalam proses evakuasi. PBB juga menegaskan komitmennya untuk membantu memobilisasi human resources dan keperluan logistik lain for the sake of orang-orang yang nyawanya terancam di sana. Selain itu, PBB bakalan minta support dari Palang Merah Internasional juga katanya.
 
Terus respons Rusia gimana?
Disampaikan oleh Pak Sergei, Rusia pada prinsipnya fine-fine aja kalau PBB sama Palang Merah Internasional mau bantu. Terlebih buat evakuasi masyarakat di Mariupol di mana banyak banget memakan korban kan di situ. Terus, diketahui juga bahwa dalam meeting tersebut, Putin bilang ke Guterrez bahwa dia masih berharap gencatan senjata bisa terwujud melalui pembahasan diplomatik.
 
I see. Anything else I should know?
Setelah ketemu Putin, Pak Antonio dan rombongan PBB juga datang ke Ukraina dan ketemu langsung sama Presiden Volodymyr Zelenskyy. Terus, diketahui beberapa negara juga udah mengirimkan bala bantuan buat membantu pertahanannya Ukraina. Kayak Jerman yang ngirimin tank-tank anti pesawat, terus Perancis juga ngirimin meriam Caesar dengan jangkauan radius 40 km, dan Inggris yang ngirimin rudal anti-udara sama tank juga. Kiriman-kiriman ini seolah balikin kebijakan negara-negara itu dalam merespon perang, guys. Khususnya Jerman yang dari awal udah hati-hati banget menyatakan dukungannya ke Ukraina.