THR ASN Cair Mulai Tanggal 22 April

64

When you’ve been waiting for THR so bad this year….

It’s on the way, guys.  
Or even arrived? THR kamu udah cair belum ni? Well, kalo kamu part of Aparatur Sipil Negara aka PNS, sabar aja gengs, karena most likely THR kamu bakal bisa cair start from tanggal 22 nanti, dengan jumlah yang lebih besar dari tahun lalu.

 

Whoa tell me. 
Sure. Jadi minggu lalu, Presiden Jokowi udah confirmed bahwa THR Idul Fitri di tahun ini buat para PNS di pusat, daerah, TNI, Polri, sampai pensiunan tuh pasti bakalan cair. Secara PP aka peraturan pemerintah terkait pemberian THR ini juga udah ditandatangani langsung oleh beliau per tanggal 14 kemarin. Jadi udah fix tinggal nunggu cair aja guys. Nah pertanyaannya adalah, ini udah minggu kedua puasa kok belum ada tanda-tandanya yhaa…

 

Iya, hiks. 
Well, same here. Tapi tenang aja guys karena Menteri Keuangan Bu Sri Mulyani bilangnya THR Idul Fitri bakalan mulai disalurkan di H-10 Lebaran aka start from tanggal 22 April nanti. Bu Ani menyebut, penetapan dana THR tuh udah disesuaikan dengan kemampuan anggaran negara in the middle of keadaan dunia yang lagi susah gara-gara lonjakan harga bahan pokok. Tapi yha tetep, negara bakal ngasih hak pegawainya biar bantu-bantu kebutuhan lebaran.

 

Spill dong berapaan si dapatnya
Nah soal itu. Dari keterangan Bu Ani, THR tahun ini tuh meliputi satu bulan gaji pokok atau pensiunan pokok, guys. Ditambah berbagai tunjangan yang melekat di gaji atau pensiunan pokok itu. Mulai dari tunjangan keluarga, tunjangan pangan, sampai ke tunjangan jabatan struktural atau fungsional. Nggak sampai di situ, tahun ini, ada juga tambahan 50% buat tunjangan kinerja aka tukinThat being said, THR tahun ini tuh jumlahnya most likely bakal lebih besar dari tahun lalu.

 

Wihiiii
Nah terus, Bu Ani sih bilangnya tambahan tunjangan kinerja 50% itu berlaku buat PNS yang kerjanya di pusat. Nah, kalau di daerah, tukin yang bisa dikasih tuh maksimal 50%, jadinya yha bisa aja kurang dari itu. Terus, pencairannya juga harus based on kemampuan kapasitas fiskal masing-masing daerah yang aturannya udah jelas ada di Undang-Undang. Adapun anggaran yang udah disiapkan sebesar Rp10.3 triliun buat PNS pusat, Rp15 triliun buat PNS daerah dan Rp9 Triliun buat pensiunan yang asal dananya dari APBN, APBD, dan dari pos di Bendahara Umum Negara aka BUN.

 

I see. Anything else I should know?
Fyi karena aturan urusan THR ini udah ditetapkan sebagai peraturan pemerintah yang ditandatangani langsung sama Presiden, meaning pencairannya harus tetap dilakukan no matter what. Terus, kalau udah lebaran tapi THR tetap belum keluar gara-gara masalah teknis, kementerian atau lembaga wajib mencairkannya abis lebaran, gengs. Jadi nggak ada alasan buat kamu nggak dapat THR tahun ini. Again yah, kalo kamu abdi negara. Xixixixi