Presiden Ukraina : Dewan Keamanan PBB Sudah Gagal Menjalankan Tugasnya

89

Who’s making a strong call?

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy.
Yoi guys. Masih dari kelanjutan penemuan mass grave dan mayat-mayat yang bergelimpangan di Bucha, Ukraina, akhirnya hari Selasa kemarin, Pak Zelenskyy yang udah kzl banget speak up ke Dewan Keamanan PBB. In his words: “Buruan ambil tindakan ni atas pembantaian di Ukraina, atau bubar aje lo.”
 
Hah kok bisa?
Jadi statement ini tuh merupakan buntut dari agresi berkepanjangan yang dilakukan Rusia ke Ukraina. Baru aja minggu lalu, viral berbagai footage tentang bekas-bekas kesadisan Rusia yang di antaranya berisi penemuan kuburan massal para korban masyarakat sipil Ukraina di Kota Bucha, yang sebelumnya diduduki Rusia. Jadi setelah mereka pada cabs over the weekend kemarin, warga Ukraina masuk kembali ke kota itu dan menemukan banyak jasad bergelimpangan di jalan. Terus juga infrastruktur pada ancur dan banyak pihak yang menyebut ini adalah kejahatan perang.
 
Terus….
Nah terus minggu lalu, dalam Sidang PBB, Zelenskyy akhirnya menyampaikan ke Dewan Keamanan PBB bahwa DK PBB tuh udah gagal menjalankan tugasnya. Karena kan obviously tujuan awal PBB dibentuk adalah untuk mewujudkan perdamaian dunia dan menghindari terjadinya perang, tapi justru kini malah terjadi agresi terhadap Ukraina. Jadi buat apaan dong ada Dewan Keamanan PBB? Kalo ga buru-buru bertindak mending bubar aje. Gitu katanya.
 
Lanjut…
Dalam pidatonya, Zelenskyy juga bilang kalau nggak ada satu kejahatan pun yang nggak dilakukan sama Rusia di Ukraina. Beliau juga menyebut bahwa Rusia emang sengaja membunuh siapa pun yang lewat dan lagi berjuang untuk membela negaranya. Tapi ya itu, dalam melakukan pembantaiannya, tentara Rusia ngga pandang bulu. Mau anak-anak, orang dewasa, perempuan, semuanya mengalami berbagai penyiksaan sebelum akhirnya dibunuh terus dibuang ke sumur atau dibiarin gitu aja bergelimpangan di jalanan.
 
Terus dari PBB ada tanggapan nggak?
PBB juga shock sama gambar-gambar yang mereka liat di Bucha itu, guys. Dalam keterangannya, jubir OHCHR, bagian PBB yang ngurusin human rights, Liz Throssel bilang bahwa pihaknya sekarang lagi berusaha buat terbang dan melakukan kunjungan ke Bucha buat liat langsung gimana keadaan di sana. Karena agak rancu juga guys kalau ngomongin war crimes, orang-orang yang ditembak, dan mayat yang bergelimpangan tapi ini dalam konteks militer. Makanya perlu observasi dan penyelidikan lebih jauh.
 
I see. Anything else?
While Rusia sampai sekarang masih ngelak dan deny bahwa itu bukan perbuatan mereka dan segala foto yang beredar itu adalah hoax. Presiden Zelenskyy udah tegas bahwa dia bakal bawa kasus ini ke pengadilan. Sama kayak yang terjadi pasca World War II waktu Kelompok Nazi juga diadili di Pengadilan Nuremberg.