Presiden Mengumumkan Larangan Ekspor CPO, Sri Lanka Mengalami Kelangkaan Kebutuhan Pokok, Pemerintah Buat Rekayasa & Skenario Tata Cara Mudik Saat Pandemi, Prince Louis Rayakan Ulang Tahun Ke-4

34

Good morning

We know, we know, you’re not focusing on work anymore because you’re already excited that the holiday szn is just around the corner. Well, who isn’t? It’s been two years since we had pandemic-style Idulfitri and now everything is starting to go back to normal. Yes, never take that for granted again. Happy Monday.

Here’s the newest updates on: Minyak goreng drama

Catch Me Up!
Yoi guys, masih ngomongin soal krisis minyak goreng yang sangat menguji problem solving skill-nya pemerintah kita nih. Minggu lalu kan kita udah dibikin mixed up feeling ya dengan diumumkannya empat orang empat tersangka korupsi kelangkaan migor. Nah terus baru aja 22 April kemarin, Presiden Jokowi juga mengumumkan larangan ekspor CPO (Crude Palm Oil) yang jadi bahan baku minyak goreng, ke luar negeri. Pokoknya maap gajual minyak dulu, gitu kata Indonesia.
 
Tell me everything.
Sure. Jadi kamu masih inget kan, empat tersangka kasus korupsi minyak goreng yang salah satunya none other than Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Indrasari Wisnu Wardhana (Catch up with the issue here).. Nah jadi korupsi ini tuh related to kebijakan ekspor minyak goreng maupun CPO dari Indonesia ke luar negeri, di mana secara pasokan di tanah air lagi langka, para produsen minyak goreng di Indonesia nih diwajibkan pemerintah untuk memasok 20% dari jumlah ekspornya buat dijual aja di dalam negeri. Gabole diekspor semua. Ada juga kebijakan lainnya yang menetapkan harga CPO itu adalah 9.300 per kilogramnya. Niatnya sih biar minyak goreng ngga langka dan ga mahal gitu…
 
Terus terus?
Nah of course hal ini tidak terwujud, karena orang-orang di pemerintahan yang harusnya meng-enforce aturan ini justru breaking the rules. Pejabat aka si Indrasari diduga cawe-cawe sama tiga perusahaan produsen CPO yang bikin mereka tetap bisa mengekspor CPO tanpa dibatasi oleh aturan tadi. Makanya kemaren minyak tetap langka guys, karena emang diterbangin ke luar negeri semua.
 
I see…
Nah seiring dengan perkembangannya, Pak Jokowi kemudian bikin kebijakan breakthrough yang mengejutkan semua pihak: CPO gabole di ekspor dulu! Yep guys, hal ini diumumkan beliau minggu lalu, dan bakal mulai berlaku pada Kamis besok di tanggal 28 April sampai waktu yang belum ditentukan. Beliau juga menyebut bahwa pemerintah akan memantau plus mengevaluasi kebijakan ini biar tujuannya buat bikin minyak goreng ada di pasar dan terjangkau masyarakat tercapai.
 
Tapi tapi, Indonesia bukannya produsen CPO besar ya?
Yep, in fact kita produsen CPO terbesar di dunia. Jadi tentunya larangan ekspor ini bakal ngaruh banget sama kondisi per-CPO-an dunia, terutama dari negara-negara yang langganan CPO ke kita. They’ll be like, “Waduuuw terus w beli CPO ke mana niii?” gitu kan. Misalnya aja, India dan China yang merupakan importir CPO terbesar dari Indonesia. Dalam keterangannya kemarin, President of Trade Body the Solvent Extractors Association of India Atul Chaturved udah menyampaikan penyesalannya kenapa harus dihentikan, karena bakal bikin pasokan CPO global langka. Kalo udah langka, ya harga minyak goreng global juga bakal naik.
 
Rumiiiit rumit.
Emang. Terus juga ngaruhnya ngga sama pasar global aja, tapi juga sama ekonomi kita guys. Karena dengan ngejual CPO ke luar negeri, negara jadi dapet pemasukan kan. Nah kalo ekspornya dihentikan selama sebulan full aja, menurut Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira, Indonesia bisa kehilangan pemasukan sebesar US$ 3 Miliar. Dan ini setara sama 12% total ekspor non migas. Jadi kata Bhima, daripada stop ekspor, lebih baik ditingkatkan aja pengawasannya soal DMO 20% tadi. Karena sebenernya yang penting emang pengawasan, gimana caranya tu si Willmar dan perusahaan-perusahaan minyak kakap lainnya nurut aturan gitu lo guys, bukan cawe-cawe sama pemerintah…
 
Iya ugha…
Selain itu, organisasi Kelompok Sawit Watch juga bilangnya meskipun ekspor udah dilarang, kebijakan ini most likely nggak akan bikin harga minyak goreng jadi balik normal lagi, gengs. Karena akar masalahnya tuh bukan di penjualannya, tapi lingkungannya, yaitu praktek oligarki, kartel, mafia, yang pokoknya udah toxic banget lingkungan per-CPO-an ini. Lagian juga dikhawatirkan, kalo kita ujug-ujug menghentikan ekspor kayak sekarang, maka bakal banyak negara-negara yang suka langganan beli CPO di kita melakukan kebijakan balasan, di mana mereka juga gamau jual barangnya ke kita. Hayo looo…
 
I see. Anything else?
Fyi langkah Jokowi buat melarang ekspor minyak goreng emang diharapkan bisa memecahkan masalah minyak goreng yang dari awal tahun kemarin jadi masalah genting di tanah air, gengs. Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto juga bilangnya jangan sampai ini kebijakan malah sekadar buat ngediemin masyarakat yang ribut dan gaduh doang akibat kasus dirjennya Kemendag yang kemarin jadi tersangka. Jangan sampai malah jadi pengalihan isu gitu yekan. Jangan angin-anginan juga, kayak larangan ekspor batu bara yang kemarin sempat diterapkan tapi cuma bertahan seminggu. Pokoknya looking forward deh aturan ini bakalan dibikin kayak gimana teknis dan detailnya.

Who needs some financial help?

Sri Lanka
Due to economic crisis. Iya guys, parah banget deh. Karena krisis ekonomi yang berkepanjangan dan makin parah di negaranya, Sri Lanka tengah mengalami berbagai kelangkaan kebutuhan pokok. Mulai dari makanan, obat-obatan, sampe listrik juga dimatiin bergiliran di negara tersebut karena makin langkanya pasokan yang ada.
 
Geez…
Nah karena kondisi ini, masyarakat jadi mengalami kekurangan bahan pokok yang akut, hingga ke sektor energi, dan obat-obatan juga. Karena itulah minggu lalu, pemerintah mereka udah keliling-keliling tu guys ke berbagai organisasi internasional hingga negara tetangga, kayak plz plz banget kasih kita bantuan buat bayar utang dan belanja kebutuhan pokok…
 
Hold on, how did we get here?
Ok, jadi gini ceritanya. As we all know Sri Lanka tuh sekarang lagi mengalami krisis ekonomi yang parah banget, dan yang paling parah since negara itu merdeka di tahun 1948 lalu.
 
Tapi kenapa bisa krisisnya banget sih?
Menurut report-nya Asian Development Bank (ADB), sebenernya ada banyak faktor yang berkontribusi atas krisis ini, di antaranya adalah pengeluaran yang lebih banyak daripada penghasilan. Jadi Sri Lanka tuh diketahui pengeluaran nasionalnya lebih gede daripada pendapatan nasional, terus produksi ekonominya juga ngga cukup buat nutup kebutuhan. Hal ini diperparah dengan potongan pajak yang diberlakukan oleh presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa, buat berbagai entitas ekonomi di negaranya. Nah udah mah produktifitas ga cukup, pemasukan dari pajak dikit, eh kena Covid-19 pula…
 
I see…
Nah ditambah lagi, Sri Lanka itu ekonominya tergantung banget sama sektor pariwisata, jadi kena banget kan guys sama pandemi ini. Udah deh akhirnya mereka terus-terusan pinjem uang ke berbagai lembaga internasional maupun negara tetangga, tapi missed the payment mulu, aka ga dibayar secara on time. To date, utang luar negeri Sri Lanka udah mencapai USD$ 35 Miliar, dan pemerintahnya udah confirmed belum ada duit buat bayar. Makanya, kalo ga bisa bayar terus, negara tetangganya India itu terancam bangkrut.
 
OMG…
Nah karena itulah selain tengah berupaya meredam protes di dalam negeri yang makin parah, pemerintah sana juga lagi keliling ke banyak organisasi dan negara untuk meminta bantuan. So far, Sri Lanka bakal menerima US$ 300juta sampai US$600 juta selama empat bulan ke depan dari World Bank, yang duitnya bakalan dipake buat beli obat-obatan dan barang crucial lainnya. Terus, ada juga dana penyelamatan dari International Monetary Fund aka IMF, tapi masih belum fix since pembicaraan antara Sri Lanka sama IMF juga masih proses dan bakalan makan lebih banyak waktu, jadi yha mereka nunggu aja gitu.
 
Negara lain ada bantu nggak?
Ada dong. Negara tetangga mereka, India, udah acc untuk ngasih bantuan sebesar US$500 juta buat orang-orang Sri Lanka beli bahan bakar, plus tambahan US$1 miliar lagi tapi sampai sekarang masih dalam tahap negosiasi. Selain India, China juga udah di-approach sama pemerintah Sri Lanka buat ikutan bantu juga. Hasilnya, China berencana untuk ngasi emergency humanitarian aid,  berupa US$31 juta terus 5 ribu ton beras, obat-obatan, dan bahan mentah lainnya. Hal ini dikonfirmasi oleh Jubir Kemenlu China, Wang Wenbin yang bilang pihaknya bakalan kasih the best of their capabilities buat bantu Sri Lanka supaya ekonomi mereka cepetan bangkit dan masyarakatnya bisa balik ke kehidupan normalnya.
 
Nice. Now tell me about the protests.
Ok. Jadi sampai sekarang demonstrasi di Sri Lanka masih happening dan masih parah banget, gengs. Aksi protesnya malah makin menyebar ke berbagai daerah di sana. Terus, makin banyak juga korban yang berjatuhan. Di hari Selasa minggu lalu misalnya, ada satu orang yang dinyatakan tewas setelah sebelumnya polisi menembakkan peluru ke kerumuman massa yang melakukan protes atas kenaikan harga BBM. Sementara itu, ada 13 orang lainnya luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit. Adapun protesnya itu berfokus ke Presiden Gotabaya Rajapaksa yang dituntut mundur dari jabatannya karena dinilai udah nggak bisa menangani krisis ekonomi ini guys.
 
Aish. Anything else I should know?
Fyi Sri Lanka bisa ngalamin krisis ekonomi kayak gini tuh salah satu penyebabnya kan yha utang negara mereka yang menggembung banget yah. Nah, hal ini kemudian bikin mikir, “Jangan-jangan Indonesia bakalan kayak gini juga lagi. Minyak ogreng aja udah bikin pusing, hiks.” Nah, terkait hal ini, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani bilangnya keadaan Indonesia sama Sri Lanka tuh beda juah gengs. Bu Ani bilangnya keadaan APBN kita sekarang tuh kuat banget, jadi walaupun Indonesia banyak utang (EHEHE), kondisi kas kita masih cukup banget buat nutupin itu utang.

When you’ve been planning to go Mudik this weekend…

Here’s your Mudik 101.
You guys, nggak berasa udah masuk minggu terakhir Ramadan and that being said, Iduldfitri is just around the corner. Let’s go for mudik nggak sih?
 
Oh emang udah boleh?
Boleh dong. Presiden Jokowi sendiri yang bilang karena tahun ini kasus Covid-19 di Indonesia udah menunjukkan tren yang positif, jadinya masyarakat Indonesia udah boleh mudik, guys. Tapi dengan beberapa syarat sih, kayak misalnya peserta mudik udah harus vaksin sampai tahap lanjutan aka booster, terus sebelum, selama, dan sesampainya di kampung halaman, harus tetap taat prokes, yang gitu-gitu.
 
I see…
Nah ngeliat antusiasme warga +62 yang udah excited banget sama mudik pertama since pandemi menyerang, pemerintah akhirnya bikin berbagai rekayasa dan skenario tata cara mudik saat pandemi, mulai dari alurnya, waktunya, moda transportasinya, dll. Semua kemungkinan juga udah dirancang dan diperkirakan sama Kementerian Perhubungan, gengs. Adapun puncak mudik Lebaran 2022 buat pengguna kereta api diprediksi jatuh pada 28 April, sampai 1 Mei H-1 Lebaran.
 
OMG okay…
Yep, hal ini disampaikan oleh Kepala Humas PT KAI Wilayah Jakarta, Eva Chairunisa. Di hari Sabtu kemarin aja, udah ada 11 ribu orang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen Jakarta dan mengisi 60% dari total kapasitas kereta. Ngeliat data kayak gini, PT KAI juga udah mengantisipasi dengan menyediakan kereta tambahan setiap harinya. Dari yang awalnya 35 kereta, terus tambah 6 kereta setiap harinya, jadi sampai arus balik nanti, bakalan ada 92 kereta yang disediakan PT KAI.
 
Kalau yang jalur udara gimana?
Nah  pergerakan penumpang di 15 bandara juga mengalami peningkatan nih, gengs. pergerakan pesawat juga dikatakan naik 3,6% di hari Jumat kemarin. Adapun bandara terpadat ada di Bandar Udara Juanda, Surabaya yang melayani 25 ribuan penumpang satu harinya, lalu Bandar Udara Sultan Hassanudin di Makassar dengan 24 ribuan penumpang. Angka segini diperkirakan bakalan semakin meningkat sampai puncak mudik jalur udara di tanggal 29 nanti.
 
Got it. Anyone saying anything?
Yep, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bilangnya semua elemen masyarakat tuh bakalan berperan banget buat manajemen mudik yang udah disiapin sama Kementerian Perhubungan, mulai dari pemerintah sendiri, pihak swasta, sampailah ke masyarakat. Mengingat puncak mudik yang terjadi dari tanggal 28 sampai 30 besok, Pak Budi juga mengimbau supaya orang-orang pulang kampung sebelum tanggal itu, biar nggak terjadi kepadatan di jalan gitu lo.
 
Anything else I should know?
Fyi diperkirakan bakal ada sebanyak 85 juta orang bakalan mudik tahun ini, and most likely mereka bakal pakai moda transportasi berupa mobil pribadi.  Ngomong-ngomong soal mobil, per Sabtu kemarin, udah ada sebanyak 153 ribu mobil yang bergerak meninggalkan Jabodetabek lewat empat gerbang tol utama, ada yang lewat Tol Cikupa ke arah Merak, lewat tol Ciawi ke arah Puncak, sama lewat Cikampek Utama dan Kalihurip Utama ke arah Bandung dan Trans Jawa.

Who’s turning 4?

Prince Louis.
Aka anak bungsunya the Duke and Duchess of Cambridge, William dan Kate Middleton. Iya ni guys, Sabtu kemarin, Prince Louis baru aja merayakan ulang tahunnya yang keempat. Momentum ini kemudian dirayakan oleh keluarga kerajaan dengan merilis foto Prince Louis yang lagi ceria banget main di pantai yang berlokasi di Norfolk, Inggris.
 
Dalam postingannya itu, ada dua foto Prince Louis dengan setting yang sama, dan ber-caption “4 years old tomorrow!”. FYI, Louis lahir pada 23 April 2018 lalu, dan menjadi pewaris kerajaan dalam urutan kelima setelah kakeknya (Pangeran Charles), bapake (Pangeran William), terus kedua kakaknya, Prince George dan Princess Charlotte.
 
Jadi emang udah kebiasaan ni gengs, pasangan Kate dan William suka nge-share foto anak-anaknya ketika merayakan ulang tahun. Dan biasanya, fotografernya ga lain ga bukan adalah Kate Middleton itu sendiri, yang emang punya hobi fotografi. Postingan foto tersebut kemudian langsung dibanjiri oleh ucapan selamat ulang tahun untuk sang birthday boy. Happy birthday!

“There were moments of regret and memories of overwhelming emotions, but I believe that holding our hands together, we have taken a sure step toward changing the fate of the Korean Peninsula.”

Hiks gitu guys isi surat perpisahannya Presiden Korea Selatan saat ini Moon Jae-in yang ditujukan pada counterpartnya, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un yang dikirim over the weekend kemarin. Jadi, Presiden Moon kan sebentar lagi bakal lengser tuh, dan digantikan oleh presiden baru dari partai konservatif, Yoon Suk-yeol. Nah, secara udah mau turun, Presiden Moon kemudian saying goodbye ke Jong-un, sambil tetep doain supaya perdamaian di Korean Peninsula bisa segera terwujud.
 
Playing “Thank you, next” on the background…

Announcement


Thanks to athayatayo for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Your bestie can always add a little spark to your Monday. So here’s some quotes to celebrate them.