Pengguna Layanan Netflix Berkurang

109

Who’s asking “Are you still watching?”

Netflix.
Yep, tapi bukan gara-gara kamu ketiduran pas lagi nonton drakor di Netflix guys, tapi emang literally nanya ke kamu nih, “Kamu masih nonton Netflix, ngga?” karena ternyata, pengguna layanan TV streaming itu berkurang terus. Yep, hal ini diketahui dari laporan keuangan Netflix yang dirilis kemarin. Jadi dalam laporannya itu, diketahui bahwa Netflix udah kehilangan sampe 200ribu pelanggan dalam kuartal pertama di tahun 2022. Gara-gara hal ini, kemarin, saham Netflix sampe turun sebesar 37%. Selain jumlah penggunanya yang berkurang, keuntungan yang berhasil diraup Netflix juga berkurang, di mana pada kuartal yang sama, keuntungan Netflix adalah US$1.6 miliar. Turun dari kuartal sebelumnya yang ada di angka US$1.7 miliar.
 
Terus, kok bisa sih sampe pelanggannya berkurang banyak banget gitu? Well, beberapa alasan guys. Pertama tentunya kompetisi yang makin ketat di dunia per-streaming-an, dan ditambah dengan berakhirnya berbagai kebijakan pembatasan atau stay-at-home di banyak negara di dunia. Dengan dihentikannya kebijakan-kebijakan ini, maka orang-orang juga jadi lebih banyak spend waktu di luar rumah dan ngga streaming-an lagi. Selain itu, internet yang lola juga berpengaruh, dan sharing password juga turut berpengaruh. (Yep, looking at u, netijen yang suka jualan akun Netflix 👀). Sampe konflik Rusia Ukraina juga ada kontribusinya guys, karena setelah memutuskan untuk menghentikan layanannya di Rusia, Netflix otomatis langsung kehilangan 700ribu pengguna.
 
Nah untuk memperbaiki performanya, Netflix udah punya beberapa plan untuk bounce back ni guys. Di antaranya adalah dengan bikin aturan yang lebih ketat tentang account sharing, meningkatkan terus servisnya, sampe nge-adjust harga buat para pelanggan.