Penembakan Massal di New York

35

When the mass shooting keeps happening…

In the US.
Iya guys, gun violence ini ga abis-abis deh terjadi di Negeri Paman Sam. Selasa kemarin, giliran New York City yang mengalami kejadian penembakan massal di dalam sebuah gerbong kereta bawah tanah di New York, Amerika Serikat. Kejadian ini sampe bikin puluhan orang harus dilarikan ke rumah sakit.
 
Tell me everything. 
Sure. Bayangin kamu lagi naik kereta nih pagi-pagi, kalem gitu kan, eh tiba-tiba ada asap, terus DUARRR ada suara tembakan. Nah itu juga yang terjadi di N train, Brooklyn, New York City pada Selasa pagi waktu setempat. Adapun tembakannya ada 33 kali, dan mengenai 10 orang di sana. Terus, 29 orang lainnya yang juga ada di sekitar lokasi kejadian juga mengalami cedera dan langsung dibawa ke rumah sakit.
 
Shizzz pelakunya siapa si?
Belum ketahuan sih, so far. Jadi setelah mengetahui soal kabar penembakan itu, polisi New York aka NYPD langsung pergi menuju lokasi kejadian. Nah, setelah berhasil mengevakuasi korban, polisi langsung melakukan investigasi terhadap terduga pelakunya, dan sekarang masih buron. Tapi, polisi udah berhasil mendapat petunjuk ni guys dari TKP.
 
Oh ada petunjuk?
Ada. Di lokasi kejadian, ditemukan kunci mobil van U-Haul yang setelah dicek, itu disewa sama seseorang yang bernama Frank James. Jadi saat ini polisi lagi mencari tahu lagi ada hubungan apa Frank James sama penembakan ini, dan so far doi belum ditetapkan sebagai tersangka. Terus, ditemukan juga pistol Glock, dua granat yang udah diledakkan, granat yang belum diledakkan, sama satu buah kapak. Semuanya dicurigai punyanya si pelaku penembakan itu.
 
Terus terus?
Nah dari situ, NYPD bersama sama Metropolitan Transportation Authority aka MTA (Semacam PT. KAI yha kalo di sini) langsung bikin sayembara buat orang-orang yang berhasil menemukan pelaku dengan total hadiah US$50.000. Pokoknya kalau ada yang tahu sesuatu, liat sesuatu, dan dengar sesuatu yang related to si pelaku, bisa langsung lapor. Sayembara ini udah dibuka dan terus berlangsung sampai pelakunya benar-benar ketangkep.
 
Got it. Any words?
Gubernur New York, Kathy Hochul bilangnya itu pelaku cold-hearted banget. Kok bisa-bisanya bikin rusuh lagi pake kekerasan gitu, katanya. Lebih jauh, Bu Kathy juga bilang, “Udah deh, ini yang terakhir yah. nggak ada lagi tembak-tembakan. Nggak ada lagi ngancurin idup orang.” In her words, Bu Kathy bilang: “It has to end. It ends now,” katanya gitu.
 
I see. Anything else?
Fyi kenapa Gubernur NY sendiri sampai bilang kayak gitu karena emang di New York tuh kasus penembakan udah sering banget kejadian, gengs. Di empat bulan pertama 2022 ini aja, udah ada 296 kasus penembakan. Angka ini meningkat dari tahun lalu yang mencatat 260 kasus penembakan di periode waktu yang sama. Skalanya juga macem-macem, mulai dari penembakan massal, atau yang korbannya belasan orang, bahkan sampai penembakan tunggal kayak yang terjadi sama seorang anak cewek usia 13 tahun. Jadi kayak, plz capek banget New Yorker sama insiden beginian tuh.