Pemerintah Akan Salurkan BLT Sebesar Rp300 Ribu

85

When minyak goreng drama is not over yet…

Here we go with the new solution
Yoi guys, ngeliat drama perminyakgorengan duniawi yang belum kelar juga ini, pemerintah akhirnya ngeluarin jurus baru buat kasih bantuan ke para warga +62 yang udah, “Cape bgt bun, jujurrrr”. So, now everybody, meet Bantuan Langsung Tunai aka BLT.
 
Background pls.
Jadi giniii, minyak goreng kan sekarang masih mahal nih. Dan sebenernya pemerintah udah melakukan 1001 cara gimana supaya harga minyak ga naik banget, tapi ketersediaannya juga ga ilang dari pasaran. And boy, was it hard. Dari mulai ngasih subsidi, ngancem pidana, razia berkala, tapi tetep aja rumit ni urusan. Terus akhirnya baru aja, pemerintah come up dengan solusi baru yakniiii BLT minyak goreng, aka bantuan langsung tunai buat rumah tangga beli minyak goreng.
 
Tell me about it.
OK. Jadi kan sekarang kondisinya si minyak goreng udah kembali membanjiri pasar guys, udah ngga langka lagi karena harganya udah kembali normal aka mahal. Nah berhubung minyak gorengnya sekarang udah melimpah, yaudah pemerintah aja yang bantu beliin. Karena tetep aja harga minyaknya mahal bun, dan warga masih menjerit banget. Jadi nggak pakai ribet, pemerintah akhirnya comes up dengan BLT tadi, alias, “Ya udah nih w kasih duitnya buat u nambah-nambain beli minyak goreng.” Gitu guys kira-kira. Kebijakan BLT ini disampaikan langsung sama Presiden Jokowi melalui konferensi pers hari Jumat kemarin.
 
Tell me more about this BLT…
Sure. Jadi, dalam konferensi pers itu, Pak Jokowi bilang bahwa BLT ini adalah cara pemerintah buat meringankan beban masyarakat yang bakal disalurkan mulai bulan ini sampai tiga bulan ke depan sebesar Rp300 ribu. Rencananya, BLT ini bakal disalurkan buat 20,5 juta kepala keluarga penerima Program Bantuan  Pangan Non Tunai, dan penerima Program Keluarga Harapan. BLT ini juga bakal menyasar ke 2,5 juta pedagang kaki lima yang jualan gorengan. Pemerintah tuh emang sengaja ngejar bantuannya mulai di bulan ini biar Ramadan dan Lebaran orang-orang lebih kebantu lah idupnya.
 
Duitnya dari mana emang?
Dari subsidi aka pajak kita-kita juga. Jadi Kementerian Keuangan menyebut bahwa untuk mengadakan BLT tadi, pemerintah butuh mengeluarkan dana subsidi sebesar Rp6,15 Triliun. Selain itu, ada juga penggunaan dana dari cadangan Bendahara Umum Negara sebesar Rp750 miliar. Makanya dalam menjalankan program ini, Pak Jokowi kasih perintah tuh ke Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, sampai ke TNI dan Polri buat make sure ini BLT penyalurannya on track, sesuai rencana, dan berjalan lancar.
 
Got it. Did anyone say anything?
Ada dong. Ketua DPR RI, Puan Maharani bilangnya kebijakan BLT ini sifatnya jangka pendek banget, gengs. Yha buat nutup orang-orang puasa dan Lebaran aja gitu. Menurut Mbak Puan, pemerintah harus tetap berbenah benerin tata niaga minyak goreng dari A sampai Z buat solusi jangka panjangnya. Terus, Mbak Puan juga bilang BLT ini harus bener-bener tepat sasaran dan harus bener-bener diperhatiin biar nggak ada lagi penyimpangan-penyimpangan lain kayak sebelum-sebelumnya.
 
I see. Anything else I should know?
Fyi BLT ini kan disalurkannya lewat Kementerian Sosial dan pihak-pihak terkait yah. Terus, Kementerian Sosial tuh udah punya mekanismenya sendiri terkait gimana biar orang-orang ini bisa mencairkan bantuannya. In this sense, BLT ini kan disalurkannya ke penerima program-program punyanya Kemensos, itu berarti BLT ini cairnya yha barengan sama bantuan-bantuan lain di program itu. Jadi dari April, Mei, Juni, sekali cair 300 ribu. Itu udah total dari BLT dan bantuan program lain Kemensos, guys.