Korut Melakukan Uji Coba Sistem Pertahanan Misil

24

What’s causing anxiety?

Me not getting enough self-care?
Rite. That, and also… North Korea.
 
What’s with North Korea?
Well, kamu harus tahu guys bahwa belakangan ini, Korut lagi bikin banyak negara, khususnya yang deketan sama doi, kayak Korea Selatan agak-agak anxiety, secara mereka baru aja melakukan uji coba sistem pertahanan misilnya di Hari Sabtu kemarin. Hal ini tentunya ditakutkan banget sama negara tetangga, secara Korut kan hobinya flexing-flexing senjata dan selalu ancang-ancang siap menyerang kapitalis gitu kan.
 
Whoa tell me. 
Sure. Jadi emang salah satu fokus global terkait the Korean Peninsula adalah denuclearization in the area (Bukan Blackpink, ehe ehe) yang bertujuan untuk menciptakan keamanan dan kondisi bebas nuklir di semenanjung tersebut. Seiring dengan pemahaman ini, setelah melalui berbagai nego-nego antara Kim Jong un, pemimpin Korsel dan Amerika Serikat, akhirnya di tahun 2017, Korut setuju dengan term “denuklirisasi” tadi, yaitu “memusnahkan berbagai ancaman nuklir dari Korsel, Korut maupun area di sekitarnya yang bisa membahayakan semenanjung Korea.” Persetujuan ini disusul dengan dihancurkannya terowongan di Pyunggeri, yanng merupakan tempat percobaan nuklirnya Korut. Nah hal ini juga dinilai banyak pihak sebagai upaya dari Korut untuk memperbaiki hubungan sama Korsel dan Amerika Serikat.
 
Terus…
Nah terus, ujug-ujug ada uji coba misil lagi Sabtu kemarin, dunia langsung kaget dong guys. Apalagi uji cobanya juga dihadiri langsung oleh Kim Jong un, jadi kayak… legit banget nih senjata. At the same time, hasil foto satelit menunjukkan bahwa terowongan yang diruntuhin itu juga udah dibenerin lagi. Karena itulah, banyak ahli yang beranggapan bahwa uji coba misil ini cuma sebagai opening act aja, sebelum akhirnya Korut melakukan uji coba nuklir lagi.
 
Geez….
Terkait uji coba ini, media Korut bilang bahwa Kim Jong un emang udah ngasih arahan pada militer supaya sistem pertahanannya Korea Utara dibikin lebih advanced lagi. Selanjutnya, senjata baru ini juga bagus banget karena mampu  meningkatkan serangan jarak jauhnya Korut, dan meningkatkan pertahanan dari serangan nuklir.
 
Tapi kenapa ujug-ujug uji coba ni?
Well, so far sih banyak pihak menilai bahwa uji coba misil tadi dilakukan Korut sebagai bentuk protes atas latihan militer gabungan antara AS sama Korea Selatan yang bakal berlangsung selama sembilan hari, starting from Senin kemarin, so Selasa next week it is.
 
Got it. Anything else I should know?
FYI, it’s a party in Korut, karena minggu lalu, selain jadi ajang uji coba senjata, mereka juga baru aja merayakan birthday party-nya founding father Korea Utara, Kim Il-sung. Terkait uji coba ini, presiden Korsel Moon Jae-in juga udah di-update dan langsung memerintahkan jajarannya untuk segera menyelidiki pergerakan serta maksud dan tujuannya Korut tuh apaa?