Kondisi Ukraina Makin Mengkhawatirkan

77

When things are getting worse in Ukraine…

Yep, they’re now in an economic downfall.
Hiks. Setelah berjalan selama sekitar dua bulanan lebih, kondisi di Ukraina karena invasi Rusia makin mengkhawatirkan nih gengs. Selain kerusakan infrastruktur dan terbunuhnya warga sipil, kondisi ekonomi Ukraina juga ancur-ancuran gara-gara perang.
 
Loh kenapa?
Iya. Jadi Ukraina itu kan emang dikenal sebagai produsen gandum dan sunflower oil yang merupakan pengekspor utama kedua komoditas itu baik di Eropa maupun ke seluruh dunia. Nah karena selama sekitar dua bulanan ini negara mereka lagi porak-poranda gara-gara invasi Rusia, ya jangankan ngekspor minyak bunga matahari guys, para petaninya aja sibuk menyelamatkan diri. Akibatnya, pertumbuhan ekonomi mereka anjlok sampe setengahnya.
 
OMG hiks…
Iya guys, jadi prediksi ini disampaikan oleh World Bank, aka Bank Dunia yang menyebut bahwa akibat invasi Rusia, GDP Ukraina bisa terjun bebas, berkurang sampe 45,1 persennya dibanding sebelum invasi. Itu juga masih mungkin banget turun lagi, secara mereka masih diinvasi Rusia dan gatau sampe kapan nih. Nah terus speaking of Rusia, sebenernya mereka juga mengalami efek ekonomi, tapi penurunan PDB Rusia hanya sampai di angka 11,2% aja, guys. Jadi tetep ga separah Ukraina.
 
Okay…
Terkait perkembangan ini, Anna Bjerde, VP-nya World Bank buat kawasan Eropa dan Asia Tengah menyebut bahwa invasi yang dilakukan sama Rusia itu emang menyebabkan kerugian ekonomi yang ga main-main. Hal ini karena emang infrastruktur yang ancur dan harus di-rebuild lagi, which is butuh duit yang nggak sedikit. Selain itu juga ada beberapa spot penting kayak pelabuhan di Black Sea yang di-block tentara Rusia, sehingga menyebabkan akses perdagangan jalur laut terhambat. Belum lagi, lahan pertanian buat orang kerja udah jadi medan perang, dan akses ke berbagai alat pertanian kayak pupuk dll jadi makin sulit. Pusing lah pokoknya.
 
Orang-orangnya gimana?
Itu juga yang jadi concern-nya Menkeu Ukraina, Serhii Marchenko. Jadi dalam keterangannye akhir Maret kemarin, beliau menyebut bahwa emang government masih functioning, tapi so far udah ada tiga juta orang yang jobless aka pengangguran. Terus juga cuma tinggal satu per tiga dari lembaga-lembaga di negaranya yang masih berfungsi, karena banyak juga warga yang udah menyelamatkan diri ke negara lain. Jadinya timbul pertanyaan kan, gimana cara balikin ekonomi Ukraina, ya?
 
Nah iya. Gimana?
To answer that question, pemerintah sana untuk saat ini cuma ngandelin obligasi perang, terus ngandelin penggalangan dana tapi make it modern which is lewat cyrpto dan NFT. Disampaikan juga sama World Bank kalau Ukraina tuh sekarang emang lagi butuh banget financial support yang besarrrrr biar perekonomian mereka tetap jalan, pemerintahan jalan, biar warga juga nggak terus-terusan menderita apalagi situasinya lagi ekstrem kayak gini.
 
Got it. Anything else?
Fyi selain Ukraina dan Rusia, konflik ini juga bikin perekonomian di berbagai negara mundur pelan-pelan. Khususnya negara-negara berkembang di Eropa dan negara lain di Asia Tengah yang juga ga jauh-jauh dari Ukraina, kayak Belarus, Moldova, Tajikistan, yang di situ-situ deh.