Kegiatan Fisik Ringan Mengurangi Resiko Depresi Substansial

85

When you really need more reasons to exercise…

Because you’ll be stress-free.
Iya guys, kamu mungkin udah sering denger ya bahwa olahraga itu bagus banget ga cuma buat badan kamu, tapi juga untuk kesehatan mental. Nah, to give you more motivation to get moving, kamu harus tahu nih bahwa menurut riset terbaru, kegiatan fisik yang dikit atau ringan banget aja tuh, kayak jalan kaki, udah bisa mengurangi resiko kamu mengalami depresi secara substansial.

 

Yes, jadi dalam penelitian yang dirilis di jurnal JAMA Psychiatry minggu lalu, ditemukan bahwa orang dewasa yang melakukan olah raga ringan aja, kayak jalan kaki sebanyak 1,25 jam per minggu ini diketahui memiliki 18% resiko yang lebih rendah terkena depresi dibandingkan mereka yang ngga bergerak sama sekali. Meanwhile, US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) sendiri merekomendasikan orang dewasa tuh jalan kaki-nya minimal 2,5 jam per minggu. Nah kalo sampe sesuai rekomendasi minimal tadi, maka resiko depresinya berkurang sampai 25%.

 

FYI, manfaat ini ditemukan paling ngefek pada individu yang baru mulai berolahraga atau yang baru bertransisi dari couch potato. Jurnalnya juga merekomendasikan buat kamu-kamu yang baru mulai olah raga supaya start small, karena ternyata gerak dikit aja tuh udah membawa hasil yang positif buat tubuh kamu. Yang penting kan konsisten ya guys...