Jalur Mudik Ramai Sebelum Puncak Mudik 28-29 April 2022

62

When you’re soooo excited for Mudik this year…

Tapi lemes duluan liat macetnya.
Iya guys, di minggu-minggu terakhir Ramadan ini, orang-orang pada excited banget akhirnya tahun ini bisa mudik ke kampung halaman kan. Saking excited-nya… Jalanan jadi penuh, dan macet di mana-mana, bestie.
 
T’ru dat.
Yep. Sebelumnya kan Presiden Jokowi pernah bilang tuh, puncak Mudik itu ada di tanggal 28-29 April besok. Makanya disuruh mudik lebih awal aja kan, biar terhindar dari kemacetan dan nggak ada kerumunan dan kepadatan selama perjalanan. Nah kemarin, belum nyampe tanggal 28, udah rame aja dong itu jalur mudik.
 
Waduhhh…
Salah satu titik macet ada di Gerbang Tol Pelabuhan Merak, Banten. Di sana udah terjadi peningkatan kendaraan yang bikin macet sepanjang 1 km dan butuh waktu tiga jam sampai itu macet benar-benar terurai.  Ini yang bikin Wakapolri, Komjen Pol Eddy Gatot Pramono, heran guys. Lah belum sampai puncak mudik aja udah macet 1 km, kalau ntar sampai puncak, bisa berapa kilo dong tuh macetnya, gitu kira-kira. Dari situ juga Pak Eddy minta Dirlantas Polda Jawa Barat buat evaluasi jangan sampai ntar ada macet-macet lagi. Dicari apa penyebabnya, solusinya gimana.
 
I see… 
Nah, karena padat dan macet yang ada di GT Pelabuhan Merak itu, maka polisi situasi di sana masuk kategori kuning, guys. Makanya biar lalu lintasnya nggak berkembang tambah parah, diberlakukanlah sistem buka tutup jalan. Adapun sistem ini diterapkan di wilayah Cikuasa Atas sampai ke gerbang tol itu. Karena ada penumpukan orang-orang yang lagi nimbang barang bawaannya kan. Terus di Simpang Gerem juga udah disekat biar nggak ada penumpukan, guys.
 
Buka tutup jalan, penyekatan, apa lagi?
Ada juga bottleneck aka penyempitan jalan. Disampaikan langsung oleh Kapolri Listyo Sigit Prabowo bilangnya emang ada 23 tol, selain GT Pelabuhan Merak yang rawan banget sama macet arus mudik gini. Makanya berbagai rekayasa lalu lintas pun dilakukan, guys. Bottleneck ini salah satunya. Take notes, jalur yang bakalan dilakukan bottleneck antara lain Cikampek KM 48-50, dari 5 jalur jadi 3 jalur aja. Terus, Cikampek KM 31-37 juga dari 4 jalur jadi 3 jalur aja.
 
Berguna banget informasinya….
Indeed. Ada juga informasi yang nggak kalah berguna adalah sekarang tuh udah ada aplikasi yang bisa kamu gunain buat memantau aktivitas lalu lintas, guys. Aplikasi yang bisa kamu gunain buat liat secara real time rute jalan yang lancar bebas hambatan tuh di mana aja, terus kondisi cuacanya gimana, sama rest area terdekat kalau kamu mau istirahat.
 
Spill pls…
Sure. Se-simple Google Maps aja misalnya, yang pasti udah ada di hape kamu. Terus, NTMC Mudik, aplikasi dari Mabes Polri, JasamargaLive juga bisa, bisa streaming CCTV jalanan dari situ. Apalagi yah, Oya, RTTMC dari Kementerian Perhubungan tuh juga sabi kamu cobain, gengs. sama BPJT Info Tol dari Kementerian PUPR yang bakalan kasih kamu informasi yang kamu butuhin seputar jalan tol. Or simply, read the news from us. We’ll make sure you are updated EHE.
 
EHEHEH. Anything else?
Btw orang yang mudik tahun ini tuh kan diprediksi berkisar di angka 85 jutaan orang yah. Di mana 47% dari mereka mudiknya jalur darat. Nah makanya sejak Presiden Jokowi udah bolehin masyarakat buat mudik, pihak-pihak terkait kayak Kementerian Perhubungan, Mabes Polri, dan pihak-pihak terkait lainnya tuh bikin skenario ini itu buat bikin mudik tahun ini tuh kondusif, gengs. Mulai dari arus mudik balik ke kampung halaman kayak sekarang, sampailah nanti di puncak arus balik Lebaran 8 Mei nanti, dan orang-orang udah back to reality.