Israel Meluncurkan Serangan Udara Ke Jalur Gaza

25

When things are getting more concerning…

In Palestine.
Iya nih guys, miris banget karena kondisi di Palestina makin panas setelah minggu lalu, terjadi serangan oleh tentara Israel ke Masjidil Aqsa dan menyebabkan puluhan orang luka-luka. Setelah serangan tersebut, kondisi makin mencekam setelah kemarin, Israel meluncurkan serangan udara ke jalur Gaza, Palestina.
 
Hold on, how did we get there?
Ok. Jadi gini ceritanya. Kamu masih ingat kan sama serangan yang dilakukan sama tentara Israel ke masyarakat Palestina waktu mereka salat subuh Jumat minggu lalu itu? Nah karena serangan itu, warga Palestina yang dipimpin sama kelompok Hamas Senin kemarin ngebalas lagi dengan nge-release roket dari Jalur Gaza ke lepas pantainya Tel Aviv di Israel, tapi serangan roket ini berhasil digagalkan oleh sistem pertahanan Iron Dome milik tentara Israel.
 
Terus terus?
Nah setelah tembakan itu, tentara Israel be lyke, “Tunggu pembalasan w yah.” Bener aja dong, Besokannya alias Selasa tengah malam waktu setempat, ada lagi serangan yang diluncurkan ke Jalur Gaza dan menyebabkan kerusakan berat di area tersebut. Serangannya sendiri menyerang salah satu pabrik persenjataan punyanya Hamas dan sejauh ini, pihak Palestina belum melaporkan adanya korban baik terluka atau meninggal.
 
I see…
Nah guys, menurut keterangannya tentara Israel, emang kelompok Hamas inilah yang memulai kekacauan duluan dengan ngelemparin batu ke Tembok Barat tempat orang-orang Yahudi lagi doa pas merayakan Passover. Ini dia nih awal mulanya guys, karena jarang banget kan, suatu perayaan agama itu berlangsung pada hari yang sama. Nah namun somehow, pada Jumat minggu lalu, suasana di Yerusalem mendadak rame karena ada tiga agama yang merayakan hari besarnya secara bersamaan. Yakni warga Muslim yang lagi puasa Ramadan, orang Yahudi yang merayakan Passover, dan warga Kristen yang merayakan Paskah.
 
Go on…
Nah karena disebut mulai duluan inilah, akhirnya tentara Israel balik menyerbu Masjidil Aqsa dan menyebabkan ratusan warga Palestina yang lagi beribadah luka-luka. Selanjutnya, kelompok Hamas juga ke-trigger banget sama serangannya Israel karena mereka menyerang Masjidil Aqsa, yang merupakan tempat suci ketiga bagi orang Islam, dan waktu bulan Ramadan pula. Tapi, argumen itu dibalas lagi sama Israel yang bilang masyarakat Palestina juga ganggu banget waktu mereka lagi ngerayain Passover.
 
Well, anyone saying anything?
Ya dua negara tetangga yang udah lelah banget sama kerusuhan yang kerap terjadi di Israel dan Palestina ini akhirnya melayangkan nota protesnya untuk yang kesekian kali. Yep, ada Jordania dan Mesir yang meng-condemn aksi penyerangan oleh Israel ini terhadap Masjidil Aqsa. Kata Raja Jordan, Abdullah II di forum PBB di awal minggu ini, serangannya Israel ini bahaya banget karena udah melakukan hal yang provokatif dengan menyerang lokasi ibadah yang suci.
 
And I believe Israel has a say…
Iya. Pemerintahan Israel yang dipimpin Naftali Bennet menyebut orang-orang Israel sebenarnya maunya sih ngerayain perayaan agama apa pun dengan damai dan terbuka, tapi ya Hamas-nya nih yang memprovokasi warga dan menyebabkan kerusuhan.
 
Huft… Anything else I should know?
Guys, for the records, Israel tuh udah menjajah Palestina since… forever. Selama masa penjajahan, Israel udah berhasil ngerebut West Bank, Jalur Gaza, dan Yerusalem Timur waktu perang di tahun 1967. Adapun penyerangan terbuka paling baru yang juga menyebabkan jatuhnya korban sebelum ini adalah pengusiran paksa warga Palestina dari rumahnya sendiri di wilayah Sheikh Jarrah, Yerusalem. Serangan ini juga parah banget karena sampe menyebabkan meluncurkan serangan besar-besaran selama sebelas hari ke jalur Gaza.