Invasi Rusia Membuat Kuburan Massal di Ukraina

72

What’s causing international anger?

The finding of mass grave in Ukraine.
Iya ni guys, kondisi di Ukraina setelah invasi Rusia berlangsung di sana selama lebih dari satu bulan itu jadi makin menyedihkan. Yep, just like a war textbook yang biasa kita baca, perang menyebabkan banyak korban meninggal, rumah dan infrastruktur hancur, sampe influx of refugee yang bikin krisis di negara tetangganya. Nah saat ini, invasi Rusia membuka lembaran kelam baru, di mana baru aja ditemukan kuburan massal di Ukraina yang bikin komunitas internasional marah banget.

Mass grave?

Iya, jadi over the weekend kemarin, telah viral video penemuan kuburan massal yang berisi puluhan mayat warga Ukraina yang tewas karena diduga dibantai oleh tentara Rusia. Kuburan massal ini ditemukan di Kota Bucha, Ukraina, yang emang sebelumnya diduduki tentara Rusia selama lima minggu, sebelum akhirnya tentara Rusia cabut dari sana just over the weekend kemarin.

🙁 Go on…

Nah dalam kuburan massal yang ditemukan terletak di belakang sebuah gereja itu, ditemukan sekitar dua puluh mayat yang dikubur berbarengan, dengan beberapa masih ada yang tangannya terikat ke belakang. Menurut keterangan dari polisi setempat, diprediksi ada sampai 200 atau 300 mayat lainnya yang dikubur di lokasi yang sama, dan ini adalah bukti kebiadaban Rusia.

Hiks…

Nah selain ratusan nyawa yang melayang, hampir semua bangunan di Bucha juga hancur lebur, terutama bangunan bertingkat. Lalu dari berbagai video yang beredar, nampak juga jalanan di Bucha yang ada mayat bergelimpangannya guys :(. Scene kayak gini ga cuma terjadi di Bucha, namun juga di kota-kota lain yang sempat dikuasai Rusia, seperti Irpin, Myla, Hostomel hingga Bordyanka.

Terus gimana?

Nah hal ini tentunya bikin banyak pihak makin mengecam Rusia, dan bahkan negara-negara Barat udah meminta International Court of Justice (ICJ) untuk menginvestigasi soal kemungkinan adanya kejahatan perang di Bucha. Presiden Amerika Serikat Joe Biden bilang bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin adalah penjahat perang, dan di Uni Eropa, pemimpin European Council Charles Michel juga menyebut bahwa pihaknya lagi membantu Ukraina untuk mengumpulkan bukti-bukti kejahatan perang Rusia buat nanti digugat ke pengadilan internasional.

Terus…

Selain itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy juga menyebut bahwa apa yang dilakukan Rusia ini adalah kejahatan perang karena clear banget para korban meninggal ini adalah warga sipil. Beliau juga menyebut bahwa apa yang dilakukan Rusia adalah tindakan genosida, dan serangannya harus segera diakhiri karena ini adalah aksi yang biadab banget.

I believe Russia has a say…

Yep, dalam keterangan resminya, Kementerian Pertahanan Rusia bilang bahwa video yang beredar tentang mayat yang bergelimpangan di Bucha adalah boongan, dan ngga ada satu warga sipil pun di Bucha yang mengalami tindakan kekerasan apa pun. Lembaga tersebut juga menyebut bahwa videonya adalah media campaign ajatu, karena faktanya, tentara Rusia justru menyalurkan puluhan ton bantuan buat warga sipil yang ada di sana.

🙁 Anything else?

Sejauh ini, udah ada hampir lima juta warga Ukraina yang meninggalkan negaranya sejak invasi Rusia dimulai pada 24 Februari lalu. Serangan yang dilakukan oleh tentara Rusia ini tentunya sangat mengganggu ekonomi global, terutama karena Rusia maupun Ukraina adalah penghasil berbagai komoditas pangan maupun produk kebutuhan lainnya.