Friday Pause: Travel inside your mind 💏💑

613

Good morning!

Uh oh it’s finally almost weekend! Yep, Friday has always been our favorite day, so we just want to enjoy all the fun things, like obviously, Will Smith meme. We also have our podcast here, and finally, we’ve been looking forward to saying this: Happy weekend!

For the love of Meme: Don’t even try…


For when climate change is not only affecting the earth’s health…

It’s also affecting YOUR health.

Iya guys, kamu tentunya sering denger betapa pemanasan global could lead to climate crisis yang eventually berefek pada kerusakan mother earth. Tapi kamu tau ngga, bahwa climate crisis itu ngga cuma mengancam “kesehatan” bumi, tapi juga kesehatan kamu? Yep, you read it right. Makanya nih, kita bener-bener gabisa menutup mata kalo udah ngebahas soal climate crisis.
Ibaratnya kamu tinggal di sebuah rumah, kalo fondasinya udah banyak yang rapuh, berjamur dan ringkih, tentunya keselamatan kamu juga terancam kan? Nah tapi sayangnya ga kayak rumah di mana kita bisa pindah gitu aja, kalo di bumi, ya kita ga bisa ke mana-mana guys because there’s no such thing as planet B. Nah terus, penyakit-penyakit apa sih yang bisa dipicu oleh climate crisis? Let’s take a look! 
  • Asma dan masalah pernapasan. Thanks to pollution and kualitas udara yang makin buruk, maka penyakit pernapasan kayak asma bakal makin sering ditemukan. Hal ini bakal makin buruk buat mereka yang tinggal di daerah panas, secara heat stroke atau panas ekstrim tuh bisa memicu munculnya penyakit pernapasan. Nah masalahnya guys, by this year aja, heat stroke udah memengaruhi 300juta orang di seluruh dunia.
  • Masalah pada kehamilan. Yep, bad news buat kamu-kamu yang lagi pengen punya anak, hasil studi di Houston, Texas, dan Brisbane, Australia menemukan bahwa kemungkinan bayi lahir prematur lebih tinggi di daerah dengan temperatur yang super panas. Selain itu, temperatur panas juga bisa menyebabkan kelebihan berat badan pada bayi, dan meningkatkan resiko mereka jadi sering berobat ke RS.
  • Waterborne diseases. Aka penyakit yang dibawa oleh air yang terkontaminasi. Nah, hal ini mungkin banget terjadi pada kamu-kamu yang tinggal di wilayah rawan banjir, secara alih fungsi lahan yang masif juga bikin area serapan air berkurang, dan banjir jadi makin sering terjadi. Nah guys, dalam hal ini, penyakit-penyakit waterborne diseases di antaranya adalah diare, kolera, disentri, hepatitis, dll.
  • Malnutrisi. Kerusakan lingkungan tentunya punya efek buruk terhadap pangan kita, di mana cuaca yang terlalu panas atau ekstrim bisa bikin gagal panen. Hasilnya, jumlah makanan yang dihasilkan jadi berkurang, dan harga barang pokok kayak beras, tepung dan jagung jadi naik. Para ahli memprediksi bahwa by 2050, kondisi ini bisa meningkatkan jumlah anak-anak yang kekurangan gizi di negara-negara miskin sebanyak 20%.
  • Kekurangan airYes, suhu bumi yang panas juga ngaruh sama supply air minum guys. Hal ini karena suhu yang panas bikin penyerapan air ke atmosfer jadi lebih cepat, dan bikin daratan jadi lebih cepat mengalami kekeringan. Terus in some cases, kondisi ini bisa mendorong terjadinya hujan lebat, namun saking lebatnya, air yang tertampung jadi berlebihan dan bisa jadi terkontaminasi polusi.
  • Last but not least, mental health problemYes, a lot of happening because of climate crisis akhirnya ngaruh juga sama kesehatan mental kita. Kayak misalnya kamu pernah kena banjir, gempa, kekurangan air, sampe heatwave tentunya traumatizing banget kan. Kondisi ini juga tentunya juga bisa meningkatkan anxiety, depresi, bahkan suicide. Belum lagi kalo kamu kerja di sektor pekerjaan yang ilang gara-gara climate change, kayak di sektor energi, agrikultur maupun pariwisata. Hal ini tentunya bakal add up ke stress kamu.
    So, do something!  Let’s go!


Weekend means extra time to chill with your furry friends…


Ooooor to enjoy our recs. Yep, catch up! with everything from podcast to TikTok videos, we got pretty much everything here.
 
But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Our podcast! Hari ini kita ngebahas soal frasa madrasah yang hilang di RUU Sisdiknas, global food crisis, dan keturunan PKI bisa ikut seleksi TNI! Leggo!
  • Video ‘A Day in My Life’ yang sering kalian liat di TikTok atau aplikasi lainnya tuh ternyata bisa banget loh dijadiin acuan buat, “Ok gue udah bikin video. Gue harus produktif hari ini. Banyak yang harus gue kerjain nih.” Karena kalau nggak yhaa mau diisi apa itu video yekan wkwk. Anyway, A Day in My Life tuh ternyata ampuh banget loh buat mengatasi kemageran. Cobain deh! (Us
    Advertisement
    )
  • One recommendation I always make to my friends isHotarubi no Mori e, atau Bahasa Inggrisnya Into the Forest of Fireflies’ LightA short movie, anime yes, yang pacing-nya bagus banget. Ending-nya sad, tapi I always find my way back to this movie; so good. @fbelladona
  • Aku mau rekomendasiin kalian lagunya Red Velvet yg “Feel My Rhythm” Lagunya enak banget bisa nemenin kalau kalian lagi santai gtuuu, comeback kali ini bener-bener cantik banget kalian bisa liat MVnya dan juga Video Performance-nya setnya indah banget, ga lupa kalian juga bisa liat Comeback stage-nya yang gak kalah cantik, pokoknya semua tentang Red Velvet itu Cantk bangettt!!! (Anonymous)
  • The Bad Guys, masih tayang di bioskop. Aslii, enjoy banget nonton ini. Sama sekali ga expect yang gimana2 karena dari judul dan sinopsisnya berasa rada klise gitu. Tapii, sejak 5 menit pertama langsung diajak kejar-kejaran dan dibikin jatuh hati sama the bad guys. Kacau paraah. Terus sepanjang film dimanjain sama animasinya yang ga kaleng-kaleng dan latar musik yg nyatu bgtt. Action-nya keren, kocaknya dapet, terus ada vibes kayak komik gituu jadi seru dan sangat menyenangkaan.
  • Going Seventeen! khususnya episode Best Friends. Variety show dari grup KPop SEVENTEEN yang dijamin bakal bikin kita terhibur sama kelakuan kocak mereka. They are basically full time comedians and part time idols xD –nabilakhrsm
  • Aku mau kasih rekomendasi series Netflix yang seru banget, Inventing Anna. “Fake it till make it“. Pasti udah pada sering denger nasihat ini, kan? Di series ini tokoh utama, Anna bener-bener fake everything to make her dream comes true tapi.. pake cara-cara ekstrem dan melanggar hukum. Anyway, series ini terinspirasi dari kisah nyata, jadi tokoh-tokohnya mostly bisa ditemui real life. Menurutku series ini cocok banget jadi pelajaran buat siapa aja supaya lebih hati-hati sama para penipu yang doyan flexing. Whoops!. (IG: @putripoem)
  • Suka banget olahraga pake video workout-nya Justin & Taylor Norris! Justin super encouraging, jadi bikin semangat walaupun kita udh cape banget, dia terus-terus dukung kita memotivasi banget, Taylor selalu senyum bikin beban workout-nya ga kerasa! Workout-nya sendiri low impact cardio, jadi gak terlalu riskan injury, gak loncat-loncat, tapi tetep bikin sehat dan ngelatih jantung! (Anonymous)
  • Buat kalian yang suka series/film tema-tema kerajaan, ada satu steamy-romance series yang minggu ini udah ngerilis season 2-nya. Judulnya “Bridgerton”. Dari season 1 sampai sekarang di season 2, Bridgerton sukses banget sih nyuguhin cerita yang klasik tapi tetap enak buat diikuti. Apalagi di season 2 ini, female lead-nya, Kate Sharma, diperankan Simone Ashley beneran kayak girl boss banget karakternya di situ. You guys will fall in love with her insanely! (Us)
  • Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day
 
“A woman without a man is like a fish without a bicycle.”

-Irina Dunn-

Thank you note


Thanks to Natasya, seseorang, Ratna, Martha, & Risma for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Advertisement