Friday Pause: Snow cone chilly 🍦🍦

343

Good morning!

Helloooo Friday! We’re here again at last. We know you’re excited, so let’s just start the day with our podcast here. And today, let’s just take things slow. Enjoy some more time in bed while checking out our memes, tips, and recommendation. Happy weekend!


For the love of Meme: Yep, we understand you now, sir.


For when you need to show some love with low budget…

To mother earth.

Hi y’all. At this point kamu pasti udah nyadar banget bahwa salah satu isu sangat pressing dan super urgent untuk bisa segera di-address adalah soal global warming. Gimana engga? Global warming itu kan kayak kita punya rumah, kalo bocor aja pengennya buru-buru benerin, ada yang bolong pengen buru-buru nambal, dan kotor dikit, pengennya segera bersihin. Nah sebenernya, kondisi bumi juga kurang lebih begitu guys. Pemanasan global makin serem, sampah makin numpuk, air makin jarang, hingga flora dan fauna yang little by little otw punah. Kalo kayak gini, ga mungkin kita ga ngapa-ngapain kan? Nah, at this point you might be thinking: “Apa yah yang bisa w bantu? Apakah aku harus jadi aktivis lingkungan dulu? Aku bisa donasi kemana ya?”

Well, it’s good kalau kamu jadi aktivis lingkungan, it’s good juga if you have the intention to donate. Tapi kalau waktu dan kemampuan material kamu terbatas, ada banyak hal yang tetap bisa kamu lakukan supaya turut berkontribusi buat kelestarian bumi. Nih kita kasih tahu gimana cara hemat dan mudah buat kamu bantu showing love to the mother earth!
  • Ngurangin sampah makanan. Yak, kamu pasti udah tahu dong kalau sampah makanan di seluruh dunia tuh jumlahnya udah gila banget, sampe data menunjukkan bahwa secara global, kita membuang 40% makanan yang diproduksi. Terus, sampah makanan ini juga meliputi 10% dari emisi gas yang saat ini dihasilkan. Makanya kalo memungkinkan sih yuk, dengerin kata kakek nenek kita dulu yang anti banget buang makanan. Caranya kan gampang banget, kamu tinggal be mindful of the portion that you eat, terus, jangan buang makanan kalau masih bagus.
  • Reduce, reduce, reduceReduce atau ngurang-ngurangin konsumsi juga bisa jadi solusi buat mengurangi polusi. Adapun salah satu cara reduce yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi penggunaan sampah sekali pakai kayak sedotan plastik, kantong plastik, gelas plastik, dll karena itu bisa banget membahayakan planet kita guys. Apalagi kalau sampai dibuang ke laut. Duh, big no deh.
  • Bike and walk more. Nah, kalo memungkinkan, coba deh switch moda bepergian kamu ke sepeda atau kalau deket, ya jalan kaki. Karena tentunya kita udah apal banget nih bahwa bahan bakar yang ada di berbagai kendaraan tuh asalnya dari bahan bakar fosil yang bisa meningkatkan gas efek rumah kaca. Nah, cara yang bisa kamu lakuin buat mengurangi efek emisi adalah dengan sepedaan plus jalan kaki. Selain lebih sehat, dapet udara segar, lebih hemat juga ihiy.
  • Bersih-bersih. Kamu bisa banget gabung dengan berbagai aktivitas lingkungan dan movements mereka yang tentunya berkontribusi pada lingkungan. Iya, kayak itu berpartisipasi di initiatives kayak mungutin sampah, bersihin pantai, gitu-gitu. Nggak punya komunitasnya? You can simply do it yourself dengan buang sampah di tempat pembuangan yang seharusnya. That’s it.
  • Gunakan barang bekas. Iya guys, coba yuk give the secondhand the second life. Hal ini adalah demi mengurangi limbah rumah tangga yang jumlahnya udah mengkhawatirkan banget itu. Caranya gampang, misalnya kamu bisa mengurangi pembelian baju baru dengan sering-sering lungsurin baju bekas ke anggota keluarga yang lain. Atau kalau kamu punya barang-barang elektronik yang ngga kepake, coba dijual di pasar secondhand atau kasihkan ke orang yang mau pake, jadi mereka ga perlu beli. Yep, selama masih bagus dan lebih hemat juga, kenapa engga?
  • Spend with purpose. Iya, enak sih belanja atau langsung checkout online chart abis gajian itu. Tapi coba deh, sebelum kamu checkout nih, timbang-timbang dulu. Kira-kira barang ini awet ga ya? Berapa lama bisa gue pake sampe berakhir di tempat sampah? Apakah keberadaannya worth the carbon footprint I produced from the shipping and packaging? Yep, karena memang key point dari mengurangi emisi gas itu adalah mengurangi konsumsi guys. Dan eventually, it comes back to our own habit and self-awareness juga.
  • Last but not least, ajakin temen-temen kamu juga buat ngelakuin hal serupa. Salah satu cara paling ampuh untuk melindungi bumi adalah by showing how much you careand really do something about it. Dimulai dari yang kecil-kecil aja, kayak bersihin halaman depan komplek, atau menginisiasi ide reduce reuse recycle di lingkungan kamu. Terus, ajakin temen-temen juga buat ikutan movement ini. Remember, “Cuman satu plastik ini doang kok,” kata tujuh miliar orang.


All the achivement you need for the weekend…


That, and our weekly tips.
Because we got everything, from podcasts to fun series to get you through the weekend. Everything is here! 
 
But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Our podcast! Hari ini kita ngebahas soal tersangka mafia minyak goreng terancam hukuman mati, demo Sri Lanka berujung hilang nyawa, dan kapanikan di Capitol Hill Leggo!
  • Aku mau rekomendasiin novel yang menurutku bagus banget, judulnya Laut Bercerita. Ceritanya tentang kisah aktivitis di masa reformasi, walaupun ada banyak bagian yang triggering, tapi menurutku novel ini sangat sangat mind blowing (Anonymous)
  • If you like fantasy and reading, give The Priory of the Orange Tree a chance! It has dragons, badass women, cool names, sorcery, immortality, plagues, murders, deceit, spies, affairs, you name it! The story is told from several perspectives, kind of game of thrones-esque, if you’re into it. Really engaging and keeps one on one’s toes. (prmvz)
  • halo!! aku mau rekomendasiin 9-min wholesome short film “My Shadow is Pink“. ini tentang anak laki-laki yang feminin & suka “girly things, yang awalnya takut buat express himself. Tapi dengan dukungan ayahnya, dia jadi berani nunjukin jati dirinya. go watch it on YouTube! –sugar
  • Ketika lagi gak punya energi biasanya ngederin lagu Paramore-Last Hope sama Miley Cyrus-The Climb, jadii buat kamu yang lagi ngerasain kondisi ini aku merekomendasikan lagu tersebut. Semogaa bisa membantu (Anonymous)
  • Buat kalian yang masih susah tidur padahal udah aktivin bedtime mode atau sleep focus di smartphone kalian, cobain deh puter Headspace, ada di YouTube dan Netflix. Coz shorter sleep time leads to shorter life span. (Anonymous)
  • Aku punya rekomendasi lagu Quarter-Life Crisis by Judah and The Lion. Lagu ini ngajak aku untuk bantu siapapun sekalipun hanya jadi pendengar cerita mereka. Dan Aku yakin, pasti ada yang seenggaknya mendengarkan aku.
  • For you who love a cute-cartoon-animation-film, you have to watchTurning Red! Filmnya ringan, cuma sekitar 1.5 jam aja, cocok untuk semua umur dan lesson to learn-nya: 💯. Dengan latar belakang historikal cina, film ini mencoba untuk memadukan antara cerita kutukan ancestor jaman dahulu kala yang masih jadi turunan saat ini. Dan disini bisa keliatan juga figur “Tiger Mom” yang mempengaruhi banyak perilaku seorang anak. Seru deh!
  • Musik hip hop & rap bisa juga jadi penyemangat dan membawa suasana positif. Coba deh dengerin Bertahan (NEO feat Ras Muhammad), Bersyukur (Son of Litnerd feat ECKO SHOW), atau Jalan Panjang (Saykoji)
  • Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day
 
“I prove to myself that if I believe in something and set my midnd to it I could actually accomplished it.”
 
– Salma Hayek-

Thank you note


Thanks to Jeon Jungkook for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here. Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Advertisement