Aturan Ganjil Genap Arus Mudik 2022

85

Here comes to you: Another Mudik 101

What’s new?
Aturan ganjil genap yang bakal diterapkan tiga hari dalam mengantisipasi arus mudik 2022. Nah adapun kebijakan ini udah dimulai dari kemarin, hari ini, sampai besok, dan berlaku selama dua hari di titik-titik tertentu. Jadi kalau kamu yang mau mudik lewat jalur darat, you better read this.
 
Okay, what is it?
Jadi gini, buat menghindari kepadatan yang bakal terjadi di arus mudik Lebaran yang bakal terjadi minggu-minggu ini, Polri, barengan sama Kementerian Perhubungan dan pihak-pihak terkait menerapkan berbagai kebijakan nih, gengs. Khususnya buat kamu yang mau mudik lewat jalur darat pakai mobil pribadi. Adapun salah satu kebijakannya adalah penerapan ganjil genap.
 
I don’t live in Ibu kota. Ganjil genap tuh maksudnya piye?
Jadi, penerapan aturan ganjil genap tuh diliat dari pelat mobil yang kamu pakai buat melintas di kawasan tertentu, disesuaikan sama tanggal di hari itu, gengs. Misal nih, hari ini tanggal 26, angka genap tuh kan, nah berarti kendaraan yang bisa melintas cuma boleh yang pelat terakhirnya angka genap, 2,4,6,8, gitu-gitu. Nah, ganjil juga sama. Lusa tanggal 27, berarti kendaraan yang boleh melintas cuman yang pelat terakhirnya angka ganjil, 1,3,5,7, dst.
 
Di mana aja emang berlakunya?
OK. Take note. Jadi aturan ini berlaku di Tol Cikampek KM 47, sampai ke Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, guys. Disampaikan oleh Kabag OPS Korlantas Polri Kombes Edy Djunaedi, aturan ganjil genap ini dilakukan di area di waktu yang juga udah ditentukan. Hari ini, tanggal 26, bakalan ada ganjil genap mulai dari Tol Cikampek KM 47 sampai ke Gerbang Tol Palimanan KM 188 dari jam 11 sampai 1 siang. Terus buat besok tanggal 27, mulai jam 10 pagi sampai 5 sore, ada ganjil genap dari Cikampek sampai ke Gerbang Tol Kalikangkung KM 144.
 
Thank you for the information…
You’re welcome. Adapun Pak Edy juga bilang selain aturan ganjil genap, ada juga rekayasa lalu lintas lain yang bakal diterapkan kalau masih juga ada kepadatan. Kayak contraflow aka lawan arus dari arus lalu lintas normal, sama one way aka jalan satu arah. Rekayasa lalu lintas ini sendiri udah di-approve sama Kementerian Perhubungan, gengs.  Dan udah mulai disosialisasikan ke masyarakat lewat media sosial dan dynamic message sign aka DMS.
 
Semoga lancar deh yha…
Amen. Oya,  jangan coba-coba buat bandel alias nggak menaati peraturan ini, guys. Karena kalau kamu masih bandel, bakalan langsung di-stop sama petugas yang jaga di sana dan langsung diarahin buat puter balik ke Jakarta. Terus, ngomong-ngomong soal penjagaan, di Jawa Barat sendiri pihak kepolisian udah menyiapkan 239 pos jaga dan 74 pos pelayanan buat make sure pelaksanaan mudik dan arus lalu lintas berjalan lancar.
 
Got it. Anything else I should know?
Btw siapa yang udah nggak sabar mau mudik cungggg??!! Iya yah, udah dua tahun nggak mudik, nggak kumpul sama keluarga, pasti mixed feelings banget tahun ini akhirnya bisa balik lagi kumpul bareng keluarga pas lebaran. Pokoknya buat kamu yang mau Mudik, hati-hati di jalan, ya. Enjoy the moment dan tetap taat prokes. Biar nggak ada lagi gelombang-gelombang Covid-19 setelah Lebaran kayak yang pernah dibilang Presiden Jokowi tempo hari.