Aplikasi PeduliLindungi Diduga Melakukan Pelanggaran HAM, Penyerangan Tentara Israel Terhadap Warga Palestina, THR ASN Cair Mulai Tanggal 22 April, Kegiatan Fisik Ringan Mengurangi Resiko Depresi Substansial

87

Hello hello!
Rise and shine and welcome back to Monday! Yep, entering the third week of Ramadan, and we know you’re still going strong. Are you already counting the days to THR now? Us can relate. Just hang in there a little bit more and let’s catch up!

Who’s having human rights violation in mind…

The US, over PeduliLindungi things.
Iya nih guys, over the weekend kemarin, netizen Indo dibuat, “Hah gimaneee?” sama Amerika Serikat yang ujug-ujug ngebahas soal aplikasi yang pasti ada di hape kamu saat ini, PeduliLindungi. Katanya, aplikasi PeduliLindungi ini diduga udah melakukan pelanggaran HAM.

Whattttttt????
Yoi. As we all know masalah human rights aka hak asasi manusia aka HAM tuh masih jadi masalah yang concerning di hampir seluruh belahan dunia, di mana kasus pelanggarannya masih banyak banget di… pretty much everywhere. Nah terkait HAM ini, Kementerian Luar Negeri AS emang rutin bikin riset dan laporan terkait kasus pelanggaran HAM di negara-negara sepanjang tahun 2021 kemarin. Laporannya sendiri di-publish secara online dan memuat kasus-kasus dugaan pelanggaran HAM di 200 negara di dunia, termasuk Indonesia.

 

Tell me more about the reports…
Ok kita skip langsung ke bagian Indonesia. Jadi gengs, laporan itu memuat berbagai tuduhan pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia. Mulai dari konflik yang happening di Papua dan Papua Barat, terus berbagai kasus pembunuhan sewenang-wenang yang apparently dilakukan oleh aparat, independensi peradilan, adanya UU pencemaran nama baik, sampai ke campur tangan pemerintah terkait privasi. Nah soal campur tangan terkait privasi ini, laporan itu spesifik banget menjurus ke aplikasi PeduliLindungi yang masyarakat kita pakai buat tracing kasus Covid-19 di Indonesia.

 

Apa hubungannya sama pelanggaran HAM?
Gini guys, di laporan itu dijabarkan bahwa aplikasi PeduliLindungi yang pemerintah kita pakai tuh disebut berpotensi melanggar hukum terkait privasi, household atau korespondensi. Secara aplikasinya kan nyimpen data pribadi kita kayak nama, NIK, tanggal lahir, email, sampai tempat-tempat publik yang pernah kita datengin semuanya ada track record-nya di situ yang mana sebenernya itu confidential banget kan. Nah pemerintah Amerika Serikat menyebut data itu diambil, disimpan, dan dikelola sama pemerintah secara ilegal dan tanpa izin, guys. Makanya sampai masuk ke list pelanggaran HAM.

 

I see…
Nah menanggapi isu ini, Kementerian Kesehatan langsung angkat bicara. Jubir Kemenkes Siti Nadia Tarmdizi menyebut bahwa tuduhan AS itu nggak berdasar banget, gengs. Karena aplikasi PeduliLindungi tuh udah menerapkan prinsip-prinsip tata kelola aplikasi yang jelas, termasuk sama kewajiban perlindungan data pribadi yang udah legit juga. Terus, Bu Nadia juga bilang pengembangan PeduliLindungi tuh udah sesuai sama kesepakatan global yang dibuat WHO due to penanganan Covid 19. Pun keamanan dan perlindungan data pribadi di situ selalu jadi prioritasnya Kemenkes, kata Bu Nadia.

 

Terus terus?
Selain dari Kemenkes, Komnas HAM juga menyampaikan pandangannya. Menurut Komisionernya Beka Ulung Hapsara, aplikasi PeduliLindungi ini udah sesuai dengan aturan terkait perlindungan hak warga negara dalam situasi darurat kesehatan. Namanya kondisi darurat kesehatan yha pemerintah harus do something dong buat tracing dan treatment ini virus. Makanya dibuatlah aplikasi PeduliLindungi. Lebih jauh Pak Beka udah mengkonfirmasi kalau sejak aplikasi PeduliLindungi pertama kali diluncurkan sampai sekarang, belum ada aduan, complaint atau protes dari masyarakat terkait pelanggaran HAM dari si aplikasi ini.

 

Got it. Anyone saying anything?
Ada dong. Menko Polhukam Mahfud MD juga ikut ngebela PeduliLindungi ni guys. Menurut Prof Mahfud, Indonesia tuh penanganan Covidnya udah bagus, dan termasuk paling bagus di Asia dan ada di jajaran atas secara global. Kita bahkan lebih bagus dari AS malah. Nah salah satu alasan yang bikin penanganan kita bagus adalah adanya aplikasi PeduliLindungi ini. Kalau ada yang mau keluar-keluar, pergerakannya tuh bisa dicek dari aplikasi kan. Kalo ada yang suspicious dikit, juga geraknya langsung dibatasi. It’s a good thing gitu lo. Buat melindungi rakyat juga kan ujungnya.

 

Understood.
Terkait hal ini, Jubir Kementerian Luar Negeri Indonesia Teuku Faizasyah menyebut bahwa di dunia tuh nggak ada negara yang bener-bener perfect nanganin isu HAM, nggak di Indonesia, nggak di AS. Terus, Pak Faiza juga menyebut bahwa emangnya di AS gaada kasus pelanggaran HAM? Yoi, fyi di sana juga belakangan ini lagi rame terkait kasusnya George Floyd sampe ada #BlackLivesMatter kan kemarin. Jadi mending sama-sama perbaiki diri aja, kalau kata Kemenlu RI mah.

 

Got it. Anything else I should know?
Btw report dari Kementerian Luar Negeri AS tuh bukan laporan pertama yang mempermasalahkan aplikasi PeduliLindungi. Report sejenis juga pernah dikeluarkan dari University of Toronto, Kanada, waktu 2020 kemarin. Di situ disebutkan bahwa di PeduliLindungi tuh ada penarikan data yang nggak necessary buat tracing data Covid-19. Tapi, again dikonfirmasi lagi sama Kemenkes bahwa fitur-fitur dan data yang dibutuhkan di situ tuh dibutukan buat penangan Covid-19 yang sifatnya emang dinamis.

When there’s another heartbreaking news from….

Palestina.
Iya guys, sedih banget deh. Nggak abis-abis berbagai macam penyerangan dan violence yang terjadi terhadap warga Palestina oleh tentara Israel. Jum’at kemarin, ada lagi penyerangan yang dilancarkan tentara Israel di Masjid Al-Aqsa dan bikin ratusan orang luka-luka.

 

OMG background pls.
Sure. Jadi cerita awalnya tuh gini, guys. Jumat dini hari, umat muslim di Yerusalem kan lagi menjelang salat subuh tuh di Masjid Al-Aqsa. Nah tiba-tiba, ada ribut-ribut di luar. Rupanya di luar udah ada pasukannya tentara Israel yang mau ngebubarin massa yang mereka anggap sebagai kerumunan kekerasan. Kerumunan kekerasan ini sendiri dibilang sama Israel karena satu jam sebelumnya, ada orang-orang bertopeng yang diduga dari Masjidil Aqsa terus ngelemparin batu ke Tembok Barat di mana Tembok Barat itu tempat sucinya Umat Yahudi buat berdoa.

 

Terus mereka marah?
Nah mereka marah dong di situ. Makanya langsung deh para tentara itu maju ke Masjidil Aqsa tadi dan menindak orang-orang yang ada di sana. Diketahui bahwa para tentara Israel itu menembakkan gas air mata sekalian ngelempar granat ke arah masjid, terus ada juga korban yang matanya tertembak oleh peluru karet. Pokoknya chaos lah gengs,  sampai bikin sebanyak 150 orang luka-luka. Terus sebagian dari jemaah yang ada di lokasi juga beberapa ditangkap oleh tentara Israel.

 

🙁
Menurut keterangan dari Petugas CCTV di Masjidil Aqsa Rami Al-Khatib, para tentara Israel itu tiba-tiba aje masuk ke Masjidil Aqsa dan literally langsung menyerang warga yang lagi berada di dalem. Mau yang muda, yang tua, sampai staf masjid juga kena. Nggak cuma itu, right after kericuhan terjadi, petugas dan paramedis yang berupaya untuk mengevakuasi korban juga disebut dihalang-halangi oleh tentara Israel, sampe menyebabkan beberapa dari petugas medis juga luka-luka.

 

OMG…
Yep, insiden ini tentunya menyebabkan kemarahan ga cuma di komunitas Palestina aja, namun juga international communities. Negara tetangga Palestina, Yordania, bilangnya tindakan Israel tuh udah berbahaya banget dan bisa bikin keadaan sekarang yang udah ribet antara Israel sama Palestina jadi makin complicated. Dan sebagai dukungan untuk Palestina, orang-orang di Jordan pada ngumpul di dekat gedung Kedubesnya Israel di sana dan nge-chant slogan-slogan Pro-Palestina gitu. Selain itu, Mesir juga diketahui mengecam tindakan Israel dan maju paling depan ngebela rakyat Palestina.

 

Kalau Palestinanya sendiri?
Marah banget lah. Terus Hamas, selaku otoritas perwakilan pemerintahan Palestina menyebut bahwa penyerangan di Masjidil Aqsa tuh sebagai perkembangan yang super berbahaya dan deklarasi perang. Mereka juga berjanji tidak akan membiarkan orang-orang Israel mengusik masjid yang jadi salah satu dari tiga tempat sucinya Umat Muslim di seluruh dunia itu, at all costs. Masih dari keterangan pihak Hamas, mereka juga meminta masyarakat dunia untuk sama-sama working together buat mengakhiri agresi militernya Israel di tanah Palestina.

 

I believe Israel also has a say….
Menteri Public Security-nya Israel, Omar Barlev, yang juga bos besarnya tentara-tentara itu bilang mereka sebenarnya nggak ada urusan buat ganggu orang di tempat ibadah kayak gitu. Omar menyebut bahwa para tentara terpaksa melakukan tindak kekerasan karena dugaan orang Palestinanya yang mulai duluan dengan lempar batu tadi, gengs. Lagian juga, right after penyerangan, masjid tetap boleh beroperasi pas ibadah salat Jumat dan dihadiri oleh 60 ribu jemaah. Dari situ Omar menyebut bahwa kebebasan beribadah buat Yahudi dan Muslim tetap ke-maintain di Israel dan wilayah kekuasaannya.

 

I see. Anything else I should know?
Fyi sebagai negara yang selama ini stand for PalestineIndonesia melalui Kementerian Luar Negeri juga udah merespons insiden ini. Dari akun Twitternya, pihak Kemenlu bilang mereka mengecam keras tindakan kekerasan bersenjata yang dilakukan Israel di Al-Aqsa. Di situ disebutkan tindakan Israel tuh nggak bisa dibenarkan, and it must stop. Apalagi itu kejadiannya di masjid dan lagi bulan Ramadan pula.

When you’ve been waiting for THR so bad this year….

It’s on the way, guys.  
Or even arrived? THR kamu udah cair belum ni? Well, kalo kamu part of Aparatur Sipil Negara aka PNS, sabar aja gengs, karena most likely THR kamu bakal bisa cair start from tanggal 22 nanti, dengan jumlah yang lebih besar dari tahun lalu.

 

Whoa tell me. 
Sure. Jadi minggu lalu, Presiden Jokowi udah confirmed bahwa THR Idul Fitri di tahun ini buat para PNS di pusat, daerah, TNI, Polri, sampai pensiunan tuh pasti bakalan cair. Secara PP aka peraturan pemerintah terkait pemberian THR ini juga udah ditandatangani langsung oleh beliau per tanggal 14 kemarin. Jadi udah fix tinggal nunggu cair aja guys. Nah pertanyaannya adalah, ini udah minggu kedua puasa kok belum ada tanda-tandanya yhaa…

 

Iya, hiks. 
Well, same here. Tapi tenang aja guys karena Menteri Keuangan Bu Sri Mulyani bilangnya THR Idul Fitri bakalan mulai disalurkan di H-10 Lebaran aka start from tanggal 22 April nanti. Bu Ani menyebut, penetapan dana THR tuh udah disesuaikan dengan kemampuan anggaran negara in the middle of keadaan dunia yang lagi susah gara-gara lonjakan harga bahan pokok. Tapi yha tetep, negara bakal ngasih hak pegawainya biar bantu-bantu kebutuhan lebaran.

 

Spill dong berapaan si dapatnya
Nah soal itu. Dari keterangan Bu Ani, THR tahun ini tuh meliputi satu bulan gaji pokok atau pensiunan pokok, guys. Ditambah berbagai tunjangan yang melekat di gaji atau pensiunan pokok itu. Mulai dari tunjangan keluarga, tunjangan pangan, sampai ke tunjangan jabatan struktural atau fungsional. Nggak sampai di situ, tahun ini, ada juga tambahan 50% buat tunjangan kinerja aka tukinThat being said, THR tahun ini tuh jumlahnya most likely bakal lebih besar dari tahun lalu.

 

Wihiiii
Nah terus, Bu Ani sih bilangnya tambahan tunjangan kinerja 50% itu berlaku buat PNS yang kerjanya di pusat. Nah, kalau di daerah, tukin yang bisa dikasih tuh maksimal 50%, jadinya yha bisa aja kurang dari itu. Terus, pencairannya juga harus based on kemampuan kapasitas fiskal masing-masing daerah yang aturannya udah jelas ada di Undang-Undang. Adapun anggaran yang udah disiapkan sebesar Rp10.3 triliun buat PNS pusat, Rp15 triliun buat PNS daerah dan Rp9 Triliun buat pensiunan yang asal dananya dari APBN, APBD, dan dari pos di Bendahara Umum Negara aka BUN.

 

I see. Anything else I should know?
Fyi karena aturan urusan THR ini udah ditetapkan sebagai peraturan pemerintah yang ditandatangani langsung sama Presiden, meaning pencairannya harus tetap dilakukan no matter what. Terus, kalau udah lebaran tapi THR tetap belum keluar gara-gara masalah teknis, kementerian atau lembaga wajib mencairkannya abis lebaran, gengs. Jadi nggak ada alasan buat kamu nggak dapat THR tahun ini. Again yah, kalo kamu abdi negara. Xixixixi

When you really need more reasons to exercise…

Because you’ll be stress-free.
Iya guys, kamu mungkin udah sering denger ya bahwa olahraga itu bagus banget ga cuma buat badan kamu, tapi juga untuk kesehatan mental. Nah, to give you more motivation to get moving, kamu harus tahu nih bahwa menurut riset terbaru, kegiatan fisik yang dikit atau ringan banget aja tuh, kayak jalan kaki, udah bisa mengurangi resiko kamu mengalami depresi secara substansial.
Yes, jadi dalam penelitian yang dirilis di jurnal JAMA Psychiatry minggu lalu, ditemukan bahwa orang dewasa yang melakukan olah raga ringan aja, kayak jalan kaki sebanyak 1,25 jam per minggu ini diketahui memiliki 18% resiko yang lebih rendah terkena depresi dibandingkan mereka yang ngga bergerak sama sekali. Meanwhile, US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) sendiri merekomendasikan orang dewasa tuh jalan kaki-nya minimal 2,5 jam per minggu. Nah kalo sampe sesuai rekomendasi minimal tadi, maka resiko depresinya berkurang sampai 25%.

 

FYI, manfaat ini ditemukan paling ngefek pada individu yang baru mulai berolahraga atau yang baru bertransisi dari couch potato. Jurnalnya juga merekomendasikan buat kamu-kamu yang baru mulai olah raga supaya start small, karena ternyata gerak dikit aja tuh udah membawa hasil yang positif buat tubuh kamu. Yang penting kan konsisten ya guys...

“Saya kaget kok ramai.”

Xixixixi gitu guys kata pengusaha yang lagi viral, Joko Suranto setelah dia ngeluarin duit sebesar Rp 2,8 miliar buat benerin jalan di depan rumahnya yang terletak di Grobogan, Jawa Tengah. Jadi Pak Joko ini gedeg guys, karena tiap pulang kampung ke rumahnya, jalan aksesnya tuh rusak terus. Warga juga sebenernya udah sering mengadukan kerusakan tersebut ke Dinas PUPR setempat, tapi masih belum dibenerin juga tu, padahal udah puluhan tahun. Yha daripada nunggu-nunggu kan, Pak Joko yang juga dijuluki Crazy Rich Grobogan itu memutuskan untuk benerin sendiri jalan tersebut dan sampe ngabisin duit lebih dari 2m.

Somebody knows how to make an entrance during mudik really well…

Announcement


Thanks to ur lovely reader, seseorang, & bunda jisung for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Repeat after us: We need to take care of the earth, while still taking care of ourself. That’s why, these tips are so important.