3 Ekor Harimau Sumatera Tewas di Provinsi Aceh

75

When there’s just another sad story about our nature…

Three Sumatran tigers just got killed 🙁

Iya guys, kenapa ga abis-abis ya, kisah soal kematian hewan dilindungi ini gara-gara ulah manusia. Kali ini, berita duka datang dari Provinsi Aceh, di mana aparat setempat baru aja menemukan tiga ekor harimau Sumatera yang tewas karena terkena jerat yang dipasang oleh manusia. Mayat ketiganya ditemukan di salah satu area perkebunan punyanya PT Aloer Timur, Desa Dri Mulya, Kabupaten Peunaron, Aceh Timur. Yang bikin miris, dua dari tiga harimau itu ditemukan berdempatan dan berjenis kelamin jantan dan betina. Lalu satu ekor lagi ditemukan di lokasi yang ga jauh dari mayat sebelumnya, dan karena kena jerat juga. Menurut tim Forum Konservasi Lauser (FKL) Hendra, hewan-hewan malang itu meninggal karena terjerat kawat yang dipasang untuk menjerat babi. Selanjutnya, pihak berwajib tengah melakukan penyelidikan terkait temuan ini, dan bakal dicari tahu juga apakah ada unsur kesengajaan atau nggak dalam pemasangan jebakan ini. Kalau ternyata ketahuan itu sengaja ulah manusia, BKSDA Aceh bakalan usut tuntas tas tas sampai ke akarnya siapa yang udah pasang jerat ke harimau-harimau itu. Bakal dipastikan juga kalau itu pelaku bakalan dapat hukuman yang setimpal sesuai hukum dan Undang-Undang yang berlaku.
 
Nah guys, secara udah musim mudik nih, terus kalo kebetulan kamu mudik ke Sumatera, plz plz plz kasih tahu keluargamu bahwa harimau Sumatera itu udah critically endangered, dan tersisa kurang dari 600 ekor di alam liar. Menurut IUCN, setidaknya ada 50 harimau Sumatera yang dibunuh di Indonesia setiap tahun antara tahun 1998 dan 2002, dan kalo aksi perburuan kayak gini ga segera dihentikan, maka populasi mereka juga bakal segera punah. Sedih banget kan guys 🙁