Yoon Suk Yeol Presiden baru Korea Selatan

129

Who’s going to start a new job?

Yoon Suk Yeol. Presiden baru Korea Selatan.
Iya guys. kamu harus tahu nih bahwa next year, misalnya BTS jadi duta PBB lagi, most likely mereka berangkat ke New York dengan wajah baru, yakni bareng Presiden Korsel yang baru aja menang pemilu, Yoon Suk Yeol.
 
Tell me.
OK. Jadi minggu lalu, Korea Selatan baru aja menggelar pemilu presiden di mana ada 44juta orang warga yang eligible to vote menentukan siapa yang bakal jadi presiden menggantikan presiden mereka sekarang, Moon Jae-in. Yoi guys, jadi Presiden Jae-in ini udah menjabat selama lima tahun dan gabisa re-elected lagi (dan gabisa perpanjangan masa jabatan atau tiga periode walaupun negaranya abis kena COVID-19)…
 
Uhm… ngomongin Jae-in apa Jae-ko…
Jae-in. Beneran. Nah jadi, pemilunya itu seru banget karena literally banyak drama. Yep, mulai dari name-calling antar kandidat, tuduh-tuduhan korupsi, sampe jumlah peserta pilpres yang ga tanggung-tanggung, ada 14 orang! Nah namun dari seluruh kandidat itu, muncul dua kandidat terkuat, yakni Lee Jae-myung dari Partai Demokrat yang incumbent, dan Yoon Suk-yeol dari partai oposisi. Terus dengan voters turnout mencapai 77%, diketahui bahwa pemenang Pilpres kali ini adalah Yoon Suk-yeol, dengan selisih yang tipiss banget kurang dari satu persen dari Lee Jae-myung. FYI, pemilu kali ini juga disebut-sebut paling dramatis dengan hasil paling tipisss setipis silet sepanjang sejarah Korsel.
 
Interesting. Tell me about the new president’s cv.
OK. Jadi presiden barunya Korsel ini dulunya adalah mantan jaksa yang udah berkarier selama 27 tahun. Nah selama jadi jaksa inilah, nama doi melambung tinggi karena berhasil melakukan investigasi atas berbagai dugaan kasus korupsi, termasuk di antaranya yang melibatkan presiden Korsel sebelumnya, Park Geun-hye. Nah tapi guys, para oppa dan eonnie kita di sana juga harus bersiap dengan pemerintahan yang kanan aka konservatif, karena beda sama Presiden Moon terdahulu yang demokrat liberal, Presiden Yoon ini punya pandangan yang super konservatif kanan.
 
Like…
Like, misalnya, dalam hal kebijakan luar negeri, Presiden Yoon udah bilang bahwa negaranya bakal lebih tegas dan keras sama China dan Korea Utara. Hal ini beda banget sama Presiden Moon yang mengutamakan silaturahim selalu sama tetangga Kim Jong un. Selain itu, salah satu poin utama kampanye presiden baru ini adalah penghapusan kementerian gender di Korsel. Kenapa? Karena dia anti-feminis dan emang selama ini view anti-feminis lagi rising banget di Korsel, dan hal inilah yang jadi salah satu kunci kemenangan Presiden Yoon. Karena, doi langsung didukung pol-polan sama para oppa, ahjussi, hyung, intinya cowok-cowok di Korsel deh.
 
HAH serius?
Iya, jadi ternyata, selama ini isu gender selalu jadi isu yang panas di Korsel karena warga di sana merasa ni feminism-nya Korsel udah “kebablasan”. Yep, sejak Presiden Moon menjabat di tahun 2017, banyak banget kebijakan yang mempromosikan gender equality, dan ini bikin cowok-cowok di sana merasa didiskriminasi, khususnya di dunia kerja. Yha misalnya aja dengan adanya wajib militer, mereka jadi rugi dong gabisa ngejar karier, kalah sama cewek yang bisa terus bekerja. Padahal menurut data, cuma 15,6% posisi menegerial senior di Korsel yang dipegang oleh cewek.
 
Geez…
Ya tapi tetep aja, menurut Presiden Yoon, gender equality inilah juga yang jadi biang kerok rendahnya angka kelahiran di Korsel, makanya gaada lagi deh feminist-feminist-an karena w anti-feminist, gitu kira-kira. Nah hal inilah yang disebut banyak analis politik bikin Yoon menang, karena emang paham anti-feminis lagi meningkat di Korsel, dan message-nya itu langsung nyampe ke cowok-cowok yang memang merasa dirugikan dengan kebijakan yang promote gender equality dari presiden sebelumnya. Dengan terpilihnya Yoon ini, banyak pihak yang memprediksi bahwa perjuangan kesetaraan gender di Korsel bakal menemui tantangan yang makin berat ni guys.
 
Got it. Kalo selain soal feminisme?
Well, doi sih sekarang lagi nyiapin masa transisi buat mengalihkan kepemimpinan sebelum akhirnya dilantik pada bulan Mei mendatang. Adapun program kerja lainnya yang lagi disiapin sesuai janji kampanye adalah bantuan yang “fair and complete” buat keluarga yang ekonominya terhambat karena Covid, nge-create lampangan kerja baru, ngebangun jutaan rumah, sampai meningkatkan layanan kesehatan buat child care.
 
OK. Anything else?
Terkait kemenangannya ini, President Yoon udah dapet ucapan selamat dari Presiden Jokowi. Kata Pak Jokowi, “Selamat ya hyung. Looking forward untuk bisa kerja bareng. Dan makasi juga buat bestie Presiden sebelumnya Moon Jae in atas kerja samanya dalam memperkuat persahabatan kita.”