Wacana Covid Beralih Dari Pandemi Jadi Endemi

86

When you’ve been craving for some good news….

It’s here.
 
Whoaaa apatuuu??
Iya guys, wacana Covid yang nakal segera beralih dari pandemi jadi endemi is getting real and it’s getting much closer deh. The good news is, mulai minggu depan, kalau naik pesawat atau naik KA atau kapal laut udah nggak perlu menunjukkan bukti tes PCR atau antigen lagi, guys.
 
Asikkkk, so excited!
Iya kan. Hal ini disampaikan langsung sama Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan kemarin banget nih, melalui siaran virtual terkait status PPKM di tanah air. Jadi keputusan ini diambil karena kasus Covid di Indonesia sekarang tuh udah getting better, terus juga penanganannya juga makin oke, ditambah kasus harian secara nasional yang udah makin turun dengan signifikan. Selain itu, kondisi penanganan kasus di rumah sakit juga sekarang tuh udah semakin kondusif, serta angka kematian yang jumlahnya terus melandai. Makanya pemerintah berani ambil kebijakan kayak gitu, guys.
 
Good to hear.
Yep. Terus soal PCR atau antigen ini, Opung Luhut sih bilangnya aturan ini bakalan dihapuskan for those yang udah vaksin sampai dosis kedua sama booster. Jadi, udah gass aja nggak perlu tes PCR atau antigen lagi buat pelaku perjalanan domestik. Terus, aturan ini kan bakalan mulainya minggu depan yah, dan bakalan segera legal dalam waktu dekat karena SE aka Surat Edarannya juga masih dalam proses.
 
Terus apalagi? We need more good news here…
Masih ada dongs. Karena kasus Covid-nya juga udah bagus nih, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat aka PPKM di Jabodetabek sama Surabaya Raya yang tadinya level 3, mulai kemarin udah diumumkan turun jadi level 2. Hal ini karena emang tingkat rawat inap di Jawa-Bali tuh udah menurun kecuali di Jogja. itu pun diperkirakan bakalan turun juga in a few days jadi yha masih aman lah.
 
I see….
Selain soal PCR, pemerintah juga mengatur bahwa buat kamu-kamu yang baru balik dari luar negeri, termasuk perjalanan umrah, karantinanya cukup satu hari doang. Yes, 24 hours only, berlaku mulai hari ini. Dikonfirmasi sama Menko Perekonomian Airlangga Hartanto, hal itu emang udah jadi arahannya Presiden Jokowi, guys.
 
So it’s getting real yes…
Yes. And speaking of umrah, buat kamu-kamu yang udah kangen ke tanah suci, berita baiknya juga masih berlanjut ni guys, di mana Arab Saudi udah menghapuskan aturan karantina dan bukti PCR negatif kalau jemaah mau masuk ke negaranya. Plus, kalau udah sampai di sana, kita nggak perlu social distancing lagi di masjid. Penggunaan masker juga udah nggak terlalu necessary kalau lagi jalan-jalan outdoor. Tapi di indoor sih masih harus, gengs.
 
Got it. Did anyone say anything?
Nah, merespon aturan terbaru di mana nggak perlu antigen dan PCR lagi kalau naik pesawat atau kapal laut atau KA, Jubirnya Kementerian Perhubungan Adita Irawati menyebut bahwa pihaknya nggak akan mengubah aturan sebelum aturan yang diperbarui itu udah ada hitam di atas putihnya aka udah official. Sampai sekarang mereka masih referring to aturan lama yaitu SE Nomor 22 Tahun 2021 tentang Syarat Perjalanan Dalam Negeri, jadi Kemenhub juga masih nungguin update-an lebih lanjut.
 
I see. anything else?
Fyi akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman, Arif Imam Hidayat bilangnya kalau Indonesia mau ngubah stage ini Covid dari pandemi jadi endemi, yang paling penting tuh emang harus fokusin di protokol kesehatan, gengs. Dan gimana caranya biar angka Covid tuh bisa stabil, nggak naik atau turun, yha harus ada disiplin prokes sama vaksinasinya juga harus merata. Jadi tetep jangan lengah, guys.