Sedikit Cahaya Ketika Tidur Malam Memberikan Efek Negatif

122

When you need a good quality sleep…

Turn off the lights.
 
Like, completely. Iya guys, hal ini karena udah terbukti banget secara scientific nih, bahwa cahaya dikit aja pas kamu lagi tidur malem tuh bisa memberikan efek negatif ke dalam tubuh. Jadi dalam penelitian yang dilakukan oleh the Center for Circadian and Sleep Medicine at Northwestern University Feinberg School of Medicine dan di-publish minggu lalu, diketahui bahwa sedikit aja cahaya pas lagi tidur, misalnya cahaya dari TV yang ngga dimatiin, itu ternyata bisa meningkatkan gula dalam darah dan meningkatkan detak jantung.
 
Dengan adanya peningkatan ini, maka proses rejuvenasi atau peremajaan sel-sel di tubuh kamu yang biasanya diperintahkan otak ketika kamu lagi tidur tidak akan berjalan maksimal. Selain itu, peningkatan detak jantung pas lagi tidur juga diketahui bisa meningkatkan resiko sakit jantung dan kematian dini. Terus, tingginya gula darah juga bisa menyebabkan diabetes tipe 2. Dan hal-hal ini bisa terjadi kalo kamu tidur dengan cahaya, meskipun cahayanya ga yang bersinar banget.
 
Nah, terus gimana caranya biar kualitas tidur kamu bisa bagus maksimal? Gampang guys, pastiin aja semua lampu udah mati, gorden ditutup, dan kalo memungkinkan sih, pake sleep mask. Jadi, kamu bisa bener-bener ngasih waktu buat badan kamu untuk do their job on rejuvenating your cells and organs. Cus!