Russia & Ukraina Updates 1 Maret 2022

61

When you need some updates from Ukraine-Russia

Well well well, something surely looks a little different here, where we don’t start the *work* week with COVID-19 updates, but with the heating tension between Russia and Ukraina! Yep, kondisi di sana makin panas aja deh guys, sejak serangan pertama kali dilancarkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin to the Ukrainian soil. Nah terus, over the weekend kemarin, ada kejadian apa aja di Rusia dan Ukraina? (Dan AS, dan NATO, dan the rest of the world that got affected...) Ini dia update-nya!

Catch Me Up!

  • Perkembangan terbaru banget ni guys, Rusia dan Ukraina udah setuju untuk “plz kita ngobrol dulu” di negara tetangga Belarus. Ini adalah pertemuan pertama yang terjadi antara kedua belah pihak setelah invasi berlangsung sejak lima hari yang lalu. Dalam pertemuan ini, tentunya kedua belah pihak bawa misinya masing-masing guys, dan kalo maunya Ukraina sih jelas: Gencatan senjata dan penarikan tentara Rusia dari teritorial Ukraina. Kali ini, justru Rusia nih yang sampe tulisan ini dibikin, belum jelas maunya apa dari negosiasi tersebut.
  • Sejauh ini, invasi Rusia ke Ukraina udah memakan korban sebanyak 102 warga meninggal, 304 luka-luka, dan hampir setengah juta warga jadi pengungsi. However, menurut High Commissioner UNHCR Michelle Bachelet, angkanya mungkin banget lebih dari itu.
  • Hari Minggu kemarin, negara-negara Uni Eropa udah kompak  menolak masuknya penerbangan asal Rusia di langit mereka. Dengan begini, maskapai penerbangan Rusia (contohnya Aeroloft) ga akan bisa terbang di atas langit Uni Eropa dan ini bakal ribet banget, secara Aeroloft jadi harus muter kalau mau terbang ke arah Barat. Sebaliknya, Rusia juga menutup air space-nya buat 36 negara, most of which di Eropa, dan bikin rempong juga guys. Secara pesawat-pesawat yang gabisa lewat jadinya harus muter dari Asia.
  • Meanwhile, pesawat asal Inggris juga udah dilarang mendarat di Rusia oleh Moscow, sebagai bentuk balas dendam atas aturan PM Boris Johnson yang melarang pesawat Aeroloft mendarat di bandara mana pun di Inggris. Nah bukan hanya langitnya guys, namun PM Johnson juga udah meminta pelabuhan seantaro Inggris untuk menolak kapal berbendera Rusia yang akan masuk.
  • Amerika Serikat, barengan sama sekutu-sekutunya yang lain, termasuk Inggris dan negara EU lainnya udah fix bakalan mengirim lebih banyak bantuan persenjataan buat Ukraina. Bahkan Hari Minggu kemarin, Presiden AS Joe Biden udah nge-acc bantuin senjata senilai US$350juta untuk mempersenjatai para tentara Ukraina, tapi kalo ngirim pasukan sendiri… uhmmm ngga dulu deh. Gitu kata Biden guys. 
  • Sejauh ini, ada sebanyak 67 ribu pengungsi dari Ukraina yang udah masuk ke Romania buat mencari perlindungan. Adapun para pengungsi ini nggak cuma datang dari kota-kota di perbatasan, tapi juga dari seluruh penjuru Ukraina yang perjalanannya aja tuh bisa makan waktu dua hari. Terus, sebagian besar dari para pengungsi ini adalah para lansia dan ibu-ibu yang bawa anak.
  • In the midst of this crazy crisis, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky baru aja menandatangani proposal ke Uni Eropa yang isinya meminta supaya negaranya diterima jadi anggota EU. Dalam suratnya itu, Zelenskyy juga meminta supaya proses penerimaannya itu dipersingkat, dan dia yakin sebenernya mekanisme gini bisa. Terus, presidennya EU Ursula von der Leyen menyambut positif permintaan Zelenskyy dan bilang, “Because they belong to us, they’re one of us, and we want them in.”  Tapi nggak pasti juga sih kapan bisa officially join-nya itu Ukraine.