Russia & Ukraina Updates 1 Maret 2022, PPKM Level III Diperpanjang, Banjir & Gempa di Sumatera, Hewan Peliharaan Menghindarkan Dari Memory Loss & Berkurangnya Kemampuan Kognitif

72

Good morning

Welcome to Tuesday. How was your long weekend? Did you get your much needed sleep? Well, if you’re one of those people who spent 15 hours+ on the road from Jakarta to Puncak, we hope you learned your lesson. Because we sure did. Let’s catch up now!


When you need some updates from Ukraine-Russia

Well well well, something surely looks a little different here, where we don’t start the *work* week with COVID-19 updates, but with the heating tension between Russia and Ukraina! Yep, kondisi di sana makin panas aja deh guys, sejak serangan pertama kali dilancarkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin to the Ukrainian soil. Nah terus, over the weekend kemarin, ada kejadian apa aja di Rusia dan Ukraina? (Dan AS, dan NATO, dan the rest of the world that got affected...) Ini dia update-nya!

Catch Me Up!

  • Perkembangan terbaru banget ni guys, Rusia dan Ukraina udah setuju untuk “plz kita ngobrol dulu” di negara tetangga Belarus. Ini adalah pertemuan pertama yang terjadi antara kedua belah pihak setelah invasi berlangsung sejak lima hari yang lalu. Dalam pertemuan ini, tentunya kedua belah pihak bawa misinya masing-masing guys, dan kalo maunya Ukraina sih jelas: Gencatan senjata dan penarikan tentara Rusia dari teritorial Ukraina. Kali ini, justru Rusia nih yang sampe tulisan ini dibikin, belum jelas maunya apa dari negosiasi tersebut.
  • Sejauh ini, invasi Rusia ke Ukraina udah memakan korban sebanyak 102 warga meninggal, 304 luka-luka, dan hampir setengah juta warga jadi pengungsi. However, menurut High Commissioner UNHCR Michelle Bachelet, angkanya mungkin banget lebih dari itu.
  • Hari Minggu kemarin, negara-negara Uni Eropa udah kompak  menolak masuknya penerbangan asal Rusia di langit mereka. Dengan begini, maskapai penerbangan Rusia (contohnya Aeroloft) ga akan bisa terbang di atas langit Uni Eropa dan ini bakal ribet banget, secara Aeroloft jadi harus muter kalau mau terbang ke arah Barat. Sebaliknya, Rusia juga menutup air space-nya buat 36 negara, most of which di Eropa, dan bikin rempong juga guys. Secara pesawat-pesawat yang gabisa lewat jadinya harus muter dari Asia.
  • Meanwhile, pesawat asal Inggris juga udah dilarang mendarat di Rusia oleh Moscow, sebagai bentuk balas dendam atas aturan PM Boris Johnson yang melarang pesawat Aeroloft mendarat di bandara mana pun di Inggris. Nah bukan hanya langitnya guys, namun PM Johnson juga udah meminta pelabuhan seantaro Inggris untuk menolak kapal berbendera Rusia yang akan masuk.
  • Amerika Serikat, barengan sama sekutu-sekutunya yang lain, termasuk Inggris dan negara EU lainnya udah fix bakalan mengirim lebih banyak bantuan persenjataan buat Ukraina. Bahkan Hari Minggu kemarin, Presiden AS Joe Biden udah nge-acc bantuin senjata senilai US$350juta untuk mempersenjatai para tentara Ukraina, tapi kalo ngirim pasukan sendiri… uhmmm ngga dulu deh. Gitu kata Biden guys. 
  • Sejauh ini, ada sebanyak 67 ribu pengungsi dari Ukraina yang udah masuk ke Romania buat mencari perlindungan. Adapun para pengungsi ini nggak cuma datang dari kota-kota di perbatasan, tapi juga dari seluruh penjuru Ukraina yang perjalanannya aja tuh bisa makan waktu dua hari. Terus, sebagian besar dari para pengungsi ini adalah para lansia dan ibu-ibu yang bawa anak.
  • In the midst of this crazy crisis, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky baru aja menandatangani proposal ke Uni Eropa yang isinya meminta supaya negaranya diterima jadi anggota EU. Dalam suratnya itu, Zelenskyy juga meminta supaya proses penerimaannya itu dipersingkat, dan dia yakin sebenernya mekanisme gini bisa. Terus, presidennya EU Ursula von der Leyen menyambut positif permintaan Zelenskyy dan bilang, “Because they belong to us, they’re one of us, and we want them in.”  Tapi nggak pasti juga sih kapan bisa officially join-nya itu Ukraine.

When you’re wondering if we’re still in pandemic mode…

Yes we are.
Karena baru aja kemarin nih, pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di berbagai daerah. Adapun PPKM untuk yang di Jawa Bali akan diperpanjang sampai 7 hari ke depan, sedangkan di luar Jawa Bali perpanjangannya sampe 14 hari ke depan.
 
Tell me more.
Sure. Jadi dengan adanya pemberlakuan ini, maka buat kamu-kamu di di Jabodetabek, Bandung Raya, Yogyakarta, sampai Surabaya Raya harus tetap waspada karena status PPKM di daerah tersebut masih bertahan di level 3. Terus, buat yang di luar Jawa dan Bali jumlah kasusnya juga meningkat gengs. Ga tanggung-tanggung, peningkatannya mencapai 31,7 persen. Makanya, Koordinator PPKM Luar Jawa-Bali yang juga Menko Perekonomian Pak Airlangga Hartarto menyebut bahwa PPKM di daerah yang jadi concern pemerintah tuh diperpanjang, guys.
 
I see… emang penambahan kasusnya banyak ya?
Well, masih menurut Pak Airlangga, emang jumlah wilayah PPKM Level III naik jadi 320 dari awalnya di118 di tingkat kabupaten/kota. Terus emang perpanjangan ini diputuskan supaya penyebaran virusnya nggak makin parah, secara di beberapa daerah kayak Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatera tuh kasus hariannya meningkat semua, guys. Berangkat dari asesmen inilah, pemerintah memperpanjang PPKM tadi.
 
Got it.
Nah tapi sebenernya kita udah bisa lebih bernapas lega, karena secara keseluruhan jumlah kasus yang ada di tanah air saat ini masih ada di level yang rendah di bawah varian Delta. At the same time, laju vaksinasi juga naik terus, di mana saat ini cuma tinggal 7 kabupaten/kota aja yang belum memenuhi syarat dosis kedua, dari 21 kabupaten/kota. Artinya, mayoritas kabupaten/kota di Indonesia udah memenuhi target vaksinasi guys.
 
Thank God…
Rite? Nah seiring dengan perkembangannya yang makin membaik ini, mulai hari ini, orang-orang yang baru balik dari luar negeri udah boleh karantina selama tiga hari aja, dari yang sebelumnya 10 sampai 14 hari. Hal ini disampaikan sama Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang menyebut bahwa ada beberapa syarat ni guys tapinya, kalo kamu mau karantinanya tiga hari aja. Syaratnya kamu udah harus vaksin booster, terus udah harus booking hotel karantina 4 hari. Jadi sistemnya tuh sampai Indo kamu harus tes PCR, nunggu di hotel, nah kalau negatif, di hari ketiga kamu harus PCR lagi. Kalau negatif juga, baru deh kamu bisa cuss keluar nggak perlu melanjutkan karantina.
 
Wow bisa gitu yha…
Bisa dong. Malahan nih yah, Opung bilangnya mulai 14 Maret nanti, pemerintah mau trial orang yang datang dari luar negeri mau masuk Bali nggak perlu karantina lagi aka bebas karantina aka bisa langsung cuss menghirup udara Bali sambil liat sunset di pantai. Syaratnya juga masih sama kayak yang karantina tiga hari, YAITU udah dapat booster. Terus, karena ngeliat data di COVID-19 di Bali beberapa minggu ini udah bagus, bisa aja aturannya diterapkan sebelum 14 Maret. Tapi ya gitu, semuanya harus berdasarkan assessment.
 
Di Bali doang nih?
Well, sebenernya pemerintah juga punya alasan kenapa Bali yang dipilih jadi tempat uji coba aturan perjalanan dari luar negeri tanpa karantina ini. Selain karena emang angka COVID-19 di sana yang terus menurun, tingkat vaksinasinya juga udah lebih tinggi dibanding provinsi lain. Selain itu, pemerintah juga punya target buat open border selebar-lebarnya aka orang dari luar negeri bebas masuk lagi ke negara kita nggak pakai karantina lagi, dan itu di tanggal 1 April nanti. Tapi trial dulu yang di Bali, kalau yang di Bali oke, ya udah 1 April udah boleh berlaku buat semua bandara Internasional di Indonesia.
 
Okay. Did anyone say anything?
Ada. Menkes Budi Gunadi Sadikin ada cerita kalau Presiden Jokowi udah kasi arahan buat mengalihkan status pandemi ini jadi endemi as soon as possibleThat being said, Kemenkes langsung gercep bikin protokolnya yang udah harus dipertimbangkan secara scientific, aspek kesehatannya gimana, terus aspek sosial budayanya juga gimana, yang bisa bikin aspek kesehatannya aman, tapi at the same time ekonominya juga lanjut terus. Jangan sampai salah strategi lah intinya.
 
Jadi strateginya gimana?
Well, selain mengubah aturan buat orang-orang yang abis dari luar negeri tadi, Pak Menkes juga udah mastiin kalau aturan buat vaksin booster juga diubah. Sebelumnya kan kalau mau dapat booster tuh minimal banget udah harus vaksin dosis kedua enam bulan sebelumnya yah, nah kalau ini tiga bulan juga bisa langsung gas dapat booster, gengs. Makanya kata Pak Budi kalau orang-orang udah bisa dapat vaksin booster, buruan deh tuh divaksin. Jangan lama-lama lagi, jangan pilih-pilih lagi. Karena pada dasarnya semua jenis booster tuh sama aja, guys.
 
Got it. Anything else?
Terus,  disampaikan juga sama Opung Luhut bahwa ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan kalau mau mengubah status dari pandemi jadi endemi. Misalnya, diliat dari kekebalan masyarakatnya gimana, lonjakan kasus harian juga harus udah rendah, sama fasilitas kesehatan yang ada juga harus udah proper. Terus, Opung Luhut juga menegaskan bahwa perubahan dari pandemi ke endemi ini bakal dilakukan secara bertahap dan berbagai assessment. Indonesia juga ga mau latah kayak negara lain yang langsung bebas sebebas-bebasnya, tapi semua harus diskusi dulu sama para pakar dan epidemiolog.

When things are getting more concerning in Sumatra…

Specifically in Aceh and West Sumatra.
 
Ada apa di sana?
Hiks, sedih banget deh guys, weekend kemarin, sebanyak 26 desa di Aceh Timur terendam banjir. Akibatnya, ribuan orang jadi terdampak. Selain itu, terjadi juga gempa di Pasaman Barat, Sumatera Barat yang susulannya terjadi sampai ratusan kali.
 
Tell me more.
Okay, jadi sebelum banjirnya terjadi, emang hujan turun selama dua hari full di Aceh Timur. Nah, luapan air ini kemudian berdampak pada aliran sungai yang ada di sana, namanya Sungai Krueng Keureuto sama Sungai Krueng Pirak yang meluap puoll. Plus sungainya juga posisinya deket banget sama pemukiman warga, sehingga langsung menyebabkan banjir. Adapun ketinggian banjirnya adalah sekitar 50cm-1 meter.
 
Hiks 🙁 di mana aja banjirnya?
Well, Kepala BPBA aka Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Ilyas, menyebut bahwa banjirnya itu terpusat di Aceh Timur. Spesifiknya, banjir itu merendam 9 desa di Kecamatan Pirak Timu, di Matangkuli ada 13 desa, terus di Lhoksukon ada dua desa, sama di Tanah Luas dan Langkahan yang masing-masing satu desa. Totalnya ada 26 desa yang terendam banjir gengs.
 
Terus orang-orang di situ gimana keadaannya?
Nah masih dari katanya Pak Ilyas, jumlah warga yang terdampak sama banjir ini, di Pirak Timu aja tuh udah mencapai 2.669 orang, sedangkan di kecamatan lain pendataannya masih on going. Terus, sejauh ini, belum ada korban jiwa dalam bencana ini.
 
Okay….
Dari Aceh kita geser dikit ke Sumatera Barat. Karena di Pasaman Barat, Sumbar, hari Jumat kemarin ada gempa sebesar 6,2 SR, gengs. Terus dari hari Jumat itu sampai Minggu kemarin, udah ada gempa susulan sebanyak 125 kali. Adapun gempanya sendiri memiliki pusat kedalaman di 10 km, dan tidak berpotensi tsunami. Akibat gempa ini, sedimen dari Gunung Talamau masuk ke hulu sungai dan menyebabkan penyumbatan. Jadinya, air meluap dan terjadi banjir bandang juga guys 🙁
 
Really?
Yep. Terus sejauh ini udah ada enam orang korban, satu di antaranya ditemukan udah meninggal. Tim SAR sendiri saat ini masih menyisir anak sungai untuk mencari korban hilang, tapi kalo kata Kepala tim SAR Padang Asnedi sih, sejauh ini belum ada tanda-tanda keberadaan korban. Hal ini karena emang kendala yang dihadapi tim di lapangan, kayak peralatan yang minim, akses yang sulit, dan ketinggian banjir 🙁 Meanwhile, ada sekitar seribu rumah yang rusak akibat banjir dan gempa, serta ada ratusan warga yang mengungsi di beberapa titik. Adapun salah satu titik pengungsian ada di rumah dinas bupati Pasaman Barat, di mana warga yang mengungsi secara berdesakan juga mulai kedinginan dan demam akibat belum dapet selimut 🙁
 
Terus sekarang gimana?
Well, menurut Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, sejauh ini gempa susulan menunjukkan grafik yang melemah. Jadi, sekarang yang perlu diwaspadai adalah potensi bencana hidro meteorologi yang berupa potensi banjir atau banjir bandang, mengingat saat ini emang masih musim penghujan. Bu Rita juga mengimbau masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran sungai di lereng Gunung Talamau untuk lebih waspada dan siaga.
 
Anything else I should know?
Sejauh ini, BMKG udah mengkonfirmasi bahwa gempa di Sumatra Barat tadi tidak berpotensi tsunami. Namun Bu Rita menjelaskan nih, bahwa ada tiga sumber gempa yang perlu diwaspadai sama masyarakat Sumbar. Yaitu pertama adalah Megatrash akibat tumbukan dasar Samudra Hindia ke bawah Pulau Sumatera yang sangat berpotensi terjadinya tsunami.Terus kedua, patahan Mentawai yang juga berpotensi tsunami. dan ketiga adalah patahan Sumatra yang jadi penyebab gempa darat kayak yang terjadi di Pasaman Barat.

When you looove watching cat videos…

Who doesn’t???
 
Yep, ada berita bagus ni buat kamu-kamu pecinta anabul aka anak berbulu, khususnya kalo kamu memelihara hewan peliharaan. Karena dari penelitian pendahuluan yang bakal dipresentasikan dalam American Academy of Neurology’s 74th Annual Meeting pada April mendatang, ditemukan bahwa punya hewan peliharaan itu bisa menghindarkan kamu dari memory loss dan berkurangnya kemampuan kognitif. Lebih jauh disebutkan bahwa kepemilikan hewan peliharaan juga bermanfaat banget buat melatih ingatan verbal kamu, kayak mengingat daftar kata-kata gitu. Jadi penurut salah satu penelitinya, yaitu Dr. Tiffany Braley dari University of Michigan, diketahui bahwa kalo kamu memelihara hewan peliharaan selama lima tahun aja, maka penurunan fungsi kognitif kamu bakal berkurang sampe 1,2 poin dibanding mereka yang ngga punya pets. Terus, kok bisa sih harus selama lima tahun? Iya guys, harus agak lama, karena emang kan terbukti bahwa punya hewan peliharaan itu bisa mengurangi tingkat stres dan burnout kamu, dan tingkat stres yang rendah kalo terjadi in a long term bakal ujung-ujungnya bikin kamu lebih sehat, dan fungsi kognitif kamu lebih baik.
 
Nah yang menariknya lagi, ternyata efek positif ini ngga cuma dirasakan kalo kamu punya kucing atau anjing, tapi termasuk juga berbagai jenis hewan peliharaan lainnya kayak kelinci, hamster, burung, ikan, sampe reptil. However, efek paling maksimal dirasakan oleh mereka yang memelihara anjing, dan di posisi kedua ada cat owners.
 
So, ready to adopt now?

“Belum tertarik membahas.”

Gitu guys kata Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh pas bahas soal wacana penundaan pemilu 2024 yang belakangan ini lagi rame. Kata Pak Surya, ya partainya belum bahas itu lah, dan mau fokus konsolidasi yang lain, Tapi kalo partai lain mau bahas yaaa kita hormarti. Gitu katanya guys.

When the long weekend is over and your boss already asked for your work report…


Announcement

Thanks to Farr and ims for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Need to instantly boost your mood? Try these foods.