Rusia – Ukraina Updates 9 Maret 2022

73

Here’s your 360° updates on Russia invasion to Ukraine

Catch Me Up!

In case you’re wondering, kita udah memasuki day 14 dari serangan Rusia ke Ukraina. Kondisi di sana udah banyak berubah guys, misalnya Ukraina yang makin mencekam karena Rusia bertubi-tubi menyerang mereka, dan Rusia yang juga… bisa dibilang lumayan pusing nih, karena banyaknya sanksi internasional yang dijatuhkan pada negaranya. Nah, biar ga usah nge-browsing satu-satu, yuk cek semua update-nya soal Rusia-Ukraina di sini!

  • Kemarin, Pemerintah Rusia baru aja mengeluarkan list atas negara-negara yang ngga temenan dulu, aka ‘unfriendly countries’ yang memuat nama-nama negara yang menjatuhkan sanksi kepada Rusia. Adapun negara-negara yang termasuk di dalamnya ada Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya kayak Inggris, dan negara-negara EU, Kanada, Korea Selatan, New Zealand sampai Singapura. Indonesia sendiri yang emang negara non blok nggak termasuk dalam daftar ini, gengs. Terus dengan masuk ke list “unfriendly” ini, maka seluruh hubungan bisnis maupun individu yang dimiliki Rusia dengan negara-negara tadi harus di-acc melalui pemerintah dulu.
  • Kemarin, World Health Organization aka WHO baru aja menyampaikan bahwa serangan Rusia terhadap fasilitas kesehatan kayak rumah sakit dan ambulans di Ukraina telah meningkat secara pesat. Hal ini tentunya bahaya banget guys, karena bisa menyebabkan habisnya supply alat-alat dan akses kesehatan buat warga di sana. WHO juga mengkonfirmasi bahwa per Senin kemarin, udah ada sembilan orang meninggal dari total 16 serangan ke fasilitas kesehatan sejak invasi Rusia berlangsung.
  • Now everybody’s eyes are on China… yang merupakan sahabat sejatinya Rusia nih. Jadi dalam meeting-nya sama Presiden Prancis Emmanuel Macron dan kanselir Jerman Olaf Scholz minggu lalu, Presiden China Xi Jinping bilang bahwa dunia internasional harus mendukung upaya perdamaian antara Rusia dan Ukraina. Doi hati-hati banget ni guys dalam nanggepin isu Rusia ini. Di mana so far, Presiden Xi belum mengecam serangan Rusia ke Ukraina, dan nggak menyebut serangan itu sebagai “invasi”.
  • Sejauh ini, Kementerian Luar Negeri Ukraina menyebutkan bahwa tentaranya telah berhasil membunuh 12ribu tentara Rusia. Jumlah ini ditambah dengan dihancurkannya 48 pesawat udara, 303 tank, 80 helikopter, dan lebih dari 1.000 kendaraan bersenjata. Nah tapi, Rusianya bilang bahwa korban meninggal dari pihaknya adalah 498 orang, dan lebih dari 1.500 orang yang terluka, Nah gabisa di-confirm juga ni guys, angka yang benerannya yang mana.
  • Sampai sekarang, Rusia masih sibuk nge-attack kota-kota lain di Ukraina. Terus kemarin, mereka baru aja nyerang sebuah pabrik roti di bagian utaranya negara itu dan membunuh 13 warga lokal. Hal ini bikin warga Ukraina semakin berupaya untuk kabur dari negaranya, dan data dari UN menyebut kalau sejauh ini, udah ada dua juta orang yang kabur meninggalkan Ukraina.
  • Masih ingat sama pembahasan kita kemarin yang ngomongin harga pangan yang naik karena konflik dua negara ini? Well, berangkat dari situ, Jerman bakal ngadain pertemuan virtual buat negara-negara G7 lainnya dan membahas lebih lanjut strategi apa yang harus dipakai biar harga pangan nggak makin melonjak dan gimana caranya pasar global tuh jadi stabil lagi.
  • Mulai kemarin, Rusia udah mulai membuka “koridor kemanusiaan”, di mana warga Ukraina bisa mengevakuasi dirinya dari Kyiv ke daerah-daerah lainnya di Ukraina. Adapun rute evakuasinya juga akan dibangun di kota-kota lain kayak Chenihiv, Sumy, Kharkiv and Mariupol, dan Interfax. Rusia sendiri udah mengumumkan bahwa pihaknya akan mengadakan gencatan senjata pada pukul 10 pagi waktu Moscow, yang bersamaan dengan dibukanya koridor ini.
  • Perusahaan brand kosmetik dan skincare Estee Lauder yang basisnya ada di New York dari kemarin mulai nge-freeze semua kegiatan komersil mereka di Rusia, termasuk product shipping ke negara itu juga dihentikan. Yha apalagi kalau bukan sanksi yang dikasih ke Rusia karena invasinya ke Ukraina itu.