Rusia – Ukraina Gagal Gencatan Senjata

68

When you need the newest update on Ukraine-Russia war…

They tried, but failed.
 
On what?
On the peace talksIya guys, jadi Senin lalu waktu setempat, Rusia dan Ukraina udah deal untuk mengupayakan peace talk aka gencatan senjata demi mengakhiri perang yang saat ini tengah terjadi. Namun hasilnya…ga berhasil.
 
Tell me more. 
Ok, jadi setelah Kamis lalu Rusia melancarkan serangan militer ke Ukraina, maka kedua belah pihak akhirnya setuju untuk duduk bareng nih. Semacam, “Ayo kita bahas gimana caranya biar ga makin perang, secara efeknya emang parah banget buat kedua negara.” Adapun pertemuannya diadakan di Belarus, yang merupakan sekutu Rusia. Jadi awalnya tuh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy nggak setuju meeting-nya diadain di Belarus, karena ya tuan rumahnya ga netral. Tapi akhirnya doi setuju juga, walaupun sejak awal Zalenskyy udah bilang bahwa dia ga yakin nih bahwa meeting-nya bakal berhasil.
 
Okay….
Nah, kalian harus tahu nih guys, sebagai salah satu negara pecahannya Uni Soviet, Belarus tuh statusnya udah non-nuklir yang artinya negara itu udah nggak lagi punya nuklir. itu juga yang jadi alasan kenapa Belarus yang akhirnya dipilih jadi lokasi pertemuannya Ukraina sama Rusia. Terus di pertemuan itu, both presidents Zelenskyy sama Putin kompak nggak dateng di meeting kemarin. Jadi hanya beberapa jajaran menterinya aja yang turut hadir.
 
Tell me more about the meetings…
Ok. Jadi pertemuan itu berlangsung selama lima jam, dengan masing-masing dari dua negara ini datang dengan demand-nya masing-masing. Ukraina demand-nya ke Rusia untuk segera menghentikan serangan dan segala operasi militer yang dilakuin sama Rusia. sementara dari pihak Rusia, yang datang itu orang-orang dari Otoritas Kebudayaan, dan bilang kalau Ukraina harus janji buat bersikap netral dan janji nggak akan join sama NATO ataupun sohiban sama negara-negara barat lainnya. However, banyak pihak yang beranggapan bahwa Rusia emang dari awal niatnya mau jatuhin pemerintahan Ukraina dan bikin negara itu berada di bawah pengaruh Rusia.
 
Terus terus…
Nah terus yaudah, dari pertemuan yang berlangsung selama berjam-jam itu, solusinya mau ngapain juga belum ketahuanguys. Yang mana menurut banyak pengamat nggak mengherankan juga mengingat seberapa kuatnya kedua negara mempertahankan posisinya. Kini, rencananya kedua belah pihak juga bakal menggelar lagi meeting lanjutan yang bakal ngebahas langkah-langkah konkrit apa yang akan diambil, dan cari tahu isu mana yang harusnya jadi prioritas biar jalannya meeting juga jadi lebih lancar dan efektif. Iyaa jadi nggak berbelit-belit sampai makan waktu lima jam kayak kemarin. Adapun meeting lanjutannya bakal digelar hari ini waktu setempat.
 
Got it. Anything else I should know?
Remember kalau Belarus itu sekutunya Rusia? Nah ternyata usut punya usut, ternyata Presiden Belarus Alexander Lukashenko ternyata udah kasih izin buat tentara-tentaranya Rusia untuk meluncurkan bom dan rudal lainnya dari negara dia. Presiden Alexander juga tahu kalau Belarus jadi salah satu tempat check point buat invasi Rusia ke Ukraina, tapi emang nggak ngirimin tentara mereka aja ke perang itu. Hal ini juga akhirnya bikin Belarus ikut-ikutan mengalami berbagai sanksi internasional.