Presiden Ukraina Ingin Bertemu Presiden Rusia

38

Who’s been wanting to meet, but not your ex?

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, yang pengen banget ketemu Presiden Rusia Vladimir Putin.
 
Gimana?
Gini guys, jadi dua hari yang lalu Presiden Ukraina  bilang kalau dia mau banget ketemu dan ngobrol sama Presiden Rusia, Vladimir Putin. Karena kalau nggak, ini konflik dua negara nggak kelar-kelar dan terjadilah Perang Dunia III, guys.
 
Hold on. How did we get here?
Oke. Jadi kan invasi yang dilakukan oleh Rusia ke Ukraina itu sampai sekarang masih lanjut nih, udah masuk ke hari ke-27 dan bukannya berprogres buat menghentikan perangnya, tapi masih stuck di situ aja. Kondisi di Ukraina juga makin mencekam guys, seiring dengan makin banyaknya korban berjatuhan dan infrastruktur yang rusak. So far, udah ada sekitar 3,5 juta orang Ukraina yang meninggalkan negaranya, dan close to 1.000 korban meninggal. Makanya nih Zelenskyy lagi pengen banget ketemu Putin untuk bahas, “Ni kita bisa ngomongin soal perdamaian ga ni??”
 
Ya emang kok bisa belum ketemu?
Soalnya dari berbagai pertemuan upaya perdamaian yang udah dilakukan sejak akhir Februari kemarin, masing-masing dari Ukraina dan Rusia tuh punya demand-nya masing-masing guys, yang emang demand ini sedikit banyak nggak bisa dipenuhi sama dua negara yang terlibat. Kayak misalnya Ukraina mau Rusia balikin semua tentara mereka yang ada di perbatasan dan melakukan gencatan senjata, terus Rusia juga minta Ukraina buat jangan pernah gabung ke NATO atau EU dan jadi sekutunya negara-negara barat. Ukraina ya of course ga mau, jadi ga ketemu-ketemu ni guys negosiasi perdamaiannya.
 
Terus terus?
Nah terus, upaya perdamaian ini juga ngga cuma sekali aja dilakukan guys. Pernah juga nih beberapa waktu lalu, Ukraina udah mau janji nggak akan join NATO atau EU, namun Rusia malah minta Ukraina buat ngakuin kedaulatan dan kemerdekaan Luhansk sama Donetsk. Ga ketemu juga kan. Makanya sebenernya sampai udah beronde-ronde peace talks diadain, mulai dari yang diadain di Belarus, di Turki, atau yang diadain virtual sekalipun tuh belum ada menunjukkan tanda-tanda kalau ini konflik bakalan berakhir.
 
Makanya Zelenskyy mau ketemu Putin itu ya?
Yes tepat 100%, karena kata Zelenskyy, kalau nggak ada negosiasi yang bisa disepakati, konflik antara negaranya sama Rusia nggak bakalan kelar-kelar. Dan kalau nggak kelar-kelar, makin banyak yang ikut campur, ya jatohnya jadi Perang Dunia III. Mana Rusia sekarang udah banyak dapet sanksi dari negara-negara Barat, Zelenskyy be lyke, “Udah lah Putin, nggak capek kah dirimu? Kalau terus-terusan gini tuh yang ada sakit juga ntar negara situ. Pihak-pihak lain juga bakalan kena. Yuk ngobrol dulu yuk.” Gitu guys kira-kira.
 
I see…
Di dalam satu video, Presiden Zelenskyy juga bilang bahwa mereka insist untuk mengadakan proses negosiasi. Bahwa pihaknya juga selalu offer dialogue, and the solution for peace. Tapi yha gitu, pihak Rusia sendiri bilang kalau pembicaraan yang president-level tuh baru bisa terjadi kalau masing-masing negara udah setuju bahwa mereka lagi ada issue of contention aka masalah pertikaian.
 
Emang apa yang mau diobrolin actually?
Ya itu tadi. Gimana caranya supaya konflik ini berakhir dan ada gencatan senjata. Terus, sengketa daerah Luhansk dan Donestk yang selama ini jadi permasalahan juga bisa diomongin baik-baik sama dua pemimpin negara. Selain itu, of course Zelenskyy juga mau meminta supaya Rusia menarik semua pasukannya dan Ukraina, dan yang penting konfliknya beres dan rakyatnya nggak ada lagi yang harus ngungsi lah, bahkan tewas gara-gara konflik ini. Karena berbagai alasan inilah, Zelenskyy pengen banget ketemu Putin in any format, dan hasil pertemuannya bakal ditetapkan sebagai referendum kayak yang terjadi di 2014 lalu.
 
I see. Anything else I should know?
Di kesempatan lain, Zelenskyy bilangnya semoga doi dan pihak Ukraina bisa ngomongin soal perdamaian sama Rusia di…. Jerusalem. Presiden Ukraina itu bilang kalau Jerusalem yang sekarang masih diduduki Israel bisa jadi tempat yang cocok to find peace (?????). Ini yang bikin menarik since Perdana Menterinya Israel, Naftali Bennett udah ngobrol sama Zelenskyy dan udah ngobrol juga sama Putin, dan sejauh ini, Israel masih hati-hati banget in terms of langkah diplomasinya terkait invasi Rusia ke Ukraina ini.