Pemilihan Presiden Korea Selatan

57

Who’s voting their new president?

South Koreans
 
Yoi guys, kemarin banget nih, ada sekitar 44juta warga di Korea Selatan yang nyoblos untuk memilih presiden barunya yang akan menggantikan presiden mereka saat ini, Moon Jae-in. Adapun total kandidat capres yang sebenernya daftar ada 14 orang, namun angka ini jadi terfokus pada dua kandidat terkuat aja, yakni Lee Jae-myung dari Partai Demokrat yang merupakan partai incumbent, dan Yook Suk-yeol dari People Power Party yang merupakan partai konservatif dan merupakan oposisi dari partai demokrat tadi.
 
Nah guys, sepanjang perjalanan masa kampanye, banyak drama-drama yang terjadi antara dua kandidat, sampe mereka pada calling names on each other. Adapun “names” yang digunakan tuh ngga tanggung-tanggung guys, ada “Hitler”, “Beast”, “Parasite”, sampe-sampe banyak warga Korsel yang bilang pemilu kali ini tuh kayak Squid Game, secara kedua kandidat banyak banget saling buka skandal aka aib sendiri, hingga diprediksi, siapa pun yang kalah bakal masuk penjara. Nah saking panasnya suhu politik di sana, keduanya sampe bikin perjanjian bahwa siapa pun yang menang nanti nggak akan memenjarakan lawan politiknya yang kalah.
 
FYI, siapa pun yang menang dalam pemilu kali ini akan menjadi pengganti presiden Moon yang udah selesai menjabat selama lima tahun. Presiden baru ini juga bakal menghadapi berbagai PR yang lumayan berat, kayak membangkitkan ekonomi pasca COVID-19, isu dalam negeri kayak korupsi dan gender equality, hingga hubungan sama negara tetangga Korea Utara yang lagi agresif-agresifnya.